Destinasi Liburan Di Korea

Destinasi Liburan Di Korea

Korea Selatan merupakan salah satu negara di kawasan Asia Timur yang dijuluki sebagai “Negeri Ginseng”. Korea Selatan memiliki kekayaan alam melimpah, budaya dan tradisi yang kental serta seni dan hiburan yang mengagumkan. Tak heran jika banyak wisatawan tertarik untuk menjelajahi berbagai tempat wisata di Korea Selatan.  Pada kesempatan kali ini kami akan merekomendasikan anda beberapa Destinasi Liburan Di Korea yang wajib anda kunjungi :

1. The Place Seoul

9 Destinasi Liburan di Korea ala KDrama My First First Love

Pada episode pertama My First First Love, Yoon Tae-oh (Ji Soo) menjemput sahabatnya, Han Song-yi (Jung Chae-yeon) dengan menggunakan motor vespa. Tae-oh menunggu di depan rumah Song-yi sembari menyalakan klakson berkali-kali. Namun, rumah tersebut rupanya akan segera disita oleh negara dan Song-yi harus segera angkat kaki dari sana.

Dalam kehidupan nyata, rumah Song-yi tersebut bernama The Place Seoul, sebuah penginapan bergaya tradisional-semi modern Korea yang terletak di kompleks Bukchon Hanok Village, Gyedong, Distrik Jongno, Seoul. Terdapat 3 kamar tidur yang dapat kalian sewa dengan harga sekitar Rp1.000.000,00 sampai Rp1.500.000,00 per malam, sudah termasuk sarapan, ruangan ber-AC, kamar mandi dalam, peralatan mandi dan Wi-Fi.

Selain itu, kalian juga dapat menikmati beraneka ragam sajian makanan dan minuman sehat di sebuah ruangan yang cozy dan nyaman. Diantara jenis olahan yang disediakan adalah teh organik tradisional Korea, seperti Hadong Jaeksal Tea dan Jeju Dangyuja Tea. Teh-teh tersebut ditanam dan diolah secara tradisional oleh para petani dari berbagai wilayah di Korea Selatan. Bagaimana, tertarik menginap di sini?

2. Fantastic Rooftop di The 100 Factory

Tae-oh dan Seo Do-hyun (Jung Jin-young) bertemu di sebuah kafe yang terletak di rooftopsebuah bangunan pada episode pertama. Mereka membicarakan tentang rencana masa depan Do-hyun yang ingin menjadi PNS. Sementara Tae-oh mengatakan bahwa ia akan melakukan kencan buta dengan seseorang yang bahkan belum ia ketahui wajahnya.

Kafe tempat Tae-oh dan Do-hyun bertemu tersebut bernama Fantastic Rooftop yang berada di atap bangunan The 100 Factory. Lokasinya terletak di 45-1 Sinheung-ro 20-gil, Huam, Distrik Yongsan, Seoul. Pemandangan Seoul terhampar dengan sangat indah dari kafe ini. Bahkan kalian bisa melihat Namsan Tower dengan cukup jelas dan pastinya berfoto dengan background menara tersebut.

Fantastic Rooftop menyediakan signature dish berupa burger dengan perpaduan rasa Korean-Western seperti yang kalian lihat dalam drama ini. Uniknya, burger tersebut disajikan dengan cara ditusuk menggunakan tusukan dari besi kecil agar tidak berhamburan lapisannya dan tak ketinggalan french fries yang sepertinya terlihat sangat nikmat. Tertarik makan di sini?

3. TABIYA Guesthouse

9 Destinasi Liburan di Korea ala KDrama My First First Love

TABIYA Guesthouse ini selalu muncul dalam setiap episode My First First Love dan digambarkan sebagai rumah milik kakek Tae-oh yang diwariskan kepada ayahnya. Kemudian diminta oleh Tae-oh ketika usianya menginjak 20 tahun. Tae-oh merawat rumah ini dengan sangat baik. Teman-temannya, yaitu Han Song-yi (Jung Chae-yeon), Choe Hoon (Kang Tae-oh), dan Oh Ga-rin (Choi Ri) menumpang di rumah ini karena mereka sedang menghadapi masalah masing-masing.

