Cara Membuat Masker Tomat

Cara Membuat Masker Tomat

9 Manfaat Tomat, Buah yang Disangka Sayur - Alodokter

Tomat jadi salah satu bahan yang kaya nutrisi dan bermanfaat untuk kecantikan. Masker tomat bisa kamu coba di rumah. Ini cara membuat masker tomat dan manfaatnya.Tomat mengandung vitamin C dan antioksidan sehingga dapat membuat kulit lebih lembap, merah merona, mengecilkan pori-pori dan tampak lebih sehat. Cara membuat masker tomat untuk wajah bisa dibuat dengan beberapa langkah. Tidak hanya tomat saja, tetapi bisa dikombinasikan dengan bahan lain. Nah berikut ini kami akan memberikan anda beberapa Cara Membuat Masker Tomat. Simak ulasannya dibawah ini.

1. Masker tomat untuk wajah berjerawat

Kamu membutuhkan setengah buah tomat, satu sendok teh minyak jojoba, 3-5 tetes tea tree oil. Minyak jojoba dapat menyerap secara cepat ke dalam kulit dan menghidrasinya, membantu mengendalikan minyak berlebih yang diproduksi kulit dan dapat menyumbat pori-pori. Sedangkan tea tree oil bertindak sebagai antiseptik yang dapat membersihkan infeksi dan jerawat yang dihasilkan.

Hancurkan tomat dan campurkan kedua minyak, aduk secara merata. Kemudian, aplikasikan campuran tomat ini pada wajah dan diamkan selama 10-15 menit. Setelah itu, basuh dengan air hangat dan akhiri dengan mencuci wajah menggunakan air dingin. Ulangi rutinitas masker ini selama 2-3 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

2. Masker tomat untuk kulit kombinasi

Kamu membutuhkan satu sendok makan tomat yang sudah dihancurkan dan satu sendok makan alpukat yang sudah dihancurkan. Tomat mengandung astringent yang dapat menyeimbangkan produksi minyak dalam kulit. Sedangkan alpukat mengandung nutrisi hidrasi dan bergizi yang menjaga kulit tetap sehat. Serta kandungan vitamin C dan E dapat memperlambat proses penuaan dini pada kulit

Campurkan tomat dan alpukat, aduk secara merata dan aplikasikan pada wajah. Diamkan selama 10 menit, lalu bersihkan dengan air. Keringkan dengan handuk lembut. Kamu dapat menggunakan masker ini sebanyak 2 kali seminggu.

3. Masker tomat untuk kulit kering

Kamu membutuhkan satu buah tomat dan satu sendok teh virgin olive oil. Dua bahan ini dapat memberikan hasil kulit yang lembut dan lembap karena virgin olive oil mengandung asam lemak essensial yang menutrisi kulit dan mengatasi kekeringan.

Belah tomat menjadi 2, lalu peras sarinya hingga menghasilkan setengah sampai satu mangkok. Tambahkan virgin olive oil ke dalamnya dan aduk dua bahan ini secara merata. Aplikasikan masker ini pada wajah dan diamkan selama 15-20 menit. Lalu, basuh dengan air hangat. Aplikasikan masker ini 2 kali seminggu.

Atasi Jerawat Hingga Kulit Kusam, Ini 11 Cara Membuat Masker Tomat

4. Masker tomat untuk wajah berminyak

Siapkan setengah buah tomat dan seperempat buah timun. Faktanya, buah timun dapat menyelerasakan kulit dan menyeimbangkan pH kulit. Timun juga dapat mengencangkan pori-pori kulit yang biasanya melebar karena kondisi kulit berminyak. Selain itu, masker ini juga dapat mencegah jerawat karena kulit jadi bebas minyak.

Peras tomat hingga menghasilkan sari sebanyak satu mangkok. Lalu, tambahkan timun yang sudah dihancurkan atau dihaluskan. Aduk hingga merata dan aplikasikan masker ini pada wajah degan bantuan kapas atau jemari tanganmu. Diamkan selama 15-20 menit dan basuh dengan air sampai bersih. Aplikasikan masker ini 2 kali seminggu.

5. Masker tomat untuk blackhead

Siapkan 1-2 sendok makan tomat yang telah dihancurkan, 1 sendok makan oat, dan 1 sendok makan yogurt plain. Oat bekerja sebagai deep cleanser dan membersihkan kotoran yang menumpuk dalam pori-pori. Sedangkan Yogurt mengandung asam laktik yang membantu proses pembersihkan dengan mengeksfoliasi sel kulit mati. Pori-pori bersih, blackhead teratasi.

