Jenis Kosmetik Pemicu Komedo

Jenis Kosmetik Pemicu Komedo

Komedo adalah benjolan kecil yang muncul di pori-pori kulit, dan merupakan cikal bakal jerawat. Komedo biasanya muncul pada kulit wajah, tetapi dapat juga muncul di bagian tubuh lain, seperti bahu, dada, punggung, atau lengan.

Komedo tidak menyebabkan rasa sakit, kecuali bila komedo mengalami infeksi. Infeksi itulah yang dapat menyebabkan kulit menjadi kemerahan, bengkak, dan muncul jerawat. Nah komedo ini juga bisa tumbuh jika menggunakan kosmetik yang salah , seperti berikut ini kami akan memberikan anda Jenis Kosmetik Pemicu Komedo  :

1. Foundation

3 Jenis Kosmetik Ini Ternyata Bisa Picu Munculnya Komedo

Foundation atau alas bedak adalah makeup wajah yang bersifat melapisi dan menutupi kulit wajah. Oleh karena itu, foundation berpotensi untuk menyumbat pori-pori kulit sehingga memicu munculnya komedo setelah pemakaiannya. Apalagi jika pemakaian terlalu lama, atau saat membersihkan tidak semua foundation terangkat dari pori-pori wajah.

2. Concealer

3 Jenis Kosmetik Ini Ternyata Bisa Picu Munculnya Komedo

Concealer memiliki sifat yang hampir sama dengan foundation, bahkan memiliki sifat menutupi lebih kuat. Namun, concealer biasanya hanya digunakan di area tertentu dan tidak terlalu banyak.

3. Bedak padat

3 Jenis Kosmetik Ini Ternyata Bisa Picu Munculnya Komedo

Bedak padat (compact powder) memiliki butiran yang jauh lebih halus daripada bedak tabur (loose powder). Oleh karena itu, ia sangat mudah masuk dalam pori-pori dan terkadang tidak terangkat saat dibersihkan. Akibatnya, butiran bedak padat tadi menyumbat pori-pori kulit dan memicu tumbuhnya komedo pada hidung, bahkan jerawat pada bagian kulit wajah yang lain.