TABIYA Guesthouse merupakan penginapan yang dijalankan oleh sepasang suami istri berkebangsaan Korea dan Jepang. Lokasinya berada di 29-8 Seongmisan-ro 29-gil, Distrik Mapo, Seoul. Kalian dapat menginap di sini hanya dengan merogoh kantong sekitar Rp500.000,00 sampai Rp1.000.000,00 per malam tergantung jenis kamar.

Di dalamnya juga terdapat sebuah Cafe & Bar yang menyajikan aneka makanan dan minuman. Satu hal yang unik dari penginapan ini adalah pihak penginapan sering mengadakan event atau pesta tematik per bulannya bersama para pengunjung, seperti nonton drama bareng, makan-makan bareng, dan melakukan berbagai permainan.

4. Sammat Hongdae

9 Destinasi Liburan di Korea ala KDrama My First First Love

Kedai ini pertama kali muncul dalam episode pertama dan digambarkan sebagai kedai tempat ayah Do-hyun melakukan usahanya, yaitu menjual aneka macam hoppang alias bakpao dengan nama Seoga Hoppang. Namun, pemilik bangunan kedai tersebut adalah ayah Tae-oh yang menyewakannya kepada ayah Do-hyun.

Pada episode 5, ayah Tae-oh mendatangi kedai ini untuk meminta kenaikan biaya sewa tetapi ditolak oleh ayah Do-hyun. Mereka pun bersitegang dan tanpa sengaja disaksikan Tae-oh, Do-hyun, dan juga teman-temannya yang kebetulan ingin makan bakpao di sana.

Dalam kehidupan nyata, kedai tersebut bernama Sammat Hongdae yang terletak di kawasan Hongdae, atau tepatnya wilayah Seogyo, Distrik Mapo, Seoul. Berbeda dengan gambaran di drama, kedai ini tidak menjual hoppang melainkan aneka hotteok (semacam pancake dari tepung beras dengan berbagai isian), tteokbokki dan juga aneka patbingsu (dessert ala Korea) dengan rasa yang menggugah selera. Pengen ke sini banget kan jadinya?

5. Lihuazhongxin

9 Destinasi Liburan di Korea ala KDrama My First First Love

Pada episode 6, Tae-oh mengajak Ryu Se-hyun (Hong Ji-yoon) berkencan di sebuah kafe yang unik setelah Tae-oh mempresentasikan videonya sebagai salah satu syarat masuk ke komunitas film di kampusnya. Kafe yang mereka kunjungi sangat unik karena di sekeliling pagarnya terdapat berbagai macam gantungan bergambar kucing.

Kafe tersebut bernama Lihuazhongxin yang sebenarnya tidak hanya kafe, tetapi juga galeri seni bertema kucing. Saking uniknya, di salah satu sudut galeri terdapat sebuah ungkapan Cats work and cats are drawn here. Kafe dan galeri ini terletak di kawasan Ihwa Mural Village, wilayah Ihwa, Distrik Jongno, Seoul. Posisinya pun tepat berada di seberang Ihwa-dong Village Museumyang pernah digunakan sebagai lokasi syuting drama Strong Woman Do Bong Soon dan Doctors pada tahun 2016 lalu.

6. Ssamziegil

9 Destinasi Liburan di Korea ala KDrama My First First Love

Pada episode 7, Do-hyun melakukan kencan pertamanya dengan Song-yi. Song-yi pun tampak cantik dengan baju pinjaman dari Oh Ga-rin serta sepatu dan tas hadiah dari Tae-oh. Mereka berdua pergi ke sebuah pusat perbelanjaan yang terlihat sangat ramai kemudian menjelajahi setiap toko, menikmati Ddong-ppang (kue berbentuk kotoran), dan melukis pada miniatur boneka.