Camprukan yogurt dan tomat yang telah dihancurkan, lalu tambahkan oat secara perlahan. Hangatkan campuran bahan ini secara perlahan dan aduk merata. Setelah mendingin, aplikasikan masker ini pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas bersih dengan air biasa. Gunakan dua kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

6. Masker tomat untuk wajah yang lebih cerah dengan instan

Siapkan satu buah tomat, 2 sendok makan bubuk kayu cendana (sandalwood), dan sejumput kunyit. Faktanya, kayu cendana merupakan bahan yang sering digunakan pada masker wajah yang berfungsi untuk memberikan kilau cerah pada kulit. Sebab, cendana bermanfaat untuk mengatasi warna kulit nggak merata dan membuat kulit menjadi lebih lembut. Sedangkan kunyit dikenal dengan manfaat yang meningkatkan cerah rona kulit.

Belah tomat menjadi dua dan buang bijinya. Hancurkan setengah tomat hingga menjadi lembut, lalu tambahkan sejumput bubuk kunyit dan kayu cendana, aduk secara merata. Aplikasikan masker ini secara merata pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Lalu, bilas dengan air hangat. Kamu akan takjub dengan hasil instannya pada pemakaian pertama! Ulangi pemakaian sesuai kebutuhanmu untuk hasil yang maksimal.

Atasi Jerawat Hingga Kulit Kusam, Ini 11 Cara Membuat Masker Tomat

7. Masker tomat untuk kulit gelap

Kamu membutuhkan 1 buah tomat kecil, 1 sendok teh yogurt, 2 sendok makan tepung gram (besan), setengah sendok teh maud, dan sejumput kunyit. Tepung gram, yang sering disebut dengan nama besan, dapat mengeksfoliasi sel kulit mati yang menumpuk dan membuat kulitmu menjadi lebih cerah. Semua bahan yang digunakan dalam masker ini dapat membuat kulitmu menjadi lebih lembut, sehat, dan cerah.

Hancurkan tomat dan campurkan semua bahan itu, aduk hingga menjadi pasta yang lembut. Aplikasikan pasta ini pada wajah dan diamkan hingga mengering selama 15 menit. Lalu, bilas dengan air. Gunakan masker ini 1-2 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

8. Masker tomat untuk pori-pori yang membesar

Kamu membutuhkan 1 sendok makan multani mitti clay dan 1-2 sendok makan sari tomat. Multani mitti merupakan bahan kuno yang berkhasiat membersihkan pori-pori tersumbat dan memiliki efek mengencangkannya.

Buat pasta dengan kedua bahan masker ini, lalu aplikasikan pada wajahmu dan diamkan sampai mengering atau selama 10 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat dan keringkan. Terakhir, lanjutkan dengan pemakaian pelembap wajahmu. Gunakan masker ini sekali per 3-4 hari.

9. Masker tomat untuk wajah yang memiliki noda

Kamu membutuhkan 2 sendok makan tomat yang telah dihancurkan dan 1 sendok teh madu. Tomat membantu mencerahkan noda, sedangkan madu membantu proses penyembuhannya karena mengandung nutrisi essensial dan antioksidan.

Campurkan kedua bahan itu secara merata dan aplikasikan pada wajahmu. Diamkan selama 15 menit atau sampai mengering. Kemudian, basuh dengan air hangat. Gunakan masker tomat ini 2 kali seminggu.

Atasi Jerawat Hingga Kulit Kusam, Ini 11 Cara Membuat Masker Tomat

10. Masker tomat untuk noda hitam pada wajah

Siapkan 1 sendok teh tomat yang telah dihancurkan dan 3-4 tetes sari/air lemon. Kandungan pemutih alami pada sari tomat memiliki khasiat yang sama seperti sari lemon, yaitu dapat meningkatkan kecerahan pada noda hitam.

Tambahkan tetesan air lemon pada tomat yang telah dihancurkan, campurkan secara merata dan aplikasikan pada wajah atau pada area yang memiliki noda hitam. Biarkan mengering selama 10-20 menit, lalu basuh dengan air hangat. Keringkan dan aplikasikan pelembap wajahmu. Kamu bisa menggunakan masker ini 1-2 kali sehari.

11. Masker tomat untuk lingkaran hitam pada mata

Untuk masalah lingkaran hitam pada mata, kamu membutuhkan 1 sendok teh sari tomat dan beberapa tetes gel aloe vera. Sari tomat mengandung bahan yang dapat mencerahkan area hitam pada bawah mata. Sedangkan aloe vera mengandung senyawa antioksidan dan anti-inflamatori yang meremajakan kulit serta mengurangi tanda-tanda penuaan.

Campurkan kedua bahan ini dan aplikasikan pada bawah mata yang menghitam secara hati-hati. Biarkan mengering selama 10 menit dan bilas bersih. Aplikasikan masker ini 1-2 kali setiap harinya untuk hasil yang instan.

Atasi Jerawat Hingga Kulit Kusam, Ini 11 Cara Membuat Masker Tomat

Itulah beberapa cara membuat masker tomat untuk wajah yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu atau dengan masalah yang kamu alami. Bahan-bahannya mudah didapatkan sehingga kamu bisa membuatnya di rumah. Yuk, coba sekarang!