Cara Mengobati Bibir Bengkak

Cara Mengobati Bibir Bengkak

Kecantikan , informasi kecantikan , cara merawat wajah , cara menghilangkan jerawat , Masker Penghilang Whitehead , Cara Menghilangkan Komedo Hitam Paling Ampuh , Khasiat Lidah Buaya Untuk Kecantikan , Cara Menebalkan Alis Secara Tradisional , Manfaat Minyak Bulus Untuk Wanita , Makanan Yang Membuat Kulit Sehat Bersinar , Gaya Rambut Yang Bikin Kamu Tampak Lebih Tua , Cara Contour Hidung , Vitamin Alami Untuk Kulit Kering , Cara Menghilangkan Selulit Di Perut , Cara Berpakaian Modis Untuk Wanita Pendek , Cara Bleaching Rambut , Cara Menghilangkan Komedo , Cara Smoothing Rambut , Model Rambut Untuk Jidat Lebar , Cara Menata Rambut Ke Sekolah Yang Mudah , Manfaat Halba Untuk Rambut , Model Rambut Yang Cocok Untuk Orang Tua , Model Rambut Untuk Wisuda , Cara Memperbaiki Alat Makeup Yang Rusak , Perawatan Untuk Rambut Berwarna , Trend Make Up ala Korea , Trik Menggunakan Concealer , Cara Memutihkan Gigi , Manfaat Teh Hijau Untuk Kecantikan , Manfaat Melepas Bra Ketika Tidur , Manfaat Bedak Marcks , Manfaat Ampas Teh Untuk Kecantikan , Manfaat Minyak Wijen Untuk Kecantikan , Manfaat Petroleum Jelly Untuk Kecantikan , Efek Samping Sulam Bibir , Efek Samping Suntik Putih Permanen , Penyebab Rambut Rontok , Cara Menghilangkan Kantung Mata Hitam , Bahaya Operasi Plastik , Cara Menjaga Ketiak Agar Tidak Hitam , Cara Mengobati Bibir Bengkak , Makanan Untuk Awet Muda
Cara Mengobati Bibir Bengkak

Bibir bengkak merupakan kondisi yang bisa merusak penampilan seseorang, ini juga tak jarang begitu menyakitkan. Bagaimanapun konidisinya itu akan sesuai dengan penyebab bibir bengkak itu sendiri, ada diantaranya yang merupakan masalah ringan namun ada juga penyebab yang begitu serius sehingga mengancam nyawa.

Dalam bahasa medis bibir bengkak disebut dengan Edema Bibir atau Edema Labialis, adalah ketika salah satu atau kedua bibir menjadi membesar atau gembung di luar ukuran normal. Pembengkakan pada bibir yang terjadi disebabkan oleh penumpukan cairan, atau peradangan di dalam jaringan bibir. Nah pada kesempatan kali ini kami akan memberikan anda Cara Mengobati Bibir Bengkak  :

Penyebab Bibir Bengkak

  • Perubahan Cuaca yang Ekstrem

Salah satu penyebab yang paling krusial atas terjadinya bibir bengkak adalah karena cuaca yang ekstrem. Bahkan pembengkakan bibir ini disertai dengan keringnya lapisan kulit, sempai ketika anda berusaha bicara akan mengelupas dan mengeluarkan darah.

  • Kurangnya Nutrisi

Nutrisi yang kurang tidak mampu memperbaiki lapisan bibir yang rusak. Sehingga menjadikan inflamasi pada jaringan atas.

  • Infeksi Virus

Adanya infeksi dari virus akan menyebabkan bibir membengkak dan berwarna merah.

  • Alergi pada Bahan Makanan

Beberapa makanan yang mampu memicu pembengkakan adalah kacang dan kerang. Bukan hanya pada bibir yang bengkak, namun pada lidah juga. Biasanya ditandai dengan gatal serta ruam di sekitar bibir.

  • Gigitan Serangga

Pembengkakan juga bisa terjadi karena adanya gigitan serangga. Misalnya seperti tawon, semut, lebah, dan hewan yang biasanya ada di kasur. Racun yang dimiliki serangga di masukan ke bibir. Caranya dengan digigit.

  • Alergi pada Obat-obatan

Adanya pembengkakan pada bibir merupakan suatu reaksi tubuh pada pathogen atau benda asing yangmasuk ke tubuh. Hanya saja tubuh tidak menerima benda asing tersebut, maka yang terjadi adalah pembengkakan.

  • Gejala Penyakit Tertentu

Pembengkakan juga terjadi karena adanya indikasi suatu penyakit. Beberapa jenis penyakit memiliki gejala, salah satunya terjadi pembengkakan atau inflamasi di bibir. Penyakit tersebut adalah crohn, glucagonoma, eskim, angioedema, dan myxedema

  • Membutuhkan Vitamin B

Pembengakan juga bisa terjadi karena kekurangan vitamin B. Hal ini terjadi bukan hanya pada daging bibir saja, namun pada setiap sudut juga mengalami. Sehingga ketika penderita hendak membuka mulut, akan terasa sangat sakit sampai lecet. Karena itu sangat disarankan untuk banyak mengkonsumsi buah yang mengandung vitamin b tinggi.

