Bahaya Mengkonsumsi Kapsul Pemutih

Bahaya Mengkonsumsi Kapsul Pemutih

Image result for capsule

Selalu baca label yang tertera untuk mengetahui aman tidaknya bahan yang terkandung dalam pemutih kulit. Kulit putih kerap diasosiasikan dengan konsep cantik dan bahagia. Mitos ini membuat banyak wanita berlomba-lomba memutihkan kulit. Padahal tidak sedikit produk pemutih yang beredar di pasaran mengandung bahan-bahan yang berpotensi membahayakan bagi kesehatan. Untuk itu bagi anda yang ingin putih , sebelum anda mencoba pil pemutih , ada baiknya anda simak dulu apasaja Bahaya Mengkonsumsi Kapsul Pemutih .

Bahaya mengkonsumsi kapsul pemutih diungkapkan berdasarkan penelitian ilmiah. Penelitian – penelitian tersebut menyatakan bahwa sejumlah kapsul pemutih kulit yang beredar di pasaran saat ini memiliki banyak efek samping berupa beberapa reaksi berikut ini.

1. Reaksi Alergi

Sebagian orang akan mengalami bahaya mengkonsumsi kapsul pemutih. Reaksi alergi bisa muncul pada sebagian area tubuh yang membengkak, iritasi atau mengalami ruam. Beberapa bahan yang terkandung dalam kapsul pemutih juga bisa menganggu produksi normal melanin pada kulit seseorang, bahkan tingkat hormon dalam tubuh. Jika hal ini terjadi, berhenti gunakan produk tersebut segera dan hubungi dokter Anda. Bawalah pil yang dikonsumsi ketika melakukan pengobatan ke dokter untuk memudahkan perawatan dari reaksi alergi Anda.

2. Resiko Kanker

Tahukah Anda bahwa beberapa bahan kimia dalam obat dan sejenisnya adalah penyebab kanker? Beberapa penelitian menunjukkan bahwa beberapa kapsul pemutih kulit mengandung bahan – bahan seperti hydroquinone yang diketahui sebagai bahan pemicu kanker dan merupakan bahan pemutih wajah berbahaya. Itu sebabnya penggunaan hydroquinone dalam produk pemutih kulit kemudian dilarang di Eropa pada tahun 2000. Tetapi dalam produk kosmetik lain yang tidak memungkinkan ekspos terlalu banyak pada area wajah, hydroquinone masih diizinkan dengan ambang batas tertentu. Selain itu, bahan – bahan lain yang ditemukan dalam kapsul pemutih kulit bisa menyebabkan gangguan hormonal dan gangguan pada fungsi kulit, misalnya mengganggu tingkat produksi melanin.

3. Masalah Kesehatan Lain

Apapun jenis pil yang dikonsumsi, konsumsi pil pemutih berlebihan bisa menyebabkan kerusakan hati. Khususnya dalam kasus pil pemutih kulit karena sebagian pil tersebut harus dikonsumsi secara berlebihan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dan cepat. Sebagai hasilnya, kerusakan hati bisa terjadi karena terlalu banyak bekerja keras memproses kandungan bahan kimia dari pil pemutih. Terlebih lagi jika organ hati Anda sebelumnya sudah mengalami penurunan fungsi. Konsumsi kapsul pemutih dalam dosis tinggi juga beresiko menimbulkan kerusakan ginjal. Beberapa kapsul pemutih bisa menyebabkan gejala fisik yang berbeda seperti sakit kepala, muntah, mual, insomnia dan banyak lagi hal – hal yang tidak menyenangkan.

Tentu saja bahaya mengkonsumsi kapsul pemutih tidak dapat dikatakan akan terjadi seratus persen, tetapi Anda tetap perlu mengetahui semua resikonya sebelum mencoba sesuatu yang begitu drastis untuk tujuan kosmetik belaka. Karena kapsul pemutih yang mengandung glutathione masih termasuk kepada penemuan baru, sebaiknya menunggu hingga ada penelitian menyeluruh terhadap fungsi, manfaat dan bahayanya. Termasuk menimbang untung dan ruginya sebelum mencoba mengkonsumsi kapsul pemutih dan melakukan riset secara teliti. Riset berguna untuk mengetahui bahan pemutih wajah alami cepat dan aman, apa saja ciri krim pemutih palsu dan berapa lama menetralkan wajah dari cream pemutih. Jika Anda tetap ingin mencoba, sebaiknya berkonsultasi dulu dengan tuntas kepada dokter kulit untuk mendapatkan resep yang aman. Pastikan kapsul yang dikonsumsi sudah memiliki izin edar dari BPOM atau sertifikat halal bagi wanita muslim. Sebagian kapsul pemutih memang dapat memberikan manfaat yang sesuai jika dikonsumsi dengan benar, dan itu adalah alasan mengapa Anda sebaiknya mendatangi dokter terlebih dulu sebelumnya. Melakukan langkah – langkah tersebut sangat berguna untuk mencegah tubuh Anda mengalami efek samping dari konsumsi kapsul pemutih.