Film Keren tentang Wabah Menular

Film Keren tentang Wabah Menular

Saat ini virus Corona yang berasal dari Wuhan, China sedang merebak, banyak warga yang dibuat kaget bercampur penasaran bagaimana wabah virus ini bisa menyebar dengan pesat. Seperti yang Anda ketahui, penyebarannya bahkan sudah mencapai sejumlah negara di ASEAN seperti Singapura, Thailand dan Vietnam.

Melalui sederet film dan drama ini, kita akan diajak untuk mengetahui bagaimana virus berkembang juga merasakan kengerian virus mematikan yang tak terkendali. Untuk itu berikut ini kami akan merekomendasikan anda beberapa Film Keren tentang Wabah Menular yang wajib anda tonton.

1. 12 Monkeys (1995)

Mengingatkan Pada Corona, 5 Film Keren tentang Wabah Menular

Sutradara: Terry Gilliam
Pemain: Bruce Willis, Madeleine Stowe, and Brad Pitt

Film neo-noir sci-fi ini menceritakan petualangan James Cole. Ia adalah seorang narapidana yang dikirim kembali ke masa lalu. Misinya adalah menemukan penyebab wabah mematikan yang mengancam dunia agar para ilmuwan dapat menemukan obatnya.

Meskipun 12 Monkeys dibumbui dengan kisah fiksi ilmiah seperti mesin waktu, film ini juga memberi gambaran yang cukup realistis. Misalnya seperti apa jadinya jika peradaban terancam oleh virus mematikan, dan bagaimana cara umat manusia beradaptasi ketika menghadapinya.

2. 28 Days Later (2002)

Mengingatkan Pada Corona, 5 Film Keren tentang Wabah Menular

Sutradara: Danny Boyle
Pemain: Cillian Murphy, Naomie Harris, Christopher Eccleston

Wabah zombie memang tidak realistis, namun cara penularan dan dampaknya digambarkan dengan cukup akurat dalam 28 Days Later. Film ini seolah melambangkan betapa mengerikannya penyebaran suatu penyakit dengan menggunakan simbol mayat hidup, di mana artinya siapa pun bisa menularkannya.

Karya Danny Boyle ini juga menggambarkan dampak dari penyebaran sebuah pandemik secara cukup meyakinkan. Mulai dari pemandangan kota London yang kosong melompong, perasaan paranoid yang menyerang masyarakat, hingga betapa manusia bisa begitu egois demi menyelamatkan diri mereka sendiri-sendiri.

Yang bisa diambil dari film ini adalah untuk tidak panik, tapi selalu waspada dan tetap mengutamakan rasa kemanusiaan kita walaupun sedang ada bencana, guys!

3. Outbreak (1995)

Mengingatkan Pada Corona, 5 Film Keren tentang Wabah Menular

Sutradara: Danny Boyle
Pemain: Cillian Murphy, Naomie Harris, Christopher Eccleston

Meski menarik, dua film di atas masih cukup banyak dibumbui unsur fantasi. Tapi berbeda dengan Outbreak yang cukup mendekati kenyataan dan justru semakin bikin berdebar. Film ini menceritakan sebuah penyakit yang gejalannya mirip dengan virus Ebola.

Outbreak menceritakan tentang sebuah virus airborne (dapat menyebar lewat udara) yang diselundupkan dari Afrika ke Amerika. Ini membuat sekelompok dokter harus berpacu dengan waktu untuk menyelamatkan kota mereka dari penyebaran infeksi virus tersebut. Walau sejumlah bagian masih didramatisir, namun Outbreak memberi gambaran cukup baik tentang penanganan wabaha.

4. The Hot Zone (2019)

Mengingatkan Pada Corona, 5 Film Keren tentang Wabah Menular

Sutradara: Michael Uppendahl, Nick Murphy
Pemain: Julianna Margulies, Noah Emmerich, James D’Arcy

Kali ini bukan film tapi miniseri. The Hot Zone merupakan sebuah serial keluaran National Geographic yang terinspirasi dari fakta-fakta penemuan virus Ebola di tahun 1989.

Film yang diangkat dari novel nonfiksi karya Richard Preston ini mengisahkan tentang perjuangan dokter Nancy Jaax. Di tahun 1989 ditemukan virus Ebola pada sejumlah simpanse di laboratorium yang terletak di pinggiran Washington, D.C. Saat itu belum diketahui obatnya dan dokter militer tersebut rela membahayakan nyawanya untuk mencegah penyebaran virus ini sebelum menulari manusia.

5. Contagion (2011)

Mengingatkan Pada Corona, 5 Film Keren tentang Wabah Menular

Sutradara: Steven Soderbergh
Pemain: Marion Cotillard, Matt Damon, Jude Law, Gwyneth Paltrow

Gak hanya dibintangi bintang-bintang papan atas Hollywood, Contagion juga dirasa relevan banget dengan kondisi pandemik virus Corona saat ini. Film ini menceritakan penyebaran sebuah penyakit yang terjadi dengan sangat cepat dan mempengaruhi dunia dengan sangat realistis.

Yang berbeda dengan kondisi pandemik Corona, virus di film ini digambarkan memiliki persentase kematian yang sangat tinggi. Film ini bisa jadi inspirasi kita untuk menjaga kebersihan dan bersikap tenang saat terjadi wabah.