Film Plot Twist Terbaik

Film Plot Twist Terbaik

Sebuah Film dengan adanya plot twist di dalamnya, membuat kesan yang menarik, dan memorable bagi para penontonnya. Menonton film-film dengan plot twist membuat kita serasa diajak menerka-nerka, bagaimana alur selanjutnya dari film ini? Siapa identitas dari tokoh ini? Apa motif sebenarnya dari pada dia melakukan hal itu?

Film dengan adanya plot twist di dalam nya selalu bisa mengagetkan kita tentang fakta sebenarnya dari sebuah kejadian di film itu.Bagi yang menebak alur nya dengan tepat, kita jadi merasa bangga dan serasa menjadi detektif dadakan yang sukses membongkar sebuah kasus. Jadi ini adalah beberapa Film Plot Twist Terbaik.

1. The Prestige

Dikenal sebagai salah satu karya terbaik Cristopher Nolan, The Prestige sering kali dianggap sebagai film underrated yang tidak setenar InceptionThe Dark Knight, atau bahkan Dunkirk. Selain bertabur aktor bintang seperti Christian Bale, Hugh Jackman, Scarlett Johansson, Michael Caine, Rebecca Hall, serta David Bowie, plot di dalam film ini juga cukup menarik.

The Prestige menceritakan persaingan antara dua pesulap Inggris, Alfred Borden (Bale) dan Robert Angier (Jackman), yang akan berujung pada kompetisi tidak sehat di mana mereka akan mencoba untuk saling mengalahkan dan membongkar trik satu sama lain. Dengan alur campuran khas Nolan, film ini juga menyajikan plot twist ganda yang tak terduga.

Dua twist ini terjadi di akhir film, saat rahasia trik “transported man” milik Borden akhirnya terungkap. Seperti yang dikatakan Cutter (Caine) di sepanjang film, ternyata rahasia trik ini sangat sederhana. Untuk melakukannya, Borden memakai saudara kembarnya (Fallon) untuk bertukar tempat.

Angier, yang merasa kalau trik itu lebih rumit dari yang dijelaskan Cutter, malah mengorbankan segalanya untuk meminta Nikola Tesla (Bowie) agar membuatkannya mesin teleportasi.

Tak seperti yang ia bayangkan, mesin itu justru menjadi sebuah mesin replikasi, sehingga setiap ia selesai melakukan trik itu ia harus membunuh orang di second act — entah replika atau dirinya yang asli — ke dalam kotak kaca yang penuh dengan air. Film ditutup dengan menyorot banyak kotak kaca yang berisi mayat Angier.

2. Arrival

Arrival mengikuti kehidupan profesor linguistik, Louise Banks (Amy Adams), yang disewa oleh militer Amerika untuk memahami mengapa salah satu dari dua belas alien “heptapoda” mendarat di Bumi. Ketika film dimulai, kita melihat penglihatan seperti kilas balik tentang putri Louise, Hannah, yang sekarat karena penyakit yang tak dapat disembuhkan.

Louise pun bekerja dengan fisikawan, Ian Donnelly (Jeremy Renner), untuk mencoba memahami bahasa simbolis yang digunakan alien itu untuk berkomunikasi. Lewat komunikasi tersebut, para alien menawarkan “senjata” kepada Louise, yang Tiongkok lihat sebagai “gunakan senjata” sehingga menyebabkan kepanikan massal.

Di akhir film, Louise pergi sendirian ke pod alien dan diberitahu kalau “senjata” yang dimaksud adalah kemampuan untuk melihat masa lalu dan masa depan. Ternyata, para alien menawarkan hadiah tersebut karena dalam 3000 tahun ke depan mereka akan membutuhkan bantuan manusia.

“Kilas balik” yang dia alami sebenarnya ada di masa depan dan belum terjadi. Meskipun demikian, setelah Donnelly mengaku mencintainya dan tahu kalau dia akan punya anak bersamanya, Louise tetap menerimanya meskipun sudah mengetahui nasibnya di masa depan.

