Kebiasaan Yang Membahayakan Kesehatan Kulit

Kebiasaan Yang Membahayakan Kesehatan Kulit

Cewek mana sih yang nggak mau kulitnya sehat dan terlihat cerah? Meski mungkin kamu bukan tipe yang senang berdandan, namun miliki kulit yang sehat adalah sebuah keseharusan. Karena percayalah, don’t judge a book by its cover itu hampir mustahil, girls!

Suka atau tidak, kamu memang harus merawat kulit. Namun sudahkah kamu mengetahui cara yang benar untuk menjaga kelembaban kulitmu? Jangan sampai usai membeli produk kecantikan dengan harga selangit, kulitmu masih saja terlihat kusam. Berikut merupakan Kebiasaan Yang Membahayakan Kesehatan Kulit .

1. Tidak mencuci wajah sebelum tidur

Awas, 5 Kebiasaan Sepele ini Bisa Berbahaya bagi Kesehatan Kulitmu! 

Yang tidak boleh terlewatkan sebelum tidur adalah membersihkan wajah. Meski terlihat bersih, nyatanya dalam wajah terdapat partikel-partikel debu, kotoran, minyak, polusi dan sisa makeup.

Kotoran, minyak, dan polusi yang tidak dibersihkan akan menumpuk yang tentunya bisa meyebabkan peradangan dan jerawat. Minimalnya, jika kalian malas untuk mencuci muka, bersihkan wajah dengan cleanser sebelum tidur ya!

2. Tidak menggunakan sunscreen

Awas, 5 Kebiasaan Sepele ini Bisa Berbahaya bagi Kesehatan Kulitmu! 

Bagi kalian yang berktivitas di luar, wajib untuk menggunakan sunscreen sebelum beraktivitas. Paparan sinar matahari akibat sinar UV dapat menyebabkan penuaan dini dan kanker kulit. Bukan hanya saat cuaca panas saja, kalian juga tetap harus menggunakan sunscreen meski cuaca dingin.

Hal ini dikarenakan sinar UV tetap bisa membakar kulit kalian meskipun matahari tertutup dengan mendung. Gunakan minimal sunscreen dengan SPF 30. Sunscreen ber-SPF minimal 30 dapat menghalangi 97% sinar UVB yang menjadi penyebab kulit gosong dan terbakar.

3. Menggunakan spons bedak kotor

Awas, 5 Kebiasaan Sepele ini Bisa Berbahaya bagi Kesehatan Kulitmu! 

Sering kali kita lupa untuk membersihkan alat-alat makeup yang kita gunakan. Seperti spons bedak atau beauty blender. Nyatanya, jika sering tidak dibersihkan bakteri akan menumpuk pada spons.

Tentunya, jika dibiarkan hal ini bisa menyebabkan masalah kulit seperti jerawat. Untuk menghindarinya, minimalnya kalian harus membersihkan spons seminggu sekali dengan cara dicuci atau diteteskan alkohol.

4. Memencet jerawat

Awas, 5 Kebiasaan Sepele ini Bisa Berbahaya bagi Kesehatan Kulitmu! 

Banyak dari kalian yang berpendapat bahwa memencet jerawat dapat menghilangkan nanah dan mengurangi kemerahan, sehingga jerawat dapat sembuh dengan lebih baik dan cepat. Nyatanya, itu merupakan pemikiran yang salah. Memencet jerawat dengan tangan dapat memicu terbentuknya jaringan parut dan dapat menimbulkan infeksi.

Selain itu, ketika kalian mengempiskan jerawat dengan cara memencetnya, kalian membuka gerbang utama bagi kotoran, udara, dan bakteri untuk masuk ke dalam kulit. Dan tentunya, jerawat yang ditekan akan meninggalkan bekas jerawat. Jadi, hentikan kebiasaan yang satu ini ya!

5. Exfoliasi berlebihan

Awas, 5 Kebiasaan Sepele ini Bisa Berbahaya bagi Kesehatan Kulitmu! 

Perawatan untuk menjaga pori-pori kulit adalah dengan melakukan eksfoliasi. Eksfoliasi bertujuan untuk mengangkat tumpukan sel kulit mati yang terdapat pada lapisan teratas kulit. Jika tidak dilakukan eksfoliasi, kulit akan terlihat kusam dan mudah kering.

Meski, eksfoliasi sangat penting, melakukan eksfoliasi terlalu sering akan membahayakan kesehatan kulit wajah kita. Bukannya mendapatkan kulit terlihat cerah dan sehat, yang ada kalian akan mengalami masalah kulit seperti produksi minyak berlebih, iritasi, jerawat dan juga wajah mengkilap.