Film Survival Kisah Nyata

Film Survival Kisah Nyata

Film dengan genre survival biasanya banyak digemari karena plotnya yang menegangkan. Sepanjang film penonton pasti bertanya-tanya hal mencekam apa saja yang akan dihadapi oleh sang protagonis dan apakah ia akan selamat.

Tapi, film survival yang paling menegangkan adalah yang diangkat dari kisah nyata. Walau mungkin kita sudah tahu bagaimana ending-nya, melihat bagaimana orang lain pernah mengalami kejadian mengerikan seperti itu pasti menguras emosi. Nah berikut ini kami akan merekomendasikan beberapa Film Survival Kisah Nyata  yang wajib anda tonton.

1. The Revenant (2015)

Film ini mengangkat kisah dari seseorang bernama Hugh Glass, seorang penjelajah dan pemburu kulit yang ditinggalkan oleh rombongannya, kisahnya dituangkan di dalam novel dengan judul The Revenant: A Novel of Revenge karya Michael Punke. Hugh Glass di film ini dibintangi oleh Leonardo di Caprio.

Berawal dari Hugh Glass yang mengantarkan rombongan Andrew Henry melalui sebuah wilayah yang tidak terorganisir. Dalam perjalanan, rombongan ini tiba-tiba diserang oleh Suku Arikara sehingga membuat mereka harus lari dan bersembunyi. Dalam perjalanan pulang, tiba-tiba Hugh Glass diserang beruang grizzly yang membuatnya luka parah dan nyaris kehilangan nyawanya. Karena kondisi Hugh Glass dan keadaan mereka yang sedang melarikan diri dari Suku Arikara, Henry memerintahkan rombongan untuk meninggalkan Hugh Glass dan ditemani krunya sampai Hugh Glass meninggal. Tapi, ternyata para kru tersebut malah meninggalkan Hugh Glass dan bahkan sampai membunuh anaknya. Hugh Glass yang dipenuhi dendam berusaha bertahan hidup untuk menuntut kematian anaknya.

2. 127 Hours (2010)

Menceritakan tentang seorang pemuda bernama Aron Ralston yang ingin bertualang sendirian. Ia secara nekat pergi mendaki sendirian ke Blue John Canyon di Utah. Pergi sendirian tanpa memberi tahu siapapun. Ia sudah menyiapkan segala persiapan dengan matang kecuali ia salah membawa pisau lipat tajammnya dan tertukar dengan pisau lipat biasa yang tumpul. Dengan lincahnya ia melewati tebing dan air terjun di Blue John Canyon tapi keberuntungan sedang tidak memihak ia terpeleset dan jatuh ke tebing yang dalam. Tidak hanya itu tangan kanannya tejepit oleh batu besar seberat 360 Kg. Tanpa seorang pun yang tau, Aron berusaha untuk bertahan hidup selama mungkin.

Film ini dibintangi oleh James Franco dan berhasil mendapatkan 6 nominasi Academy Awards.

3. The Perfect Storm (2000)

Film ini diangkat dari kisah nyata sekolompok para nelayan yang mencari ikan di laut lepas. Mereka ingin mendapatkan ikan yang banyak hingga berlayar ke beberapa lokasi salah satunya di Flemish Cap. Di sini mereka mendapatkan banyak ikan tapi tiba-tiba saja mesin kapal mereka mengalami kerusakan parah. Cuaca semakin buruk bahkan sampai menggulingkan kapal 360 derajat. Operasi penyelamatan dilakukan oleh para penjaga pantai namun tidak berjalan lancar karena helikopter juga mengalami masalah. Tinggal kelompok nelayan ini saja yang harus bertahan di badai yang mengguncang lautan ini.

4. The Adrift (2018)

Kisah nyata yang terjadi di tahun 1983 ini mengisahkan tentang Tami Oldham dan tunangannya Richard Sharp yang sedang berlayar di laut bebas dan sudah dilakukan sejak 6 bulan lamanya. Namun, perjalanan keduanya ini tidak selalu mulus. Tiba-tiba badai menghantam kapal mereka dan mereka pun harus berjuang hidup di tengah lautan sambil menyelamatkan diri satu sama lain. Film ini akan menunjukkan kisah cinta sejati di tengah-tengah krisis antara hidup dan mati serta cara bagaimana agar semuanya selamat.

5. Touching the Void (2009)

Film dokumenter berdasarkan buku dengan judul yang sama yang ditulis langsung oleh orang yang mengalaminya. 2 Pendaki gunung es mencoba menaklukkan puncak Gunung Siula Grande di Peru. Selama 32 hari mereka berhasil untuk mencapai puncak tertinggi itu tapi malah menemukan masalah ketika berusaha menuruni gunung tersebut. Masalah yang dihadapi yaitu salah satu pendaki harus mengalami patah kaki ketika sedang menuruni gunung, hal ini menyebabkan mereka harus bekerja sama untuk bisa menuruni gunung tanpa ada yang cedera lebih parah lagi.

6. Jungle (2017)

Diangkat dari kisah nyata Yossi Ghinsberg yang dibintangi oleh Daniel Radcliff. Pada awal tahun 1980-an, Yossi mendatangi hutan di Bolivia untuk datang ke jantung hutan Amazon. Bersama 3 orang lainnya, mereka berempat berangkat untuk menemukan Suku Indian dan tambang emas. Perjalanan mereka bisa dibilang lancar awalnya sebelum akhirnya terjadi masalah dan satu per satu hilang meninggalkan Yossi sendirian. Ia harus berjuang hidup tanpa makanan, pisau dan tanpa apa pun. Ia harus bertahan sendiri, berjuang untuk tetap hidup dan dapat keluar dari hutan ini.

Pelajaran paling penting yang kita peroleh dari berbagai film survival ini bahwa kita tidak boleh menyerah dalam keadaan apa pun. Bisa dibayangkan orang-orang yang mengalami kejadian pada film-film ini harus berjuang mati-matian agar bisa bertahan hidup. Kisah-kisah yang patut diteladani karena kita tidak bisa memprediksi yang akan terjadi ke depannya.