3. Identity

Disutradai oleh James Mangold, Identity menceritakan seorang terpidana bernama Malcolm Rivers yang menunggu eksekusi untuk kasus pembunuhan. Psikiater Malcolm, Dr. Malick, dan pengacara pembelanya berpendapat kalau Malcolm secara hukum gila (memiliki kelainan mental).

Cerita pun beralih ke sepuluh orang asing yang berkumpul di sebuah motel milik Larry Washington karena terjebak badai. Terisolasi dan terputus dari dunia luar, secara misterius mereka mulai dibunuh satu per satu. Plot twist pun terungkap. Ternyata Malcom memiliki gangguan kepribadian ganda dan memiliki sebelas kepribadian berbeda.

Sebelas orang yang berada di motel itu adalah perwujudan kepribadiannya. Pada akhirnya, dua kepribadian “pria” terakhir saling membunuh satu sama lain dan hanya menyisakan satu kepribadian “wanita” yang baik, Paris. Merasa kalau kepribadian Malcolm hanya terisa satu, Malick membawanya ke rumah sakit jiwa.

Namun saat di perjalanan, twist lain terjadi. Sosok kepribadian lainnya, Timmy si anak kecil, yang diduga sudah mati, muncul dan membunuh Paris. Selama ini, ternyata dia lah kepribadian yang mengatur semua pembunuhan yang terjadi. Film berakhir dengan Malcolm yang membunuh Malick dan menyisakan Timmy sebagai satu-satunya kepribadian miliknya.

4. Gone Baby Gone

Ditulis dan disutradarai oleh Ben Affleck dan dibintangi oleh saudaranya, Casey Affleck, Gone Baby Gone adalah film thriller misteri yang tak terduga dan cerdas. Film ini berfokus pada seorang detektif swaswa Boston bernama Patrick Kenzie (Affleck) dan pacarnya, Angie Gennaro (Michelle Monaghan), yang berusaha menyelidiki hilangnya gadis bernama Amanda McCready.

Amanda sendiri masih berusia 4 tahun, dan tersangka utama penculikan ini adalah pria bernama Cheese, seorang bos narkoba lokal yang uangnya telah dicuri oleh ibu Amanda. Pada awalnya Cheese menyangkal tuduhan ini. Namun saat mereka mendapatkan transkrip teleponnya dan memaksanya mengaku, ia setuju untuk melakukan pertukaran.

Mereka pun melakukannya di area tambang terdekat. Sayangnya pertukaran ini gagal, baku tembak terjadi, dan Amanda jatuh ke dalam danau. Kapten Polisi Boston, Jack Doyle (Morgan Freeman) yang putrinya dibunuh bertahun-tahun sebelumnya, menyalahkan dirinya sendiri atas kematian Amanda dan mundur dari jabatannya.

Berbulan-bulan kemudian, ketika semuanya tampak sudah selesai, Kenzie menemukan kejanggalan dalam peristiwa ini. Bersama dengan Gennaro, Kenzie pergi ke kantor polisi untuk meminta transkrip telepon Cheese, tetapi mereka menyebut kalau dari awal mereka tidak memiliki transkrip itu. Akhirnya, mereka pergi ke rumah Doyle yang sudah pensiun.

Sesampainya di sana, mereka menemukan fakta kalau Amanda masih hidup dan dijadikan putri angkat Doyle. Usut punya usut, ternyata paman Amanda sengaja bekerja sama dengan Doyle karena tidak tahan dengan ibu Amanda — seorang pecandu yang tidak becus dalam mengurus anak.

5. The Talented Mr. Ripley

Jauh dari kisah pembunuhan konvensional, The Talented Mr. Ripley adalah film misteri yang disutradarai oleh Anthony Minghella. Film ini menceritakan pemuda bernama Tom Ripley (Matt Damon) yang bekerja di New York tahun 50-an, di mana sebagian besar penghasilannya didapatkan secara kotor, seperti dengan menempa tanda tangan dan berbohong.

