Cara Menghilangkan Stretch Mark Dari Bokong

Cara Menghilangkan Stretch Mark Dari Bokong

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat , Cara Mengobati Eksim Basah , Ciri-Ciri Penyakit Bronkitis , Makanan Mencegah Bayi Lahir Cacat , Jamu Penghilang Bau Badan , Cara Menghilangkan Stretch Mark Dari Bokong , Manfaat Kopi Untuk Kecantikan Kulit , Kesalahan Saat Mencuci Muka , Cara Mencerahkan Wajah Dengan Garam Dapur , Khasiat Buah Lemon , Manfaat Vitamin C , Cara Mengobati Diare Secara Alami
Cara Menghilangkan Stretch Mark Dari Bokong

Stretch mark adalah kondisi yang biasa dialami para perempuan terutama pada perempuan yang sedang hamil. Selain dialami perempuan, stretch mark juga bisa dialami laki-laki. Apa itu stretch mark? Stretch mark adalah timbulnya guratan-guratan merah seperti nadi dengan panjang beberapa milimeter sampai puluhan sentimeter.

Stretch mark timbul karena saat terjadi peregangan kulit secara berlebihan. Tapi stretch mark juga bisa terjadi akibat mengkonsumsi obat-obatan dengan kadar streoid yang tinggi, kekurangan nutrisi, dan juga karena kegemukan(kelebihan berat badan), badan menjadi kurus dalam waktu yang singkat.

Kebanyakan orang menganggap bahwa stretch mark dan selulit itu sama. Tapi ternyata berbeda. Bedanya: stretch mark adalah guratan pada kulit yang disebabkan karena kulit yang meregang berlebihan, sedangkan selulit adalah terjadinya penumpukan lemak pada kulit.

Memiliki stretch mark pada kulit bisa menjadi hal yang menjengkelkan. Walaupun timbulnya pada bagian tubuh yang ditutupi, tetap saja stretch mark bisa mengganggu rasa percaya diri Anda. Bagi Anda yang merupakan ibu pasca melahirkan atau Anda yang sedang menjalani proses diet ketat sehingga badan tiba-tiba kurus dengan cepat, ayo kita simak langsung Cara Menghilangkan Stretch Mark Dari Bokong berikut ini :

1. Perbanyak asupan vitamin

Memiliki kebiasaan makan sehat dan seimbang tidak hanya baik untuk menjaga berat badan, tapi juga menjaga kesehatan kulit.

Anda terutama disarankan makan makanan yang tinggi vitamin A, E, dan C, serta juga sumber makanan kaya zink guna mengatasi stretch mark. Beberapa di antaranya adalah:

  • Hati sapi
  • Minyak ikan
  • Ubi jalar
  • Wortel
  • Bayam
  • Brokoli
  • Ikan berminyak (makarel, salmon, tuna)
  • Selada Romaine
  • Mangga
  • Melon cantaloupe
  • Semangka
  • Pepaya
  • Alpukat
  • Kuaci
  • Tomat
  • Paprika merah

2. Rutin pijat pakai masker gula

Butiran masker gula dipercaya dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan meratakan tekstur kulit pada daerah yang mengalami stretch mark.

Anda bisa meracik sendiri masker gula dengan cara:

  1. Mencampur satu cangkir gula dengan 1/4 cangkir minyak almond atau minyak kelapa.
  2. Tambahkan tiga sendok jus lemon ke dalam campuran tersebut.
  3. Gosokkan campuran tersebut ke kulit bokong yang memiliki stretch mark selama kurang lebih 8 hingga 10 menit secara perlahan.
  4. Ulangi cara ini sebanyak tiga kali dalam seminggu setiap kali mandi.

3. Oleskan lidah buaya

Belum ada banyak penelitian yang dapat membuktikan manfaat lidah buaya untuk menghilangkan stretch mark, tetapi ada beberapa studi terpercaya yang bisa dijadikan dasar.

Lidah buaya murni disebut-sebut sebagai agen penyembuh alami dan pelembut kulit. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mencoba mengoleskan daging atau gel lidah buaya murni ke bagian kulit Anda yang memiliki stretch mark.

4. Banyak minum air

Jika Anda punya stretch mark di bokong, penting bagi Anda untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan banyak minum air putih setidaknya 8 gelas setiap hari.

Kulit kita sebenarnya mengandung banyak sekali air. Maka dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh, kelembapan serta elastisitas kulit akan lebih terpelihara.

Cara menghilangkan stretch mark di bokong di dokter

Sementara pakai perawatan rumahan, Anda juga bisa sambil konsultasi ke dokter untuk mencari cara menghilangkan stretch mark lainnya. Mungkin tidak akan sepenuhnya musnah karena stretch mark tidak bisa dihilangkan total, tapi perawatan di dokter akan membantu memudarkannya lebih cepat.

Berikut ini ada berbagai pilihan perawatan yang bisa dilakukan untuk membantu menghilangkan stretch mark di bokong:

1. Dengan krim atau salep oles

Berikut ini berbagai bahan untuk menghilangkan stretch mark di bokong dengan krim atau salep oles, yaitu:

  • Krim tretinoin
  • Trofolastin dan krim albastria
  • Gel silikon, meningkatkan kadar kolagen dan menurunkan kadar melanin pada daerah kulit yang mengalami stretch mark.

2. Prosedur medis

Berikut ini berbagai pilihan prosedur medis yang bisa membantu mengatasi tampilan stretch mark pada kulit bokong, yaitu:

Terapi laser

Terapi yang satu ini membantu memudarkan stretch mark akibat kulit yang mengalami pelebaran. Biasanya membutuhkan waktu hingga 20 kali perawatan laser agar kulit kembali seperti sedia kala.

Platelet rich plasma

Terapi ini dilakukan dengan memberikan suntikan platelet rich plasma ke bagian kulit yang mengalami stretch mark. Gunanya, agar kolagen dapat terangsang untuk kembali berproduksi. Dengan begitu, garis-garis putih akibat stretch mark pun bisa tersamarkan.

Microneedling

Microneedling atau yang juga dikenal dengan terapi induksi kolagen dilakukan dengan menusukkan jarum kecil di lapisan atas kulit yang mengalami stretch mark untuk memicu elastin dan produksi kolagen. Biasanya dibutuhkan sekita enam kali perawatan selama enam bulan agar hasil yang diinginkan dapat maksimal.

Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi adalah prosedur peremajaan kulit dengan cara mengelupaskan lapisan sel kulit mati menggunakan butiran kristal halus.

Mikrodermabrasi juga bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan sel kulit baru yang lebih sehat, memperlancar sirkulasi darah beroksigen hingga ke lapisan kulit teratas, serta merangsang pertumbuhan kolagen di dalam kulit.

Dikutip dari Healthline, penelitian di tahun 2014 menemukan fakta bahwa mikrodermabrasi memiliki efek yang serupa dengan krim tretinoin untuk membantu mengatasi stretch mark.