Cara Mengatasi Iritasi Pada Kulit

Cara Mengatasi Iritasi Pada Kulit

Kulit sensitif

kulit kemerahan, gatal, kering, bersisik atau radang, merupakan gejala dari iritasi kulit. Gejala lainnya meliputi; benjolan, nyeri, sensasi terbakar, ruam dan pecah-pecah. Beberapa masalah iritasi kulit umumnya disebabkan oleh paparan parfum, deterjen, produk pembersih rumah tangga, sabun, suhu ekstrem panas atau dingin, kain dan pewarna sintetis.

Selain itu, iritasi kulit juga juga dapat disebabkan oleh bahan kimia yang ditemukan dalam kosmetik, produk rambut, perhiasan, produk lateks, karet, beberapa jenis tanaman, sengatan serangga, dan bahkan bulu hewan peliharaan. Berikut adalah Cara Mengatasi Iritasi Pada Kulit.

1. Lindungi kulit dari sinar matahari

Kerusakan akibat sinar matahari adalah sesuatu yang nyata terutama bagi kulit. Bukan hanya saja mempercepat penuaan pada kulit melainkan juga membuat kulit iritasi. Sebelum keluar rumah, jangan lupa untuk mengaplikasikan sunscreen.

2. Jauhi produk iritan

Terlepas dari masalah kulit kering, kemerahan dan iritasi bisa juga disebabkan oleh sabun yang keras, deterjen, dan bahan-bahan, seperti alkohol dan pewangi.

3. Memilih produk yang tepat

Sangat penting untuk mengenali jenis kulit sendiri. Fungsinya, untuk menentukan seperti rutinitas skincare dan penggunaan produk yang tepat. Menggunakan produk yang tidak cocok tentu akan merusak kulit. Sering menyebabkan kemerahan dan gatal.

Selain itu, peka terhadap perubahan cuaca, usia, dan tekstur kulit yang bisa berubah. Sehingga bisa membantu menentukan perubahan skincare apa yang tepat. Produk yang dulu bekerja efektif bisa jadi sekarang menjadi tidak cocok dengan kulitmu.

4. Hidrasi kulit

Kulit kering menjadi penyebab utama kulit iritasi dan kemerahan. Ini menjadi tanda bahwa kulitmu kurang lembap. Sehingga penting untuk mengatasi kulit kering dengan memberikan hidrasi yang tepat.

5. Bersikap lembut

Cuaca di musim hujan sudah membuat kulit terkikis. Sehingga jangan perlakukan kulit dengan kasar. Ketika melakukan eksfoliasi atau pembersihan kulit jangan terlalu kasar atau terlalu keras dalam melakukan gerakan tangan. Gunakan pembersih yang menghidrasi agar kulit tetap terasa lembap.