Efek Samping Daun Kemangi Bagi Wanita

Efek Samping Daun Kemangi Bagi Wanita

Daun beraroma segar ini memang memiliki banyak manfaat. Kemangi sudah digunakan sebagai bahan makanan dan juga untuk obat-obatan. Ladies pun pasti sudah sering memanfaatkannya untuk berbagai macam cara.

Selain manfaat, kemangi, dalam kondisi tertentu, juga memiliki efek samping yang mungkin tidak Anda sadari. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan anda beberapa Efek Samping Daun Kemangi Bagi Wanita :

  1. Bagi penderita diabetes dan mengkonsumsi obat penanganan diabetes, ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi daun kemangi karena daun ini dapat mengurangi kadar gula darah yang bisa menyebabkan Anda merasa pusing.
  2. Beberapa penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa konsumsi ramuan dari daun kemangi juga berisiko menurunkan kesuburan.
  3. Bagi Anda yang sedang mengkonsumsi obat-obatan herbal, ada baiknya juga harus berkonsultasi dengan dokter ahli demi mencegah dan mengetahui kemungkinan adanya efek samping yang muncul akibat interaksi antara obat yang Anda konsumsi dengan daun kemangi.
  4. Untuk ibu hamil, sebenarnya tidak ada larangan mengkonsumsi daun kemangi. Meski demikian, para wanita tetap harus menahan diri mengkonsumsi terlalu banyak daun kemangi selama kehamilan. Selain itu, hal penting yang harus diperhatikan sebelum mengkonsumsi daun kemangi adalah kebersihannya. Sayur mentah tidak dianjurkan untuk ibu hamil karena mengandung bakteri yang berisiko membuat ibu hamil mengalami mual, muntah, dan pusing. Bisa mengakibatkan diare, dan menginfeksi janin dalam kandungan. Juga makanan yang mengandung pestisida yang di dalamnya terkandung bahan-bahan kimia yang tidak bisa diserap sekaligus membahayakan tubuh.

Pada dasarnya, daun kemangi tidak memiliki efek samping yang membahayakan bagi tubuh asal tidak dikonsumsi secara berlebihan. Karena apapun, bukan hanya daun kemangi, sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan pasti memberikan dampak yang tidak baik.

Selain itu, kebanyakan daun kemangi dikonsumsi dalam keadaan mentah sehingga untuk lebih aman, kita harus memastikan bahwa daun kemangi telah dicuci bersih sebelum dimakan.

Untuk penyimpanan, daun kemangi yang segar harus dicuci bersih dan segera disimpan di dalam lemari es atau di tempatkan di tempat yang memiliki kelembaban yang tepat. Untuk kemangi yang telah dikeringkan, harus disimpan di wadah yang tertutp rapat dan diletakkan di tempat yang dingin, gelap, dan kering. Dengan begitu, daun kemangi yang kering dapat bertahan sekitar 6 bulan.