Saat bekerja di sebuah pesta sebagai pemain piano, ia bertemu dengan Herbert Greenleaf (James Rebhorn), seorang pembuat kapal yang kaya. Herbert menjelaskan kalau anaknya, Dickie (Jude Law), telah pergi ke Italia tanpa niat untuk kembali dan akan membayar Ripley untuk mengembalikannya ke rumah.

Seiring berjalannya waktu, mereka pun bertemu dan Ripley mencoba membujuk Dickie untuk pulang. Namun saat dalam perjalanan ke San Remo, keduanya bertengkar di atas kapal yang mengakibatkan Ripley membunuh Dickie dengan dayung. Twist ini terjadi cukup awal dan cukup menghancurkan, tetapi cerita terus berlanjut.

Ripley akhirnya memutuskan untuk mencuri identitas Dickie dan menjalani gaya hidupnya yang mewah. Dia bahkan memalsukan surat kepada tunangan Dickie, Marge (Gwyneth Paltrow), meyakinkannya bahwa dia harus meninggalkannya untuk pergi ke Roma. Namun masalah kembali datang ketika Ripley membunuh teman Dickie, Freddie.

Pada akhir film, ketika Ripley tampaknya akan tertangkap, ayah Dickie datang ke Italia dan membebaskan Ripley dari segala tuduhan. Herbert mengklaim Dickie memiliki sejarah kekerasan dan pasti telah membunuh Freddie dan kemudian dirinya sendiri. Dia juga berbicara tentang kesetiaan Ripley kepada Dickie dan memberinya dana perwalian milik Dickie.

6. Black Swan

Black Swan menceritakan kisah Nina Sayers (Natalie Portman), seorang balerina berusia 20 tahun yang pemalu namun gigih. Ia berusaha untuk mendapatkan peran ganda angsa putih dan hitam dalam karya klasik Swan Lake. Nina memang memberikan penampilan yang fantastis sebagai angsa putih, tetapi belum bisa memerankan sosok angsa hitam yang tak sempurna.

Nina pun harus kalah dengan penari baru, Lily (Mila Kunis), karena ia memiliki kualitas yang dibutuhkan untuk menjadi angsa hitam. Nina juga menderita halusinasi di mana doppelgänger mengikutinya ke mana pun dia pergi. Saat di bar, Nina diberi ekstasi oleh Lily dan akhirnya berhubungan seks di rumah Nina. Ternyata, semua itu hanya halusinasi Nina.

Twist pun kembali terjadi ketika Nina sudah berada di hari pertunjukan, dan menemukan Lily sedang bersiap untuk bagian angsa hitam, dan melihat doppelgänger-nya. Ia pun langsung menikamnya dengan pecahan kaca. Setelah sadar, ternyata Nina malah menikam Lily. Nina menyembunyikan tubuhnya dan lanjut menari sebagai angsa hitam.

Dalam babak terakhir Swan Lake, angsa hitam melompat dari tebing dengan Nina melompat ke kasur. Semua orang memberinya selamat kepadanya atas penampilannya yang luar biasa. Pada akhirnya, terungkap kalau bukan Lily yang telah Nina tikam, melainkan dirinya sendiri. Ia melakukannya agar dapat memainkan perannya ke level “sempurna.”

7. Buried

Buried adalah sebuah film yang sangat klaustrofobik. Film ini sepenuhnya dibuat dalam peti mati, yang menceritakan seorang pengemudi truk militer, Paul Conroy (Ryan Reynolds), yang ditangkap oleh teroris Iran dan dimakamkan di bawah tanah sampai mati kecuali Amerika membayar tebusannya.

