Cara memutihkan kulit , kecantikan , cara menghilangkan flek , cara menghilangkan jerawat , Cara Memutihkan Wajah Secara Alami , Leher Semakin Mulus dan Cerah Dengan Alami , Kebiasaan Yang Dapat Merusak Rambut

Kebiasaan Yang Merusak Rambut

Kebiasaan Yang Merusak Rambut

Cara memutihkan kulit , kecantikan , cara menghilangkan flek , cara menghilangkan jerawat , Cara Memutihkan Wajah Secara Alami , Leher Semakin Mulus dan Cerah Dengan Alami , Kebiasaan Yang Dapat Merusak Rambut
Kebiasaan Yang Dapat Merusak Rambut

Rambut menjadi mahkota bagi wanita. Namun ternyata tujuh dari 10 wanita mengalami gangguan terhadap kondisi rambut yang membuat penampilannya menjadi tidak menarik. Beragam faktor seperti polusi dan diet tidak sehat menjadi penyebab kerusakan pada batang rambut dan menyebabkan masalah lainnya. Berikut ini kami akan memberikan anda informasi seputar Kebiasaan Yang Dapat Merusak Rambut :

  • Mandi Air Hangat

Air panas dapat membuat rambut Anda mengalami dehidrasi, seperti halnya kulit, dan membuat rambut menjadi kering, rapuh, dan mudah rontok. Tidak hanya mampu menghilangkan minyak pelindung rambut Anda, akan tetapi panas air yang Anda gunakan juga membuat pori-pori kulit kepala Anda harus bekerja lebih keras untuk meningkatkan produksi minyak, yang dapat merusak akar rambut Anda dan menyebabkan rambut rontok.

Untuk mencegah terjadinya hal ini, gunakanlah air dingin untuk mencuci rambut Anda atau jangan menggunakan air yang terlalu panas saat keramas.

  • Menggunakan Alat Penata Rambut Bersuhu Tinggi

Suhu panas dapat merusak protein yang menyusun rambut Anda dan kutikel pelindung rambut Anda. Saat kutikel ini rusak, maka keseimbangan kelembaban rambut Anda akan terganggu, yang membuatnya menjadi lebih mudah rontok.

Batasilah penggunaan alat penata rambut bersuhu tinggi, termasuk blow dryer, yaitu tidak lebih dari 2-3 kali setiap minggunya.

  • Diet yang Terlalu Ketat

Diet yang terlalu ketat dan berlebihan membuat tubuh Anda kekurangan tenaga yang dibutuhkannya untuk menjalankan berbagai fungsinya. Hal ini akan membuat tubuh Anda hanya menyalurkan berbagai nutrisi penting ke beberapa organ vital tubuh seperti jantung dan otak, daripada pada rambut. Seorang penderita malnutrisi biasanya juga akan mengalami kerontokkan rambut yang cukup parah.

Untuk mencegah hal ini, konsumsilah diet sehat yang mengandung banyak protein seperti ikan, ayam, dan kacang-kacangan. Hal ini dikarenakan sebagian besar rambut terdiri dari protein. Konsumsilah setidaknya 46 gram protein setiap harinya.

  • Salah Menata Rambut Basah

Rambut berada pada keadaan paling rapuh dan mudah rontok saat basah. Hal ini dikarenakan kutikel pelindung akar rambut sedikit terangkat. Menyisir rambut di saat basah dan mengeringkannya dengan handuk akan membuat rambut lebih mudah rontok.

Untuk mengatasi hal ini, hindarilah menyisir rambut setelah keramas dengan cara menyisir rambut sebelum keramas.

  • Mengikat Rambut Terlalu Ketat

Mengikat atau mengepang rambut dapat memberikan tekanan ekstra pada akar rambut Anda, yang dapat membuatnya menjadi rusak dan bahkan menimbulkan jaringan parut yang dapat merusak akar rambut secara permanen. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya kebotakkan yang terjadi akibat tarikan.

Untuk mencegah hal ini, jangan ikat rambut Anda bila tidak diperlukan, terutama saat Anda tidur. Jika Anda memang harus mengikat rambut Anda, maka pastikan ikatan rambut tersebut tidak terlalu kencang, yang membuat Anda merasa kulit kepala Anda seperti ikut tertarik.

  • Menggunakan Gel Rambut

Jika Anda sering menggunakan hair spray atau gel rambut, maka rambut Anda pun dapat menjadi kering dan rapuh. Hal ini dikarenakan berbagai produk tersebut biasanya mengandung banyak alkohol.

Untuk mencegah kerontokkan rambut, maka pastikan Anda tidak atau jangan terlalu sering menggunakan berbagai produk pengeras rambut. Akan lebih baik bila Anda menggunakan foam atau krim karena produk ini dapat menjaga kelembaban rambut.

  • Mengkonsumsi Pil KB

Jika Anda merupakan salah satu dari beberapa orang wanita yang cenderung mengalami kerontokkan atau penipisan rambut karena gangguan keseimbangan hormonal, maka menggunakan pil KB yang salah dapat membuat rambut Anda menjadi rapuh.

Pil KB yang mengandung androgen juga dapat membuat seorang wanita yang sensitif terhadap androgen mengalami kerontokkan rambut.

Gantilah pil KB Anda dengan pil KB yang mengandung lebih sedikit hormone androgen. Berkonsultasilah dengan dokter Anda mengenai pil KB apa yang sebaiknya Anda gunakan.

  • Menggaruk Kepala

Kulit kepala yang gatal misalnya karena Anda menderita dermatitis seboroik dapat menyebabkan kerontokkan rambut akibat garukan. Menggaruk kulit kepala dapat menyebabkan kerusakan kutikel rambut, sehingga rambut menjadi rapuh dan mudah rontok.

Membersihkan rambut Anda dengan shampoo anti ketombe dapat membantu mengurangi rasa gatal.

  • Terlalu Lama Terpapar Sinar Matahari

Paparan sinar matahari dapat menghilangkan kekuatan dan elastisitas rambut Anda. Paparan sinar matahari dalam waktu lama pada rambut dapat membuat lapisan kutikel rambut menjadi lemah dan rusak, yang membuat rambut menjadi rapuh dan rontok.

Jika Anda memang harus berada di luar ruangan di siang hari, maka usahakanlah untuk selalu menggunakan topi.

  • Jarang Keramas

Jarang membersihkan rambut dapat menyebabkan minyak atau kotoran atau debu atau ketombe terkumpul secara berlebihan dan menyumbat akar rambut, yang dapat membuat rambut sulit bertumbuh.

Tidak ada salahnya bila Anda malas membersihkan rambut Anda selama 1 hari, akan tetapi jangan jadikan hal ini suatu kebiasaan baru. Hal ini dapat menyebabkan tersumbatnya pori-pori kulit kepala Anda. Pastikan Anda membersihkan rambut Anda setidaknya 2 hari sekali, terutama bila Anda sering berkeringat atau menggunakan gel atau hair spray.

  • Mengkonsumsi Obat-obatan Tertentu

Beberapa jenis obat-obatan seperti obat kolesterol, obat anti depresi, obat anti cemas, obat anti hipertensi atau hormon seperti terapi pengganti hormon tiroid juga dapat menyebabkan rambut rontok.

Hal ini dikarenakan berbagai obat-obatan tersebut dapat mengganggu siklus pertumbuhan normal rambut, yang membuat rambut lebih cepat masuk ke dalam fase istirahat dan rontok lebih cepat daripada seharusnya.