Cara Smoothing Rambut

Cara Smoothing Rambut

Kecantikan , informasi kecantikan , cara merawat wajah , cara menghilangkan jerawat , Masker Penghilang Whitehead , Cara Menghilangkan Komedo Hitam Paling Ampuh , Khasiat Lidah Buaya Untuk Kecantikan , Cara Menebalkan Alis Secara Tradisional , Manfaat Minyak Bulus Untuk Wanita , Makanan Yang Membuat Kulit Sehat Bersinar , Gaya Rambut Yang Bikin Kamu Tampak Lebih Tua , Cara Contour Hidung , Vitamin Alami Untuk Kulit Kering , Cara Menghilangkan Selulit Di Perut , Cara Berpakaian Modis Untuk Wanita Pendek , Cara Bleaching Rambut , Cara Menghilangkan Komedo , Cara Smoothing Rambut , Model Rambut Untuk Jidat Lebar
Cara Smoothing Rambut

Smoothing banyak dilakukan oleh para wanita untuk membuat rambutnya rapi dan lurus. Biasanya rambut lurus lebih terkesan anggun, namun karena biaya untuk smoothing cukup mahal, maka banyak orang yang melakukan smoothing sendiri. Smoothing memang bisa dilakukan tanpa harus ke salon, namun harus ekstra hati-hati dan menggunakan obat yang sudah diakui keunggulannya, jangan sampai merusak rambut indah Anda. Cara smoothing rambut sendiri tidak terlalu sulit namun jangan asal-asalan, Anda perlu mempelajarinya terlebih dahulu. Seperti berikut ini kami akan memberikan anda tips dan Cara Smoothing Rambut :

1. Pilih Produk yang Tepat dan Siapkan Peralatan yang dibutuhkan

Hal pertama yang harus kamu lakukan dalam proses cara smoothing rambut adalah menemukan produk smoothing yang paling tepat untuk rambut kamu. Di luar sana, ada banyak sekali produk yang bisa kamu jadikan pilihan, tentunya dengan harga yang juga sangat beragam. Carilah informasi yang akurat atau testimoni orang-orang yang telah menggunakan produk tersebut, sebelum akhirnya kamu membelinya.

Atau jika kamu mau, kamu bisa saja membeli produk yang sesuai dengan produk perawatan rambut kamu selama ini, karena ada juga beberapa perusahaan kosmetik yang mengeluarkan produk perawatan lengkap, termasuk smoothing cream juga. Selain produk smoothing, kamu juga perlu menyiapkan peralatan yang akan kamu butuhkan untuk proses ini, agar proses smoothing yang kamu lakukan bisa berjalan lancar. Setidaknya kamu harus mempersiapkan beberapa peralatan berikut ini: mangkuk untuk wadah cream, sisir khusus untuk menerapkan cream, hair dryer, alat pencatok, handuk lembut dan bersih 2 buah, vitamin rambut, dan peralatan lain yang kamu anggap perlu.

2. Siapkan Rambut untuk Menjalani Proses Smoothing

Jika semua peralatan telah kamu siapkan dengan baik, maka sudah waktuya untuk menyiapkan rambut untuk proses tersebut. Cucilah rambut dengan menggunakan shampo dan pastikan rambut benar-benar bersih agar cream bisa meresap dengan baik nantinya. Hindari penggunaan kondisioner saat mencuci rambut, sebab hal ini bisa menghambat proses meresapnya cream smoothing pada rambut kamu. Akan lebih baik jika kamu mencuci rambut dengan menggunakan air dingin, mengingat proses smoothing akan membutuhkan kondisi yang terbaik dari rambut kamu.

3. Keringkan Dengan Tepat

Jika rambut telah bersih, gunakan handuk lembut untuk mengeringkannya. Tidak perlu menggosok rambut dengan kuat / kencang, sebab proses ini bisa merusak lapisan terluar rambut dan membuatnya menjadi kering. Biarkan hingga air meresap pada handuk, lalu lanjutkan proses pengeringan rambut ini dengan menggunakan hair dryer. Gunakan panas yang sedang, agar rambut tidak kering dengan cara “dipaksa”. Tidak perlu terlalu kering, rambut kamu hanya perlu kering hingga sekitar 80% saja, sehingga kamu hanya perlu menggunakan hair dryer dengan panas yang rendah untuk proses pengeringan ini.

4. Bagi Rambut Menjadi Beberapa Bagian

Agar proses penerapan cream smothing bisa berjalan dengan mudah, maka kamu harus membagi rambut kamu dalam beberapa bagian. Untuk rambut pendek, kamu bisa membaginya dalam 4 bagian saja. Namun jika rambut kamu cukup panjang, maka ada baiknya kamu membaginya dalam 6 bagian sekaligus, agar kamu lebih mudah dalam menerapkan creamnya secara merata.

