Efek Meminjam Produk Kecantikan

Efek Meminjam Produk Kecantikan

Kadang kita kepengin coba lipstik dan kosmetik lainnya dari teman. Kalau sekali-kali sih enggak apa-apa, apalagi kalau kita bersihkan lagi pakai tisu. Kalau keterusan, sebaiknya kita berhati-hati, girls. Soalnya, kita bisa terkena beberapa dampak yang enggak menyenangkan. Dampak-dampak buruk ini memang enggak terjadi sama semua orang yang suka meminjam kosmetik orang lain. Tapi, lebih baik kita berhati-hati daripada hal yang buruk terjadi sama kita. Cari tahu yuk , berikut ini merupakan Efek Meminjam Produk Kecantikan.

1. Perpindahan bakteri dan kotoran

5 Hal Ngeri yang Terjadi Saat Kamu Saling Meminjam Produk Kecantikan

Menggunakan produk kecantikan, seperti kuas dan beauty blender secara bergantian dengan orang lain dapat menyebabkan bakteri dan kuman berpindah dari orang yang satu ke orang yang lain yang tentunya berisiko menyebabkan berbagai masalah pada kulit dan kesehatan.

2. Infeksi

5 Hal Ngeri yang Terjadi Saat Kamu Saling Meminjam Produk Kecantikan

Bakteri berbahaya dapat berpindah melalui penggunaan kuas makeup ataupun produk kecantikan secara bersama-sama, dan berpotensi menyebabkan reaksi nyata pada kulit, seperti infeksi yang disebabkan oleh bakteri staphylococcus.

3. Breakout

5 Hal Ngeri yang Terjadi Saat Kamu Saling Meminjam Produk Kecantikan

Salah satu alasan paling penting untuk tidak berbagi makeup, kuas, atau produk kecantikan lainnya, adalah untuk menghindari penularan bakteri Propionibacterium acnes yang dapat menyebar lewat minyak, sel kulit mati, debu, dan kotoran wajah lainnya.

Bakteri ini termasuk salah satu pemicu breakout, seperti jerawat, komedo parah, dan bruntusan. Alhasil, perjuanganmu merawat kulit dengan berbagai skincare jadi sia-sia hanya karena kamu menggunakan produk kecantikan bersama dengan orang lain.

4. Infeksi mata

5 Hal Ngeri yang Terjadi Saat Kamu Saling Meminjam Produk Kecantikan

Selain harus menghindari penggunaan secara bersama produk yang langsung bersentuhan dengan kulit, kamu juga wajib menghindari berbagi produk untuk mata, seperti maskara, eyeliner, bahkan penjepit bulu mata.

Sebab, secara alami bulu mata kita mengandung bakteri yang dapat menular lewat penggunaan berbagai produk kecantikan seperti kuas maskara, eyeliner, dan penjepit bulu mata. Risiko yang ditimbulkan juga tidak main-main, seperti mata kemerahan, gatal, hingga bengkak.

5. Herpes simpleks

5 Hal Ngeri yang Terjadi Saat Kamu Saling Meminjam Produk Kecantikan

Untuk kamu yang sering mencoba tester produk bibir seperti lipstik dan lipbalm atau saling bertukar produk bibir dengan teman, kamu wajib berhati-hati. Sebab, kebiasaan ini dapat menularkan virus Herpes simpleks yang menyebabkan kulit sekitar bibir menjadi melepuh, mengelupas, dan terasa perih.

Nah, itu tadi beberapa masalah yang ditimbulkan akibat kebiasaan bertukar produk kecantikan dengan teman. Sayang sekali kan, kalau usahamu memperbaiki penampilan jadi sia-sia hanya karena sering berbagi produk kecantikan. Selain itu, yang tak kalah penting adalah untuk selalu menjaga kebersihan produk kecantikan.