Cara Mencegah Tipes

Cara Mencegah Tipes

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Penambah Trombosit Super , Makanan Yang Mengandung Sodium Tinggi , Makanan Penurun Gula Darah , Cara Mencegah Tipes
Cara Mencegah Tipes

Tipes atau demam tifoid disebabkan karena infeksi bakteri Salmonella typhi pada usus. … Selain demam tinggi, gejala lain dari tifus yang dapat muncul adalah sakit perut, sakit punggung, batuk kering, sakit kepala, nyeri sendi dan otot, mual, serta muntah. Tentu saja mendengar nama tipes saja sudah membuat kita takut bukan , nah berikut ini kami akan memberikan solusinya , yaitu dengan Cara Mencegah Tipes , jadi bagi anda semua yang takut terhadap penyakit tersebut , maka simaklah penjelasan yang akan kami berikan berikut ini :

  • Membiasakan diri mengonsumsi makanan sehat yang diolah dari bahan-bahan yang sehat. Makanan yang mengandung serat tinggi seperti sayuran dan buah harus dikonsumsi setiap hari.
  • Perhatikan sumber air minum anda. Cari air minum sehat yang disanitasi dengan baik. Cukupi juga kebutuhan akan cairan di dalam tubuh.
  • Perhatikan kondisi makanan yang anda konsumsi.
  • Hindarkan makanan dari lalat atau potensi kemasukan kotoran lain.
  • Lakukan pola hidup sehat dengan memperbanyak konsumsi nutrisi.
  • Cuci buah yang hendak dimakan.
  • Hindari makanan yang telah lama disimpan di mesin pendingin atau pada ruangan yang terbuka.
  • Cuci tangan saat hendak makan sehingga tidak ada bakteri yang masuk melalui mulut akibat tangan yang tidak bersih.

Makanan yang harus dihindari :

  1. Makanan Pedas

Makanan pedas dapat menyebabkan organ-organ pencernaan panas. Ketika seorang penderita mengonsumsi makanan pedas, luka pada usus dapat mengalami pendarahan atau pembengkakan. Jika sudah demikian maka penyakit tipes akan semakin lama untuk disembuhkan. Bahkan jika kebiasan mengonsumsi makanan pedas tetap dilanjutkan dapat membawa kematian bagi para penderitanya.

  1. Makanan Berlemak

Dibandingkan dengan makanan berkarbohidrat, makanan berlemak lebih susah dicerna oleh tubuh. Hal ini dikarenakan ikatan kimia lemak lebih kompleks. Makanan dengan karbohidrat dapat dicerna mulai dari di mulut atau dilambung sementara pada makanan berlemak, proses pencernaan baru terjadi di dalam usus. Penderita tifus yang mengonsumsi makanan berlemak ketika ususnya tengah bermasalah tidak heran jika usus mengalami pendarahan. Jika dibiarkan penderita bisa mengalami gangguan yang lebih parah.

  1. Kopi

Kopi dapat memicu naiknya tingkat keasaman pada lambung. Penderita tipes dianjurkan untuk menghindari kopi karena dapat memperburuk keadaan pencernaannya. Usus yang tengah terluka ketika diberi asam maka lapisan mukosa di usus dapat terjadi pendarahan. Hal ini juga berlaku pada minuman bersoda, karbonasi dari soda di dalam perut bisa menyebabkan naiknya asam lambung.

  1. Buah yang Dimakan dengan Kulitnya

Buah yang dimakan dengan kulit seperti apel, jambu biji serta jeruk yang dimakan dengan kulit arinya merupakan jenis buah yang tidak boleh dikonsumsi penderita tipes. Namun buah jeruk yang telah bersih dari kulit masih boleh dikonsumsi. Selain itu jenis buah yang mengandung gas seperti nangka dan durian juga tidak dianjurkan bagi penderita.

Bagi para penderita tipes dianjurkan mengonsumsi banyak makanan yang bernutrisi dan menghindari makanan serta minuman yang dapat menyebabkan gangguan di usus. Penderita tipes akan lebih baik memperbanyak berbaring di tempat tidur tanpa harus banyak gerak. Bagi penderita yang parah, rawat inap juga bisa dilakukan.