  • Dehidrasi

Bibir bengkak juga salah satu bentuk reaksi bahwa terjadi suatu keabnormalan kondisi atau keadaan tubuh anda. Salah satunya karena anda kurang minum atau cairan, sehingga bibir anda memberikan reaksi. Dehidrasi yang parah bisa berujung kematian. Bukan hanya pada orang dewasa, namun anak-anak sangat rentan dengan penyakit ini. Dehidrasi juga disebabkan karena kepala sering pusing yang terus berlanjut.

  • Salah Obat Kosmetik

Banyak wanita yang menginginkan penampilan sempurna, salah satunya dengan bibir yang seksi. Banyak alat kosmetik untuk menampilkan bentuk bibir yang indah. Namun komposisi atau ingredientnya tidak sesuai dengan kondisi kulit pemakai. Akhirnya mereka alergi dan membengkaklah bibirnya.

Cara Mengatasi Bibir Bengkak

1. Menggunakan Balok Es

Beberapa tips mengatasi bibir bengkak dengan balok es. Sebab hal ini mampu mengempeskan pembengkakan. Caranya adalah:

  • Bungkuslah balok es batu tersebut dengan kain lembut.
  • Letakkan diarea bibir yang membengkak
  • Biarkan selama 15 menit
  • Menggunakan baking soda; 

=> Pada baking soda, selain mampu mengatasi bbir bengkak cara ini mampu digunakan untuk mengurangi rasa gatal. Caranya adalah:

  1. Ambil 2 sendok makan baking soda
  2. Campurkan dengan air
  3. Tempelkan pada bibir yang bengkak
  4. Menggunakan aloe vera;

Menggunakan aloe vera juga cukup ampuh untuk mengurangi pembengkakan pada bibir. Selain itu juga mampu mengatasi iritasi, infeksi dan menjaga kelembaban bibir. Caranya adalah:

  1. Langsung oleskan gel (daging) aloe vera pada bibir bengkak.
  2. Kompres air hangat;

Mengompres dengan air hangat mampu mengecilkan pembengkakan atau inflamasi. Sebab air hangat berfungsi untuk mengakumulasikan darah. Caranya adalah:

  1. Menggunakan kain lembut, celupkan pada air hangat.
  2. Mulai dengan menekan-nekan lembut kain tersebut pada bibir.
  3. Ulangi sampai 15 menit.
  4. Campuran kunyit dan tanah liat;

Kunyit mampu digunakan untuk meredakan pembengkakan. Selain itu ditambah tanah liat yang berfungsi sebagai pendingin. Keduanya sama-sama mampu mengatasi inflamasi. Caranya adalah:

  1. Campurkan kunyit dengan tanah liat.
  2. Mulai ditempelkan pada bagian bibir yang bengkak.
  3. Tahan selama 15 menit.
  4. Minum air putih;

Meminum air putih mampu membantu mengurangi pembengkakan. Fungsinya sebagai pembersihan bagian darah yang kotor.

2. Menggunakan Antiseptic

Fungsi antiseptic disini adalah untuk membantu menghentikan peradangan pada bibir. Selain itu juga berguna untuk mempercepat penyembuhan dan mencegah infeksi. Tipsnya adalah:

  • Rutin menggosok gigi.
  • Usahakan untuk berkumur menggunakan antiseptik.
  • Menghentikan kebiasaan merokok;

Kebiasaan buruk, seperti merokok salah satunya juga harus dihentikan. Sebab hal ini mampu memperparah keadaan pembengkakan dan kondisi radang pada bibir juga semakin parah. Bahkan meskipun tubuh sedang dalam masa penyembuhan juga mengalami hambatan. Kandungan rokok dan caranya yang dibakar memicu infeksi. Menghentikan kebiasaan merokok juga dapat mengurangi bahaya merokok bagi kesehatan tubuh yang mematikan jika dalam jangka waktu yang panjang.

  • Meminimalisir bicara;

Berbicara berlebihan juga memperparah kondisi bibir anda. Sebab ketika berbicara anda banyak menggunakan penekanan untuk memperjelas kosa kata. Sehingga dilakukan penekanan antara bibir atas dan bawah. Usahakan untuk menguranginya.

  • Menggunakan teh hitam;

Kandungan teh hitam mengandung zat tannin yang sifatnya astringent sehingga sangat bermanfaat untuk mengurangi pembengkakan. Caranya adalah:

  1. Celuplah the hitam satu kantong ke dalam air hangat.
  2. Diamkan selama 5 menit.
  3. Angkatlah dan biarkan dingin sampai airnya benar benar tidak menetes.
  4. Tempelkan di atas bibir selama 10 menit lamanya.
  5. Ulangi cara ini sebanyak 4 sampai 6 kali dalam sehari.

Menurut penderita yang menggunakan cara ini, diakui lebih cepat meredakan pembengkakan. Sehingga ia mengalami penyembuhan lebih cepat.

3. Konsultasi dengan Dokter

Cara yang paling ampuh adalah dengan berkonsultasi bersama dokter mengenai penyakit bibir bengkak. Sebab cara ini dinilai lebih aman. Dokter lebih ahli dan professional dalam menangani penyakit.