5. Oleskan Cream Secara Bertahap

Jika kamu telah membagi rambut kamu dalam beberapa bagian, maka kamu bisa memulai proses penerapan cream ke rambut kamu. Lakukan secara bertahap, yakni dengan cara smoothing rambut yaitu menangani salah satu bagian terlebih dahulu. Ambillah selapis bagian rambut dengan menggunakan ujung sisir yang runcing (sisir untuk mengecat rambut), lalu rapikan hingga mudah diolesi cream. Oleskan cream secara merata pada selapis demi selapis bagian rambut kamu, sehingga semua bagian rambut terolesi dengan sempurna. Gunakan jari tangan kamu (jari tengah dan telunjuk) untuk menerapkan cream ini, sehingga hasilnya lebih baik dan merata pada rambutmu. Hal ini juga akan membuat penggunaan cream lebih hemat, jika dibandingkan dengan menggunakan sisir atau kuas khusus yang biasa digunakan untuk proses pengecatan rambut.

Penting untuk kamu pahami dengan baik, bahwa smoothing cream bisa menimbulkan rasa gatal pada kulit kepala kamu. Untuk itu, hindari area kulit kepala dari cream ini, yakni dengan cara mengolesi rambut sekitar 1-1,5 cm dari kulit kepala saja. Jika kulit kepala terkena cream, bisa saja kamu tidak akan betah untuk menunggu cream meresap pada rambut, sebab kamu terburu-buru untuk segera mencucinya karena terasa gatal. Selalu hindari area kulit kepala, agar proses smoothing yang kamu jalani bisa berjalan lancar.

6. Diamkan Rambut Agar Cream Meresap Dengan Baik

Setelah semua proses penerapan cream berjalan dengan baik dan semua bagian rambut telah terolesi secara merata, maka kamu harus mendiamkan rambut kamu sekitar 20 menit. Hal ini penting, agar cream bisa meresap dengan sempurna pada setiap rambut kamu. Jika sudah 20 menit, kamu bisa mengecek apakah proses smoothing telah berjalan dengan sempurna pada rambut kamu.

Ambil sehelai rambut kamu dan cobalah utuk menariknya dengan lembut. Jika rambut tersebut melar dan terasa lebih lentur dari biasanya, maka proses smoothing yang kamu lakukan sudah berjalan dengan baik dan berhasil. Namun jika belum diamkan kembali rambut kamu selama 5 manit, lalu ulangi proses pengecekan tersebut pada rambut.

7. Cuci Rambut Hingga Bersih

Setelah rambut selesai menjalani proses penerapan cream, kamu bisa segera mencucinya dengan bersih. Proses ini bisa menggunakan air hangat, namun tidak ada salahnya juga jika kamu menggunakan air dingin juga. Kali ini kamu tidak perlu menggunakan shampo untuk mencuci rambut kamu, sebab shampo bisa mengurangi kinerja smoothing cream pada rambut kamu. Namun meskipun demikian, pastikan kamu mencuci rambut kamu hingga benar-benar bersih dan semua cream terbawa air dan tidak ada yang tertinggal di rambutmu. Smoothing cream bisa saja membuat kulit kepala menjadi gatal dan terasa tidak nyaman, untuk itu, cucilah rambut dengan bersih dan air cucian rambut kamu terlihat mengalir dengan jernih.

8. Keringkan Kembali Rambutmu

Setelah rambutmu dicuci dengan bersih, kamu bisa mengeringkannya kembali dengan menggunakan handuk lembut. Biarkan sisa air meresap pada rambut terlebih dahulu, sebelum akhirnya kamu melanjutkan proses pengeringan rambutmu dengan menggunakan hair dryer. Untuk pengeringan kali ini, kamu harus memastikan rambutmu benar-benar kering dan tidak basah lagi, meskipun hanya pada ujung-ujungnya saja. Hal ini sangat penting, sebab proses pencatokan akan dilakukan setelahnya, dan itu membutuhkan rambut dalam kondisi benar-benar kering 100%. Jika rambut kamu masih dalam kondisi basah (meskipun pada beberapa bagian saja), hasil catokan tidak akan bagus dan merata pada rambutmu.

9. Bagi Kembali Rambut Menjadi Beberapa Bagian

Bila rambutmu telah benar-benar kering dengan sempurna, maka kamu bisa membaginya kembali dalam beberapa bagian, seperti di langkah sebelumnya. Hal ini akan memudahkan kamu saat melakukan proses pencatokan, terutama jika kamu memiliki rambut yang terbilang lebat atau bahkan panjang. Akan jauh lebih mudah untuk mencatoknya secara bertahap dan selapis demi selapis, daripada mencatoknya secara acak dan berantakan, sebab ini bisa saja memberikan hasil catokan yang tidak rata dan rapi.

