Bahaya Terlalu Sering Mengonsumsi Kopi

Bahaya Terlalu Sering Mengonsumsi Kopi

Kopi sudah menjadi ketergantungan bagi sebagian orang. Benar, kopi bisa membantu tubuh dalam proses pembakaran lemak sehingga stamina meningkat, sistem saraf pusat terangsang, dan menetralkan tubuh dari polusi udara, asap, hingga paparan sinar ultraviolet.

Namun, di samping manfaatnya bagi kesehatan tubuh, kopi juga bisa berbahaya bagi kesehatan apabila dikonsumsi secara berlebihan. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini Bahaya Terlalu Sering Mengonsumsi Kopi  .

1. Penumpukan lemak di dalam perut

6 Bahaya yang Mengintai Jika Kebanyakan Minum Kopi, Apa Saja? 

Nah, ini dia salah satu bahaya yang sering terjadi pada seseorang yang kebanyakan minum kopi, yaitu mengalami penumpukan lemak dalam perut. Berdasarkan fakta yang sebelumnya telah dipublikasikan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry, meminum lima atau lebih cangkir kopi dalam sehari, mampu meningkatkan risiko kelebihan lemak di dalam perut, sehingga perut menjadi membesar.

2. Tekanan darah naik

6 Bahaya yang Mengintai Jika Kebanyakan Minum Kopi, Apa Saja? 

Selain mengalami penumpukan lemak dalam perut, terlalu banyak minum kopi juga bisa menyebabkan tekanan darah naik lho guys. Sejumlah peneliti menpercayai fakta bahwa kafein pada kopi, mampu meningkatkan tekanan darah, karena kafein tersebut memblokir hormon yang bertugas untuk membantu menjaga pembuluh darah yang melebar.

Selain itu, para peneliti di Universitas Wageningen di Belanda, menemukan fakta bahwa meminum kopi lebih dari lima cangkir per hari, dapat meningkatkan tekanan darah, yang nantinya juga akan meningkatkan resiko stroke dan penyakit jantung.

3. Mudah lelah

Meski kopi mampu meningkatkan stamina, terlalu banyak mengonsumsinya juga gak baik lho guys bagi kesehatan, dan bisa menyebabkan kelelahan. Kopi dapat mengganggu penyerapan vitamin B1, yaitu tiamin, yang nantinya dapat memicu kelelahan. Selain itu, terlalu banyak minum kopi juga bisa menyebabkan insomnia, sehingga dapat mengganggu kualitas tidur, dan menyebabkan tubuh menjadi lelah keesokan harinya.

4. Peningkatan resiko glaukoma

6 Bahaya yang Mengintai Jika Kebanyakan Minum Kopi, Apa Saja? 

Nah, ini dia salah satu bahaya terbesar yang akan mengintai jika terlalu banyak minum kopi, yaitu peningkatan resiko glaukoma. Kafein pada kopi, gak hanya mampu meningkatkan tekanan darah saja, namun juga bisa meningkatkan tekanan pada mata lho guys. Dengan semakin tingginya tekanan pada mata, maka akan semakin besar juga resiko glaukoma, yang merupakan salah satu penyebab utama dari kebutaan.

5. Sesak nafas

6 Bahaya yang Mengintai Jika Kebanyakan Minum Kopi, Apa Saja? 

Tak hanya meningkatkan resiko glaukoma saja, terlalu banyak minum kopi juga bisa menyebabkan sesak nafas lho guys. Terlalu banyak minum kopi, dapat menyebabkan tubuh kekurangan magnesium, dan detak jantung yang tidak beraturan, sehingga dapat memicu sesak nafas.

6. Diare

6 Bahaya yang Mengintai Jika Kebanyakan Minum Kopi, Apa Saja? 

Tak disangka, terlalu banyak minum kopi, juga bisa menyebabkan diare lho guys, mengapa bisa? Karena kopi mengandung  senyawa tertentu yang dapat menimbulkan sekresi pada lambung oleh sel-sel pada perut, sehingga memicu diare.  Selain itu, terlalu banyak minum kopi di pagi hari juga mampu memicu diare, karena adanya pergerakan pada usus yang disebabkan oleh kafein pada kopi.