Film Sci-Fi Terbaik

Film Sci-Fi Terbaik

Film fiksi ilmiah menjadi salah satu genre film terpopuler dan terlaris hingga kini. Hal ini dikarenakan keadaan realitas masyarakat yang mudah diidentifikasi secara logis atau memakai komputer, sehingga cepat terprediksi dan terasa membosankan.

Karena itulah Hollywood mencoba untuk ‘menghidupkan’ cerita sci-fi dan fantasi dalam upaya membuat dunia menyenangkan kembali. Hal ini juga dikarenakan melalui dunia misteri dan fiksi yang mengandung unsur khayalan, mereka dapat menawarkan harapan yang belum pernah dilihat oleh orang-orang di kehidupan nyata.

Apakah kamu salah satu dari penggemar film yang sarat ilmu pengetahuan ini? Jangan lewatkan Daftar Film Sci-Fi Terbaik sepanjang masa berikut ini yang dapat membawamu ke ‘dunia lain’ dan pastinya juga cocok untuk semua umur!

1. Minority Report (2002) – 7,6

Film ini diangkat dari penulis novel bergenre sci-fi terkenal, Philip K. Dick, yang juga melahirkan karya Blade Runner dan Total Recall. Film ini sendiri disutradari oleh Steven Spielberg dan dibintangi aktor top Tom Cruise.

Film ini bercerita tentang seorang polisi bernama John Anderton, yang hidup di mana unit polisi dapat menangkap pembunuh sebelum kejahatannya terjadi di masa depan. Namun sebuah misteri terjadi ketika John justru dituduh akan melakukan pembunuhan yang akan terjadi tiga hari kemudian.

2. Eternal Sunshine Of The Spotless Mind (2004) – 8,3

Film ini memiliki alur cerita yang sangat unik karena menggabungkan sebuah drama romansa yang tragis dengan fiksi ilmiah yang masuk akal. Film ini bercerita tentang seorang pria patah hati yang membayar sebuah perusahaan eksperimental untuk menghapus memori mantan pacar dari otaknya.

Saat kenangannya secara bertahap hilang, ia justru sadar jika dirinya masih mencintai kekasihnya itu. Film ini menjadi gambaran sebuah perasaan yang sangat nyata dalam realitas kita, sehingga ceritanya pun membuat penontonnya dijamin baper. Film ini pun dianugeraih Piala Oscar sebagai Skenario Terbaik.

3. Children Of Men (2006) – 7,9

Bertema diystopia yang kelam, film berlatar waktu 2027 ini menggambarkan dunia mengerikan, di mana wanita tidak mampu lagi melahirkan. Namun secara ajaib seorang wanita mampu hamil dan menjadi satu-satunya di dunia.

Tahu ini adalah sebuah perubahan untuk masa depan yang lebih baik, seorang mantan aktivis membantunya untuk menyelamatkan diri menuju sebuah tempat perlindungan di laut. Film ini masuk dalam tiga nominasi Oscar, salah satunya adalah Skenario Terbaik.

4. WALL-E (2008) – 8,4

Andrew Stanton adalah sutradara film animasi di balik kesuksesan Toy Story dan Finding Nemo. Karya lainnya yang diakui dunia adalah WALL-E, yang ceritanya mengandung unsur-unsur film sci-fi terbaik seperti A Space Odyssey, Silent Running  dan Star Wars. 

Film ini kisahkan masa depan, dimana sebuah robot pengumpul sampah kecil secara tidak sengaja memulai perjalanan ruang angkasa, yang pada akhirnya akan menentukan nasib umat manusia. Film ini menghadirkan gambaran yang masuk akal tentang masa depan, dimana  Bumi yang tidak dapat dihuni, dipenuhi dengan sampah karena ulah manusia sendiri.

Menariknya lagi, film ini pun menceritakan kisah cinta yang menyentuh antara dua robot lintas planet. Film ini sendiri diganjar penghargaan Film Animasi Terbaik Oscar dan Golden Globes.

5. District 9 (2009) – 7,9

Meski ini merupakan film fiksi, namun ceritanya terinspirasi dari pengalaman nyata sang sutradara, Neill Blomkamp yang tinggal di Afrika Selatan, tentang Apartheid, dimana menggambarkan prasangka masyarakat terhadap pendatang asing.

Filmnya sendiri bercerita tentang sebuah kapal alien yang terdampar dan harus mendarat di Afrika Selatan pada tahun 1982. Mereka pun diberikan kamp pengungsian. Namun dua dekade kemudian kamp alien tersebut semakin memburuk dan mulai dijaga militer. Tak hanya itu, para alien itu pun mengalami kekerasan dan eksploitasi.

Film ini menjadi sebuah metafora yang dihadapi kaum kulit hitam saat peristiwa Apharteid terjadi. Film ini sendiri berhasil masuk sebagai nominasi dalam empat kategori Oscar, salah satunya Film Terbaik dan Skenario Terbaik.