Racikan , racikan makanan , racikan makanan hewan , racikan makanan burung , Cara Membuat Pakan Kelinci Supaya Sehat

Cara Membuat Pakan Kelinci Supaya Sehat

Cara Membuat Pakan Kelinci Supaya Sehat

Racikan , racikan makanan , racikan makanan hewan , racikan makanan burung , Cara Membuat Pakan Kelinci Supaya Sehat
Cara Membuat Pakan Kelinci Supaya Sehat

Makanan kelinci baik untuk kelinci pedaging maupun  kelinci hias memang menjadi salah satu faktor paling penting untuk membuat kelinci lebih berkualitas unggul.banyak jenis makanan yang bisa kita berikan,dan tentunya semua harus kita sesuaikan dengan tipe,jenis.

Selain pakan utama,kelinci juga membutuhkan pakan tambahan dan vitamin,apalagi jika untuk kelinci pedaging,jika makanan yang kita berikan kurang dan tidak sesuai,mungkin akan membuat kelinci kekurangan gizi dan menjadi tingkat produktifitas menjadi menurun baik kualitas daging dan Reproduksinya..

Beberapa jenis Makanan kelinci berikut bisa kita berikan pada kelinci hias dan kelinci pedaging.namun akan lebih bagus,silahkan di sesuaikan dengan pakan utama harian saja,Sesuai makanan kelinci tersebut.Misal jika di habitat liar,kelinci lebih dominan memakan jenis sayuran dan buah. Untuk kelinci peliharaan juga sama,yaitu sesuai makanan di habitat liar untuk menunjang daya tahan tubuh serta kebutuhan gizi harian yang di butuhkan kelinci. Berikut adalah Cara Membuat Pakan Kelinci Supaya Sehat   :

1. Pakan Harus dalam Kondisi Segar

Kelinci layaknya manusia, harus diperlakukan dengan baik soal pakannya. Cara membuat pakan kelinci yang asal-asalan hanya akan menyiksa hewan lucu ini. Maka sebaiknya kalau bikin pakan itu pilih bahan yang segar-segar saja. Jangan yang sudah rusak alias busuk.

2. Mencari Supplier Pakan Kelinci

Jika memang sedang serius menekuni dunia kelinci. Maka sebaiknya cari supplier makanan kelinci. Apalagi kalau ternak kelincinya dalam jumlah banyak. Sehingga tiap harinya butuh makanan banyak. Suppliernya bisa dari pedagang sayur dan buah. Atau malah petani sayur dan buah langsung malah jauh lebih baik untuk eksekusi cara membuat pakan kelinci ini.

3. Boleh Memakai Buah dan Sayur Layu, Tapi Jangan yang Busuk

Kalau sayuran dan buah layu masih bisa digunakan dalam cara membuat pakan kelinci ini. Tapi sebaiknya jangan yang busuk. Ingat, layu itu kondisi yang masih layak makan dan tidak ada belatungnya. Karena cara membuat pakan kelinci yang baik itu mesti bebas dari segala macam bakteri dan belatung!

4. Melakukan Uji Coba Pakan

Lakukanlah uji coba pakan kelinci. Siapa tahu kelincinya kurang cocok dengan menu makannya. Masing-masing kelinci punya selera sendiri.

5. Mencatat Pakan Kesukaan Kelinci

Tapi kalau sudah tahu tentang makanan kesukaan kelincinya. Maka catatlah dan diingat-ingat. Esok harinya ganti menu. Kalau cocok semua, berarti ini bisa dijadikan pakan alternatif untuk rolling makanan.

6. Mencuci Bersih Pakan Kelinci

Cara membuat pakan kelinci biar gemuk-gemuk itu juga terletak pada kebersihannya. Kalau habis memilih bahan makanan, maka cuci bersih. Walaupun buat hewan belaka, namun kelinci punya saluran cerna pula. Yang butuh dijaga kesehatannya.

