Bakteri Yang Berguna Untuk Tubuh

Bakteri Yang Berguna Untuk Tubuh

Beberapa hari ini kita mendengar berita tentang buah-buah impor yang mengandung bakteri listeria yang berbahaya. Bakteri Listeria monocytogenes dapat membuat badan demam, nyeri otot, bahkan kematian. Ternyata ada bakteri yang menguntungkan juga, lo. Seperti berikut ini kami akan memberikan anda beberapa Bakteri Yang Berguna Untuk Tubuh  :

1. Lactobacilus acidophilus

Tak Selalu Jahat, 6 Bakteri Ini Berguna Bagi Tubuh Lho

Lactobacilus acidophilus merupakan salah satu bakteri baik yang biasanya terkandung dalam produk fermentasi seperti yoghurt. Bakteri ini tumbuh dalam sistem pencernaan tubuh sebagai probiotik yang berperan untuk menjaga sistem pencernaan dari bakteri jahat penyebab diare dan berguna untuk meningkatkan sistem imun.

2. Escherichia coli

Tak Selalu Jahat, 6 Bakteri Ini Berguna Bagi Tubuh Lho

Escherichia coli hidup pada usus manusia. Bakteri ini sering dianggap bakteri jahat, namun dalam jurnal “Inflammatory Bowel Disease” menemukan bahwa E. coli  berperan untuk mencegah dan mengobati peradangan pada usus besar. Tetapi memang ada E. coli yang menyebabkan penyakit biasanya bersumber dari makanan yang terkontaminasi dan E. coli yang bersumber dari hewan.

3. Bifidobacterium animalis

Tak Selalu Jahat, 6 Bakteri Ini Berguna Bagi Tubuh LhoBakteri B. animalis merupakan bakteri asam laktat yang hidup di usus besar manusia. Pada laman Science Direct menjelaskan bahwa bakteri ini efektif dalam mencegah penyakit yang disebabkan oleh bakteri patogen. Selain itu, adanya bakteri ini dalam tubuh dapat menghilangkan sembelit, menguraikan vitamin, dan dapat menurunkan kolesterol.

4. Bacillus coagulans

Tak Selalu Jahat, 6 Bakteri Ini Berguna Bagi Tubuh Lho

Menurut penelitian, Bakteri Bacillus coagulans berperan untuk mengobati masalah diare, iritasi dan radang pada usus. Selain itu, suplemen yang mengandung bakteri ini juga ampuh dalam mencegah infeksi pernapasan dan meningkatkan kekebalan tubuh. Bakteri ini bisa didapatkan lewat suplemen makanan, dipasarkan dengan istilah probiotik bakteri asam laktat sporaforming.

5. Lactobacillus reuteri

Tak Selalu Jahat, 6 Bakteri Ini Berguna Bagi Tubuh Lho

Salah satu bakteri yang ada dalam flora usus adalah Lactobacillus reuteri. Sebuah studi menemukan bahwa Lactobacillus reuteri secara alami ditemukan dalam ASI. L. reuteribermanfaat untuk mencegah penyakit diare dan kolik pada bayi yaitu kondisi saat bayi menangis berlebihan. Selain itu, bakteri ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak.

6. Cyanocobalamin

Tak Selalu Jahat, 6 Bakteri Ini Berguna Bagi Tubuh Lho

Bakteri Cyanocobalamin membantu produksi vitamin B12 yang bersumber dari asupan makanan selama proses pencernaan. Bakteri Cyanocobalamin berperan sebagai probiotik yang bermanfaat memelihara kesehatan pencernaan secara. Saat ini Cyanocobalamin sudah ada dalam bentuk suplemen diperuntukan untuk orang yang kekurangan vitamin B12.