Cara Mencuci Wajah Dengan Benar

Cara Mencuci Wajah Dengan Benar

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Manfaat Rebusan Cengkeh , Manfaat Daun Bidara , Manfaat Makan Bubur Kacang Hijau , Manfaat Kelapa Merah Untuk Kesehatan , Manfaat Sendok untuk Kecantikan , Penyebab Beruntusan di Dahi , Mengatasi Jerawat Dengan Cuka Apel , Alasan Terjadinya Rahim Turun , Manfaat Jengger Ayam Jago , Cara Mengatasi Sakit Tulang Belakang , Manfaat Pucuk Pepaya , Penyakit Yang Disebabkan Kuman Gigi , Manfaat Kulit Apel Hijau , Manfaat Daun Durian Belanda , Manfaat Semut Jepang Bagi Kesehatan , Cara Mendeteksi Penyakit Ginjal , Pengertian Dehidrasi , Makanan Sehat Untuk Kulit , Efek Samping Bawang Putih , Bahaya Obat Nyamuk Bakar Dan Semprot , Faktor Penyebab Asma , Makanan Penurun Darah Tinggi , Makanan Peninggi Badan Alami , Penyebab Kulit Kering , Manfaat Rutin Minum Susu Almond , Efek Samping Minum Jeruk Nipis Setiap Hari , Gejala Migrain , Cara Mencuci Wajah Dengan Benar
Cara Mencuci Wajah Dengan Benar

Untuk mendapatkan kulit cantik dan sehat, mencuci muka jadi rutinitas yang wajib untuk dilakukan setiap hari. Jika tidak mencuci muka, kotoran, debu, hingga sisa makeup dapat tertumpuk di kulit dan bisa menimbulkan jerawat.

Mencuci muka pun sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering. Melakukannya dua hari sekali, pagi dan malam, pun sudah cukup.

Pada pagi hari setelah bangun tidur, mencuci muka akan membersihkan kotoran yang berpindah dari sarung bantal ke wajah. Sementara itu, mencuci muka pada malam hari akan membersihkan kotoran setelah melakukan aktivitas seharian. Berikut ini kami akan memberikan anda beberapa informasi mengenai Cara Mencuci Wajah Dengan Benar :

1. Cuci tangan

Pertama sebelum memulai, cucilah tangan Anda sebelum menyentuh wajah Anda. Jika tangan Anda kotor, bakteri atau debu bisa saja menempel di kulit berminyak sehingga berpotensi menimbulkan jerawat. Cuci tangan menggunakan sabun anti bakteri dan bilas dengan air hangat.

2. Ikat rambut

Bagi Anda yang memiliki rambut panjang atau berponi, ada baiknya mengikat rambut terlebih dahulu sebelum cuci muka.  Rambut yang basah dan mengenai wajah bisa membuat kulit jadi rentan terkena bakteri dan kotoran yang menempel di rambut. Ikat rambut, dengan begitu Anda juga akan lebih nyaman untuk mencuci wajah Anda.

3. Bersihkan dulu riasan

Bagi Anda yang menggunakan make up sehari-hari, baiknya bersihkan terlebih dulu dengan pembersih khusus sesuai jenis kulit. Tetap basuh wajah Anda dengan air hangat setelahnya walaupun sudah dibersihkan dengan pembersih make up.

4. Gunakan lotion pembersih (jika ada)

Sebelum memulai cara mencuci muka yang benar, umumnya Anda bisa menggunakan rangkaian milk cleanserdan toner di tahap pertama. Keluarkan sedikit lotion pembersih atau milk cleanser pada ujung jari atau handuk.

Perlahan oleskan pembersih ke seluruh wajah. Pastikan untuk mengoleskannya ke semua area, yakni dagu, dahi, hidung, pipi dan leher. Pijat wajah Anda dengan gerakan memutar selama beberapa menit. Setelahnya basuh dengan kapas yang telah dibasahi air.

5. Cuci wajah dengan air dingin

Cuci wajah Anda dengan air atau air dan pembersih muka tipe kulit berminyak, meski sudah dibersihkan dengan lotion pembersih. Bersihkan wajah di bagian T-Zone, yakni dahi, hidung dan dagu. Lalu bilas hingga Anda merasa pembersihnya telah terbilas semua.

Anda juga dapat menggunakan spons untuk wajah ataupun kapas untuk mengelap sisa pembersih dari wajah. Mencuci wajah Anda dengan air dingin dapat menutup pori-pori yang terbuka dan meningkatkan sirkulasi.

6. Usap wajah perlahan

Keringkan wajah dengan cara menepuk-nepuk ringan menggunakan handuk, atau mengusapnya halus. Jangan menggosoknya. Gunakan handuk yang khusus untuk muka, jangan pakai handuk yang sama dengan yang digunakan untuk mandi.

7. Gunakan toner

Jika kulit Anda berminyak, disarankan untuk memakai toner wajah setelah selesai mencuci muka. Toner dapat membersihkan semua bekas riasan, debu, dan minyak yang pembersih Anda tidak bisa bersihkan. Toner juga dapat mengangkat sisa sabun, mengecilkan pori-pori, menghilangkan minyak, dan menghaluskan kulit.

8. Lembapkan kulit Anda

Gunakan pelembap wajah setelah mencuci wajah karena kulit Anda akan kering setelah dicuci, meskipun jika jenis kulit Anda berminyak. Pastikan pelembap yang Anda gunakan adalah yang oil-free dan berbahan dasar air atau gel.