10. Catok Secara Bertahap

Sama halnya ketika akan menerapkan smoothing cream pada rambut, proses pencatokan ini juga harus kamu lakukan secara bertahap. Hal ini akan membuat kondisi rambut lebih lurus dan tidak menyisakan bagian-bagian yang tidak rapi. Pastikan kondisi alat pencatok dalam keadaan layak, sebab proses ini harus dilakukan dengan menggunakan panas antara 180-200 derajat.

Jika panas catokan kurang dari jumlah tersebut, maka hasil smoothing tidak akan sesuai degan harapan / bisa saja gagal dan tidak maksimal. Lakukan proses pencatokan ini secara bertahap pada setiap bagian rambut yang telah terbagi. Ambillah satu bagian rambut dan catoklah selapis demi selapis, agar hasilnya terlihat halus dan lembut. Lakukan proses ini pada seluruh bagian rambut, agar rambut lurus secara keseluruhan. Jika kamu menginginkan rambut yang lebih rapi dan terlihat natural, maka catoklah bagian ujung rambut ke arah dalam, sehingga bagian ujung rambut ini masuk ke dalam dan tidak terlihat menipis pada bagian ujung rambutmu.

11. Terapkan Neutralizer Cream

Jika kondisi rambut telah lurus dan tercatok dengan sempurna, maka kamu bisa menerapkan nueutralizer cream pada rambutmu. Oleskan cream ini secara merata pada rambut, kamu bisa melakukannya sama dengan ketika menerapkan smoothing cream sebelumnya.

Cream ini akan menetralisir PH rambut kamu setelah menggunakan smoothing cream dan juga melembutkan setiap helai rambutmu dan menjadikannya lebih lentur. Setelah semua rambut terolesi dengan merata, diamkan rambut selama 20 menit. Proses ini sangat dibutuhkan, agar neutralizer cream bisa meresap dengan baik pada rambutmu. Jika kamu menginginkan hasil yang lebih baik lagi, maka ada baiknya kemu mendiamkan cream ini lebih lama lagi di rambutmu, yakni hingga 30 menit.

12. Cuci Kembali Rambut Hingga Bersih

Setelah mendiamkan rambutmu selama 30 menit, kamu bisa mencucinya kembali dengan menggunakan air dingin. Hindari menggunakan air hangat, sebab hal ini bisa merusak kinerja neutralizer cream pada rambutmu. Dalam proses pencucian ini juga kamu tidak perlu menggunakan shampo, cukup mencucinya dengan menggunakan air bersih saja. Jika dianggap perlu, kamu bisa menerapkan kondisioner pada rambut, agar rambutmu lebih lembut dan tidak terasa kaku setelah menjalani proses smoothing. Cucilah rambutmu hingga benar-benar bersih, sehingga tidak ada sisa cream yang tertinggal di sana, sebab cream ini bisa saja menimbulkan rasa gatal dan tidak nyaman pada kulit kepala.

13. Keringkan dan Beri Vitamin

Setelah rambutmu benar-benar bersih, keringkan kembali dengan menggunakan handuk lembut yang bersih. Jangan menggosoknya dengan kasar, sebab ini bisa merusak rambut dan membuatnya menjadi kering. Bukan hanya itu saja, menggosok rambut dengan kasar juga bisa merusak kembali hasil smoothing yang sudah kamu dapatkan sebelumnya. Setelah sisa air meresap pada handuk, kamu bisa melanjutkan proses pengeringan ini dengan menggunakan hair dryer. Pastikan rambut benar-benar kering, sehingga kamu bisa melihat hasil smoothing tersebut secara keseluruhan.

Jika kamu merasa ada bagian-bagian rambutmu yang kurang rapi, maka kamu bisa menggunakan catokan untuk merapikan bagian tersebut. Biasanya pada tahap awal, bagian ujung rambut masih akan terasa kaku dan kurang alami, sehingga kamu perlu merapikannya dengan cara mencatoknya ke bagian dalam saja / memasukkannya. Gunakan juga serum pada bagian luar rambutmu, sehingga rambutmu lebih lembut dan tidak kaku. Jika kamu kurang suka menggunakan serum rambut, maka kamu bisa menggunakan vitamin rambut lainnya yang akan membuat rambut kamu lebih sehat dan mudah ditata. Setelah semuanya selesai, maka kamu bisa mendapatkan rambut lurus yang mudah ditata.

Proses smoothing bisa membantu kamu mendapatkan rambut yang lurus dan lebih mudah ditata, terutama jika selama ini kamu memang memiliki rambut yang ikal atau cenderung mengembang. Tidak harus dilakukan di salon profesional, kamu juga bisa melakukan proses smoothing ini sendiri di rumah. Beli dan gunakan produk smoothing yang aman dan ramah bagi rambut dan kulitmu, sehingga kamu bisa mendapatkan rambut lurus yang kamu idam-idamkan.