Paul hanya diberi sebuah pemantik zippo dan ponsel blackberry di mana ia melakukan panggilan dengan kepala Kelompok Penyanderaan, Dan Brenner. Brenner memberinya harapan, memberi tahu kalau seorang pria bernama Mark White telah berhasil diselamatkan dari situasi serupa tiga minggu sebelumnya dan sudah berada di rumah bersama keluarganya.

Conroy mendengar banyak ledakan dan petinya mulai terisi dengan pasir. Brenner menjelaskan kalau para teroris mungkin telah dibunuh oleh F-16 di daerah sekitarnya. Namun ini tidak benar karena para teroris menginstruksikan Conroy untuk memotong jarinya sambil merekamnya.

Tak lama setelah memotong jarinya, Conroy mendengar suara galian melalui telepon, tapi ia tidak mendengar di sekitarnya. Brenner memastikan kalau mereka telah menemukan sebuah peti mati. Tim penyelamat pun membuka peti tersebut, tetapi ternyata itu adalah peti mati Mark White, pria yang diklaim Brenner telah ia selamatkan tiga minggu sebelumnya.

8. Oldboy

Diadaptasi dari komik Jepang dengan judul yang sama, Oldboy mengikuti kisah Oh Dae-su, pria yang dipenjara selama 15 tahun tanpa mengetahui identitas atau motif penculiknya. Ketika ia akhirnya dibebaskan, Dae-su menemukan dirinya masih terjebak dalam jaringan konspirasi.

Saat sedang mencari siapa otak di balik penculikannya, dia jatuh cinta dengan koki muda bernama Mi-Do dan berhubungan badan dengannya. Ternyata, penculik Dae-su adalah seorang pria kaya bernama Lee Woo-jin. Di sini lah awal dari plot twist yang mengguncang.

Woo-jin menculik Dae-su karena ia telah menyaksikan hubungan inses Woo-jin dengan saudara perempuannya, sehingga rumor tentang hubungan terlarang itu menyebar. Untuk membalas dendam, Woo-jin mengatur plot sedemikian rupa untuk membuat Dae-su merasakan apa yang dulu dialaminya.

Mi-do ternyata adalah putri kandung Dae-su, dan Woo-jin membuat mereka melakukan hubungan inses seperti yang dulu pernah ia lakukan. Akhirnya, Woo-jin menembak kepalanya sendiri, dan Dae-su menggunakan alat hipnotis untuk menghapus ingatannya sendiri agar ia tidak menganggap Mi-do sebagai putrinya lagi.

9. Memento

Memento adalah salah satu film mind-blowing yang paling terkenal. Film ini menceritakan seorang pria yang menderita amnesia jangka pendek, Leonard Shelby (Guy Pearce), yang ingin mencari perampok yang telah memperkosa dan membunuh istrinya. Dia selalu terfokus pada polaroid dengan tulisan “John G” yang ada di baliknya.

Film ini memiliki urutan yang tidak biasa, dengan adegan hitam-putih yang ditampilkan secara kronologis (maju), sedangkan adegan berwarna menunjukkan sekuens mundur. Dua sekuens ini akan bertemu di akhir film sehingga menghasilkan satu narasi yang lengkap. Sama seperti kerumitan sekuensnya, Memento juga tidak berakhir dengan sederhana.

Nyatanya, Shelby dan istrinya selamat dari penyerangan itu. Dia lah yang telah membunuh istrinya sendiri. Karena menderita amnesia, ia terus menyuntikkan insulin ke tubuh istrinya sampai overdosis. Shelby bukan lah sosok protaganis, dan sepanjang film ia telah mencari orang yang tidak bersalah untuk dijadikan sebagai “kambing hitam.”

Memento mungkin bukan tontonan yang santai, tapi tetap menjadi salah satu film paling cerdas yang pernah dibuat.

Nah, itu tadi sembilan film dengan plot twist ganda terbaik yang wajib kamu tonton. Bagaimana, tertarik untuk menonton semuanya?