Kenali Eksfoliator Sesuai Jenis Kulit

Kenali Eksfoliator Sesuai Jenis Kulit

Untuk menjaga kulit tetap bersih, sehat dan bebas masalah, ternyata melakukan double cleansing saja tidaklah cukup. Anda tetap perlu secara rutin melakukan eksfoliasi untuk benar-benar memastikan kotoran, minyak dan sel kulit mati terangkat hingga ke dalam pori-pori sehingga tidak menimbulkan masalah seperti jerawat. Namun, supaya tidak menimbulkan reaksi maupun efek negatif pada kulit, Anda harus melakukan eksfoliasi menggunakan jenis produk dan cara yang tepat sesuai dengan kondisi dan tipe kulit. Simak ulasan di bawah ini mengenai Kenali Eksfoliator Sesuai Jenis Kulit .

1. Kulit berminyak

5 Pilihan Eksfoliator yang Disesuaikan Dengan Jenis Kulitmu

Kulit berminyak membutuhkan penanganan yang seimbang. Dalam artian, jika kamu menggunakan produk yang berpotensi menyusutkan minyak alami kulit dan terlalu kering, kulitmu justru akan memproduksi minyak berlebih untuk mengimbanginya.

Maka dari itu, direkomendasikan untuk memilih kandungan yang mampu mengontrol produksi minyak sekaligus menghidrasi kulit. Eksfoliator kimia dengan kandungan AHA, BHA, dan PHA merupakan kombinasi yang tepat untuk solusi permasalahan.

2. Kulit kering

5 Pilihan Eksfoliator yang Disesuaikan Dengan Jenis Kulitmu

Meski sudah mengaplikasikan serum dan moisturizer, terkadang kulit kering masih bisa terasa kasar dan flaky. Oleh karena itu, jenis eksfoliasi yang tepat berpengaruh terhadap kinerja penetrasi serum dan moisturizer ke lapisan kulit.

Jadi, carilah produk yang mengandung glycolic acid dan lactic acid (AHA) untuk mengeksfoliasi sel mati sekaligus mencegah kerutan dan garis halus yang kerap menjadi permasalahan pada kulit kering. Serta dengan kombinasi kandungan berupa glycerin dan hyaluronic acid yang memberikan kelembaban ekstra.

3. Kulit sensitif

5 Pilihan Eksfoliator yang Disesuaikan Dengan Jenis Kulitmu

Kulit sensitif memang rentan iritasi. Namun dengan formula yang tepat, eksfoliasi bisa bekerja secara efektif. Eksfoliator berbentuk peeling gel yang berfungsi ganda (kimia dan fisik) bisa menjadi pilihan tepat untukmu. Pilih yang mengandung selulosa untuk mengikis sel kulit mati dan kotoran, serta PHA yang terkenal gentle dan menjadikan kulit lebih lembut dan cerah.

Semakin lebih baik jika produk tersebut juga dilengkapi dengan bahan penghidrasi seperti ceramides dan hyaluronic acid, sekaligus ekstrak chrysanthemum morifolium flower yang berguna menenangkan inflamasi.

4. Kulit normal

5 Pilihan Eksfoliator yang Disesuaikan Dengan Jenis Kulitmu

Meski berjenis normal bukan berarti kamu tak membutuhkan eksfoliasi. Kamu akan tetap mendapatkan manfaat dari eksfoliasi, salah satunya wajah semakin glowing.

Nah, kamu bisa pilih eksfoliator multifungsi berbentuk butiran gula lembut diformulasikan bersama kaolin clayshea butterjojoba seed oil, ekstrak grapefruitraspberry seed oil, dan calamine.

Tak hanya mendetoksifikasi segala kotoran dan menghidrasi kulit, tapi juga yang ampuh berperan sebagai anti-oksidan dan anti-inflamasi. Efektif sekali, bukan.

5. Kulit kombinasi

5 Pilihan Eksfoliator yang Disesuaikan Dengan Jenis Kulitmu

Jenis kulit ini memiliki area yang kering dan berminyak. Jadi untuk menemukan eksfoliator yang tepat memang cukup sulit. Kamu butuh eksfoliator yang mampu membersihkan dry flakes sekaligus mengontrol produksi minyak.

Tengarai produk tersebut memiliki kandungan glycolic acid dan lactic acid sebagai exfoliants yang juga bisa menghidrasi, serta centella asiatica dan hyaluronic acid yang bisa memberikan nutrisi pada kulit.

Nah itu dia tipe eksfoliator untuk tiap jenis kulit. Kalau kamu yang mana?