Bahan Alami Kecantikan Wanita India

Bahan Alami Kecantikan Wanita India

10 Bahan Alam yang Jadi Rahasia Kecantikan Wanita India

Wanita-wanita di India terkenal karena kecantikan mereka yang alami dan eksotis. Wanita-wanita dari negara ini umumnya memiliki rambut panjang hitam legam yang indah dan kulit eksotis yang berkilau sehat. Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana mereka bisa mendapatkan kecantikan seperti itu?

Selain karena faktor genetis, perempuan India juga memanfaatkan perawatan kecantikan yang diwarisi dari leluhur mereka. Sejak berabad-abad lalu orang-orang India memanfaatkan berbagai tumbuhan herbal untuk perawatan kesehatan dan kecantikan. Dan tradisi tersebut bertahan hingga sekarang.

Berikut ini beberapa Bahan Alami Kecantikan Wanita India yang bisa anda coba .

Neem

Pohon neem atau mimba ini merupakan jenis tumbuhan yang mudah ditemukan di India. Para perempuan India memanfaatkan ekstrak daun neem untuk perawatan kulit hingga rambut karena memiliki sifat anti-bakteri. Daun neem bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit berjerawat. Biasanya perempuan India akan mengolah daun neem menjadi pasta, kemudian campuran ini akan digunakan sebagai masker pada wajah yang berjerawat. Sedangkan untuk rambut, daun neem berguna untuk mengatasi masalah ketombe dan rambut rontok.

Bunga Saffron

Bunga Saffron menjadi salah satu bahan alami, yang menjadi rahasia kecantikan perempuan India. Saffron memiliki kandungan seperti Vitamin A, B, dan C, tanaman rimpang satu ini dikenal dengan manfaatnya untuk meratakan dan mencerahkan warna kulit. Untuk memanfaatkan saffron untuk perawatan kulit, kamu dapat mengambil satu sendok makan bubuk saffron kemudian mencampurnya dengan susu dan lemon, kemudian menjadikannya sebagai masker. Tak hanya bagi kulit, saffron juga digunakan oleh perempuan India untuk mengatasi masalah kerontokan rambut, lho!

Amla

Amla merupakan buah yang menjadi favorit para perempuan India untuk merawat kecantikan mereka sejak dahulu. perempuan India memanfaatkan buah yang di Indonesia sendiri disebut dengan buah Malaka ini untuk menghasilkan kulit yang sehat dan bercahaya. Buah yang kaya akan kandungan Vitamin C dan B kompleks ini dapat dimakan secara langsung ataupun digunakan sebagai masker dengan mencampur sari buah menggunakan madu. Selain itu, sari buah amla juga banyak dimanfaatkan oleh orang India untuk mencegah rambut beruban.

Multani Mitti

Multani Mitti adalah sejenis tanah liat yang kaya akan kandungan mineral, dan dipercaya dapat mengurangi produksi sebum pada wajah, mengatasi masalah komedo, jerawat, hingga dark spot. Ada berbagai cara yang dapat digunakan untuk memanfaatkan multani mitti untuk perawatan wajah, salah satunya adalah dengan menambahkan daun mint dan yoghurt, lalu aduk hingga teksturnya menjadi pasta, setelah itu aplikasikan pada noda hitam atau bekas jerawat di wajah. Diamkan sekitar 30 menit, kemudian bilas menggunakan air hangat.

Tepung Besan

Besan merupakan sejenis tepung yang oleh masyarakat India digunakan sebagai bahan pokok untuk beberapa jenis makanan olahan. Namun tak hanya dapat diolah sebagai makanan, dilansir dari Skinive tepung besan juga dimanfaatkan oleh perempuan India untuk mendapatkan kulit yang bersih dan bercahaya. Biasanya perempuan India akan menggunakan tepung ini sebagai scrub tubuh saat mereka mandi. Cara membuat scrub besan juga cukup mudah, yakni dengan mencampurkan setengah cangkir tepung besan dengan dengan seperempat cangkir moong dal dan setengah sendok makan bubuk kunyit, serta sedikit air atau susu.