Cara Mengatasi Maag

Cara Mengatasi Maag

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Pengobatan Batu Empedu Secara Alami , Fakta Kesehatan Makanan Fermentasi , Makanan Penguat Daya Tahan Tubuh , Tanda Tanda Tekanan Darah Tinggi , Alasan Membuatmu Disukai Nyamuk , Makanan Berpotensi Keracunan , Cara Memasak Yang Berbahaya , Cara Mengeluarkan Dahak Dengan Mudah , Tanda Tubuhmu Kebanyakan Racun , Cara Mengatasi Kista Ganglion , Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil 1 Bulan , Manfaat Dan Khasiat Terong , Rahasia Cantik Alami Wanita , Makanan Pemicu Kanker Payudara , Obat Luka Bakar Tradisional , Cara Mengatasi Flu Dengan Cepat Dan Alami , Penyebab Miom Yang Wajib Anda Ketahui , Cara Mengobati Keputihan Secara Alami , Manfaat Madu Manuka , Manfaat Buah Naga Bagi Penderita Maag , Manfaat Susu Beruang untuk Perokok , Manfaat Air Beras , Jamu Penguat Kandungan , Cara Mengatasi Maag
Cara Mengatasi Maag

Maag atau radang lambung atau tukak lambung adalah gejala penyakit yang menyerang lambung dikarenakan terjadi luka atau peradangan pada lambung yang menyebabkan sakit, mulas, dan perih pada perut. Tentu sangat tidak enak jika mengalami maag yang berlebihan , maka berikut ini kami akan memberikan anda Cara Mengatasi Maag  :

1. Batasi konsumsi minuman bergula dan karbohidrat

Makan makanan yang mengandung terlalu banyak karbohidrat dan gula adalah penyebab utama sakit maag. Mulas dapat dengan mudah diredakan dengan diet rendah karbohidrat  Asam lambung yang rendah dan terlalu banyak karbohidrat merupakan akar penyebab nyeri pada perut bagian atas. Karbohidrat dapat difermentasi di perut dan menciptakan gas, sehingga meningkatkan tekanan di dalam perut dan menyebabkan kembung, gas, bau mulut, dan gangguan pencernaan. Ini juga bisa membuat masalah pencernaan lainnya dalam usus yang lebih parah.

Apa yang sebaiknya diminum? Teh, smoothies, jus, dan milkshakes, terutama minuman dari buah-buahan non-asam alami.

2. Makanlah lebih banyak lemak tradisional dan protein

Lemak tradisional dan protein memiliki lebih banyak gizi. Mereka juga menurunkan keinginan Anda untuk makan makanan bergula dan karbohidrat olahan. Lemak mengandung  efek magis anti-inflamasi pada lapisan saluran pencernaan, dan protein berkontribusi untuk membantu pencernaan. Asam klorida mengaktifkan enzim yang membantu pencernaan protein, seperti Pepsin.

Dengan mengonsumsi lebih banyak protein, kelebihan asam lambung dalam perut Anda dapat digunakan untuk mencerna protein, bukan naik ke kerongkongan Anda.

Apa yang sebaiknya Anda makan?

  • Daging dari hewan liar atau yang digembalakan
  • Ikan
  • Telur organik
  • Susu asli dan hasil kultur (jika ditoleransi)
  • Kacang dan biji-bijian utuh
  • Minyak kualitas baik (minyak kelapa, minyak sawit, extra virgin olive oil)

3. Batasi jumlah gluten dalam makanan Anda

Makan makanan bebas gluten mungkin menjadi pilihan yang cukup jika tips di atas tidak membantu. Gluten adalah protein dasar, yang dapat Anda temukan dalam gandum. Gluten mengandung beberapa protein kompleks yang sulit untuk sistem pencernaan Anda. Beberapa orang mengatakan bahwa produk gandum dan gluten telah dibuat menjadi berbagai bentuk, yang dapat menyebabkan efek buruk untuk tubuh kita. Diet bebas gluten dapat menyebabkan penurunan energi. Anda bisa mulai dengan dua minggu percobaan diet bebas gluten. Ini berarti tidak boleh makan sereal, pancake, roti, pasta, pizza, muffin, bagel, keripik, dan kue.

Apa saja makanan untuk menggantikan gluten? Oatmeal lebih ditoleransi untuk perut Anda.  Makanan ini memiliki  tekstur yang hampir sama seperti makanan gluten dan sangat membuat kenyang.

4. Dapatkan manfaat dari makanan dan minuman fermentasi

Pencernaan Anda dapat menjadi lebih baik jika Anda mengonsumsi lebih banyak  makanan dan minuman yang difermentasi. Perut Anda penuh bakteri bermanfaat yang membantu pencernaan makanan. Ada miliaran bakteri menguntungkan yang hidup dalam makanan fermentasi yang memecah makanan di perut kita untuk memudahkan pencernaan. Bakteri ini membuat reaksi kimia yang dapat meringankan gejala sakit maag dan masalah pencernaan lainnya.

Makanan apa saja yang memiliki bakteri bermanfaat?

  • Acar lobak, acar bit, acar wortel, acar timun, dan sebagainya. Jika itu acar, maka itu makanan yang baik.
  • Kimchi
  • Yoghurt tanpa gula.

5. Mengonsumsi kaldu tulang

Anda dapat menggunakan kaldu tulang buatan sendiri untuk menenangkan dan meringankan lapisan saluran pencernaan. Tulang memiliki mineral dan  amino dan gelatin anti-inflamasi, yang dapat memberikan Anda jumlah protein yang sehat. Jika Anda menghadapi beberapa kesulitan pencernaan ketika mengkonsumsi lemak dan protein, kaldu tulang akan meringankan beban di perut Anda.

Apa saja  makanan protein lain yang bisa saya makan? Ikan, seafood, dan ayam, selama Anda menyingkirkan kulit yang berlemak.

6. Cobalah cuka sari apel

Jika Anda minum obat yang dapat berinteraksi dengan antasid, atau jika Anda tidak ingin minum obat, Anda dapat mencoba minum cuka sari apel atau cuka pisang. Cuka adalah asam, sehingga wajar jika Anda mungkin berpikir, “Kenapa saya malah menambahkan lebih banyak asam di perut saya?” Nah, cuka tidak mengurangi asam lambung, tetapi dapat mengurangi kontraksi perut yang menyebabkan refluks asam lambung.

Sebelum makan, campurkan 1-2 sendok teh cuka dalam air dan minumlah. Anda bisa terkejut melihat seberapa baik cuka bekerja untuk meringankan gejala sakit maag.

Makanan lain yang bisa membantu meringankan sakit maag

Apa makanan yang menenangkan perut lainnya? Beberapa makanan yang bisa menenangkan perut adalah jahe, pisang dan teh herbal.

Namun, bila Anda memiliki sakit maag, Anda sebaiknya menghindari makanan berlemak, gula, dan kafein. Sebaliknya, ringankan kerja perut Anda dengan makanan rendah lemak dan  makanan yang kaya serat yang dapat menyerap asam dalam perut Anda. Perawatan ini jika dikombinasikan dengan penggunaan obat dapat secara signifikan mengurangi gejala sakit maag saat sedang kambuh.