Kenali Niacinamide

Kenali Niacinamide

Harga The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1% Murah Indonesia ...

Niacinamide adalah salah satu dari dua bentuk vitamin B3, bentuk yang satu adalah asam nikotinat. Vitamin B3 juga dikenal sebagai niacin. Niacinamide dan asam nikotinat keduanya memberikan aktivitas vitamin B3, tetapi struktur kimianya berbeda.

Apa itu Niacinamide?

Niacinamide adalah bentuk vitamin B3 (niacin) – salah satu dari delapan vitamin B yang dibutuhkan tubuh Anda untuk mendapatkan kesehatan yang baik. Vitamin B3 memainkan peran penting dalam mengubah makanan yang Anda makan menjadi energi yang dapat digunakan dan membantu sel-sel tubuh Anda melakukan reaksi kimia penting.

Karena larut dalam air, tubuh Anda tidak menyimpan vitamin ini, itulah sebabnya Anda harus makan asam nikotinat atau niasinamida setiap hari. Vitamin B3 umumnya ditemukan sebagai Niacinamide pada produk berbasis hewani, seperti daging dan unggas, dan sebagai asam nikotinat dalam makanan nabati seperti kacang, biji dan sayuran hijau.

Banyak produk biji-bijian olahan, termasuk sereal, juga diperkaya dengan niacinamide. Tubuh Anda juga dapat membuat vitamin B3 dari triptofan, asam amino yang ada di sebagian besar makanan protein. Namun, konversi triptofan menjadi vitamin B3 tidak efisien, karena dibutuhkan 60 mg triptofan untuk membuat hanya 1 mg vitamin B3. Asam nikotinat dan niacinamide dapat mengobati pellagra, tetapi niacinamide lebih disukai karena berkaitan dengan lebih sedikit efek samping, seperti pembilasan kulit.

Manfaat dan Penggunaan

Niacinamide memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan. Berikut beberapa Manfaat Niacinamide :

1. Bermanfaat untuk Kondisi Kulit Tertentu
Niacinamide memainkan peran penting dalam menjaga kulit Anda sehat. Untuk alasan ini, ini adalah aditif yang populer di industri kosmetik dan perawatan kulit. Ketika diterapkan secara topikal atau diambil secara lisan sebagai suplemen, niacinamide telah terbukti memiliki efek anti-inflamasi pada kulit. Ini telah digunakan untuk mengobati kondisi kulit seperti jerawat dan rosacea, gangguan kulit wajah yang ditandai oleh kemerahan.

Ini membuat niacinamide menjadi alternatif yang populer untuk antibiotik oral atau topikal untuk mengobati jerawat atau rosacea.

2. Dapat Membantu Mencegah Melanoma
Melanoma adalah jenis kanker kulit yang serius yang berkembang di sel-sel yang menghasilkan melanin, pigmen yang memberi warna pada kulit Anda. Paparan radiasi ultraviolet (UV), baik dari matahari atau tempat tidur penyamakan, merusak DNA sel Anda dari waktu ke waktu dan sangat berkorelasi dengan melanoma. Karena perannya dalam menjaga sel-sel Anda sehat, suplemen niacinamide oral telah terbukti meningkatkan perbaikan DNA pada kulit yang rusak UV pada manusia.

Dengan demikian, niacinamide adalah suplemen yang menjanjikan yang dapat melindungi terhadap melanoma, terutama pada populasi berisiko tinggi, seperti mereka yang pernah mengalami kanker kulit nonmelanoma sebelumnya.

3. Mengatasi Penyakit Ginjal Kronis
Penyakit ginjal kronis adalah hilangnya fungsi ginjal secara progresif yang mempengaruhi kemampuan tubuh Anda untuk membersihkan dan menyaring darah dan mengontrol tekanan darah. Ini dapat menyebabkan penumpukan bahan kimia berbahaya, seperti fosfat, dalam darah Anda. Penelitian menunjukkan bahwa niacinamide dapat membantu menurunkan kadar fosfat pada orang dengan disfungsi ginjal dengan menghalangi penyerapannya.

4. Mencegah Diabetes Tipe 1
Diabetes tipe 1 adalah suatu kondisi di mana tubuh Anda menyerang dan menghancurkan sel beta pankreas yang memproduksi insulin. Telah disarankan bahwa niacinamide melindungi dan mempertahankan sel beta, sehingga mencegah atau menunda onset diabetes tipe 1 pada individu yang berisiko. Namun, penelitian tidak mendukung gagasan bahwa niacinamide dapat mencegah timbulnya diabetes tipe 1, meskipun dapat membantu memperlambat perkembangannya dengan mempertahankan fungsi sel beta.

Bagaimana cara memulai menggunakan niacinamide?

Bagi kamu yang memiliki masalah-masalah kulit seperti adanya noda pada wajah disebabkan oleh hyperpigmentation, mulai muncul garis-garis halus pada wajah atau merasa pori-pori pada wajah terlalu besar mungkin ini sudah saatnya niacinamide menjadi salah satu kandungan yang ada pada produk perawatan kulitmu. Nah, bagaimana cara memulainya?

Pertama, pastikan bahwa yang kamu gunakan adalah produk niacinamide yang sesuai kebutuhan kamu seperti misalkan serum. Untuk penggunaan, apabila kamu masih takut terjadi purging atau tidak cocok gunakan 1 kali sehari yaitu pada malam hari.

Disclaimer, pada sebagian orang pertama menggunakan niacinamide akan mengalami iritasi ringan dan apabila ini terjadi pada kamu hentikan penggunaan dan gunakan kembali saat kulitmu sudah sembuh.

Selain itu, apabila memulai satu produk baru, ada baiknya jangan mengganti produk perawatan kulit lainya secara bersamaan sehingga kita bisa tahu apabila tidak cocok produk apa yang menimbulkan reaksi tidak cocok tersebut.

Rekomendasi Produk Mengandung Niacinamide

Well, Popbela memiliki berberapa rekomendasi produk yang mengandung niacinamide nih untuk kamu yang baru akan memulai menggunakan produk yang mengandung niacinamde

  • The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1% Serum, Serum ini cocok banget digunakan oleh pemilik kulit berminyak cenderung berjerawat karena mengandung zinc yang dapat mengeringkan jerawat serta mengontrol minyak berlebih.
  • Paula’s Choice Moisture Boost Hydrating Treatment Cream, Ini bukan pelembap tetapi treatment cream yang mengandung niacinamide yang dapat membantu memperbaiki kulit serta mengurangi garis-garis halus pada kulit serta cream ini dapat dipakai di area mata lho!
  • Dr.Jart+ Dermask Brightening Solution Ultra-Fine Microfiber Face Sheetmask, Selain mengandung antioksidan, sheet mask ini juga mengandung niacinamide sehingga dapat mencerahkan kulit secara maksimal apabila digunakan teratur. Pemakaian sheet mask ini cukup 20 menit, dan kulit akan terasa lebih lembap dan sebagai efek jangka panjang ya mencerahkan kulit juga.