7. Membuang Bagian Sayur dan Buah yang Kering

Terkadang ada bagian buah dan sayuran yang kering. Ini artinya bagian ini telah melewati tahap pembusukan atau terpapar suhu yang ekstrim panas. Kandungan gizinya pada bagian ini sudah hilang. Jadi buang saja!

8. Jangan Memakai Buah dan Sayur yang Busuk Sebagian

Sebenarnya buah atau sayuran yang sudah busuk sebagian itu artinya keseluruhannya pun sudah buruk. Makanya harus dibuang saja! Karena bagian yang belum busuk pun sudah terpapar bakteri.

9. Cucilah Sayuran dan Buah di Air yang Mengalir

Kalau mau cuci buah dan sayuran dalam serangkaian cara membuat pakan kelinci ini. Maka sebaiknya cuci di air yang mengalir. Supaya kumannya ikut terbuang bersama air yang mengalir itu.

10. Menyiapkan Pakan Seperlunya Saja

Ini juga penting banget! Kalau mau bikin pakan kelinci itu sebaiknya seperlunya saja. Makanan yang terlalu sedikit atau terlalu banyak justru kurang sehat buat mereka.

11. Membuat Pakan Tunggal Kelinci

Pakan tunggal kelinci adalah cara membuat pakan kelinci hanya dengan satu jenis bahan makanan. Misalnya pakai sayuran, ya hanya sayuran saja. Itu pun satu jenis saja.

12. Membuat Pakan Campuran Kelinci

Sedangkan kalau pakan campuran ini adalah makanan kelinci yang dibuat dengan teknik perpaduan berbagai bahan. Untuk membuatnya perlu analisis mendalam mengenai pakan-pakan tunggal kelinci. Jadi pakan campuran ini biasanya perpaduan dari pakan tunggal.

13. Memberikan Campuran Obat dan Vitamin Kelinci

Dalam cara membuat pakan kelinci biar gemuk-gemuk ini. Aman dan sah-sah saja bila ingin mencampurkan obat atau vitamin tertentu. Tentunya obat dan vitamin ini yang sungguh menunjang pertumbuhan dan kesehatan kelincinya.

14. Mencoba Resep Pakan Alternatif Kelinci

Cobalah untuk eksplorasi dan eksperimen berbagai resep cara membuat pakan kelinci. Belajar dari orang yang pengalaman ternak kelinci amat baik!

15. Menganalisis Seberapa Doyan Kelinci Atas Makanannya

Tiap harinya, para pemilik kelinci mesti melihat seberapa doyan kelincinya atas makanannya. Jadi kalau misalnya tidak doyan, berarti harus diganti menu lain.

16. Memberikan Pakan Kelinci di Jam yang Sama

Usahakan buat memberi makan kelinci di jam yang sama. Ini adalah cara membuat pakan kelinci yang banyak dipraktekkan oleh para master kelinci!

17. Memberi Makan Kelinci 3 Kali Sehari

Berapa dosis makan kelinci dalam sehari? Jawabannya adalah 3 kali sehari. Sama seperti manusia.

18. Menyediakan Minum untuk Kelinci

Jangan lupa buat sediakan minuman di dekat wadah makanan kelincinya. Biar mereka tidak haus. Cara membuat pakan kelinci juga berarti cara menyiapkan minumannya. Karena kelinci kan juga butuh minum.

19. Biasakan Memberi Makan Kelinci di Wadah dan Lokasi yang Khusus

Cara membuat pakan kelinci juga mesti ditunjang dengan wadah dan lokasi khusus. Coba buat kreasi wadah makanan kelinci. Misalnya dari pipa besar yang dibelah.

20. Mencoba Rolling Makanan Kelinci

Melakukan rolling makanan kelinci juga jadi cara membuat pakan kelinci yang ampuh bikin gemuk. Jadi tidak tiap hari menunya itu-itu saja. Tapi cobalah ganti menu tiap 2 hari sekali misalnya. Ini jauh lebih baik dalam mencukupi kebutuhan gizi kelinci.