Pusat perbelanjaan tersebut bernama Ssamziegil yang pertama kali dibuka pada tahun 2004. Umumnya, pertokoan di kawasan Ssamziegil menjual barang-barang hasil kerajinan tangan dan karya seni masyarakat lokal. Juga terdapat beberapa restoran, kafe, dan street food. Lokasinya berada di wilayah Insadong, Distrik Jongno, Seoul.

7. Kangmun Beach

9 Destinasi Liburan di Korea ala KDrama My First First Love

Pada episode 8, Song-yi merencanakan perjalanan ke Gangneung untuk studi lapangan sekaligus jalan-jalan bersama Do-hyun. Tetapi Tae-oh menggagalkan rencananya. Tae-oh justru mengajak semua orang di rumah, Do-hyun, dan juga Se-hyun untuk pergi bersama-sama ke Gangneung menggunakan mobil sewa. Sampai di Gangneung, mereka langsung menuju Pantai Kangmun dan bersenang-senang di sana.

Pantai Kangmun yang terletak di wilayah Kangmun, Kota Gangneung, Provinsi Gangwon atau sekitar 173 km ke arah timur Seoul. Pantai tersebut memiliki hamparan pasir yang luas dan dua dermaga dengan menara pandang yang berada tidak jauh dari bibir pantai. Di sana juga terdapat sebuah jembatan yang cukup eye-catching serta beberapa bangku pantai yang dapat dijadikan tempat untuk bersantai. Mau coba ke sana?

8. Ojukheon House

9 Destinasi Liburan di Korea ala KDrama My First First Love

Setelah bersenang-senang di Pantai Kangmun, Tae-oh dan kawan-kawannya menuju Ojukheon House untuk mengantar Song-yi melakukan beberapa hal terkait studi lapangan, yaitu pengambilan gambar dan mempelajari struktur bangunan di sana. Sementara Song-yi sibuk melakukan tugasnya, Tae-oh dan Do-hyun jalan-jalan berdua.

Ojukheon House adalah salah satu tempat bersejarah di Korea Selatan. Di sinilah Shin Saimdang (1504-1551) dan putranya Yi I atau Yulgok, seorang politisi Zaman Joseon, lahir. Bangunan ini dibangun pada awal Dinasti Joseon dan merupakan bangunan tempat tinggal kayu tertua di Korea. Sampai saat ini, seluruh bangunan di kompleks Ojukheon House masih terawat dengan sangat baik.

Ojukheon House ini buka sepanjang tahun sejak pukul 9 pagi sampai 6 sore, kecuali tahun baru (1 Januari) dan Chuseok (Hari Thanksgiving Korea). Pengunjung dewasa akan dikenakan biaya sebesar 3.000 won, remaja 2.000 won dan anak-anak di atas 6 tahun sebesar 1.000 won. Sedangkan anak-anak di bawah 6 tahun dan orang-orang yang berusia di atas 65 tahun gratis.

9. Sotto Voce

9 Destinasi Liburan di Korea ala KDrama My First First Love

Setelah berjalan-jalan di pantai dan Ojukheon House, Tae-oh dan kawan-kawan beristirahat di sebuah villa bernama Sotto Voce yang telah ia pesan sebelumnya. Mereka pun terlihat sangat senang dan menikmati waktu serta kebersamaan selama di sana.

Sotto Voce merupakan bangunan dengan gaya arsitektur Eropa-Spanyol klasik dan didominasi warna putih. Di sana terdapat kolam renang yang cukup luas dan dapat digunakan para tamu sepuasnya serta sebuah taman dengan papan catur raksasa. Terletak di Desa Guneob, wilayah Hwachon, Hongcheon, Provinsi Gangwon, lokasi villa ini dapat ditempuh sekitar 3 jam perjalanan ke arah timur Seoul menggunakan transportasi umum.