Khasiat Daun Jinten Untuk Kesehatan

Khasiat Daun Jinten Untuk Kesehatan

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Untuk Penderita Darah Rendah , Manfaat Susu Kurma Untuk Kesehatan Tubuh , Manfaat Pare Untuk Penyakit Kista , Manfaat Temu Putih Untuk Wanita , Manfaat Daun Serai Untuk Kesehatan , Manfaat Minyak Cengkeh Bagi Kesehatan , Manfaat Daun Kumis Kucing Untuk Kesehatan , Manfaat Umbi Talas Bagi Kesehatan , Mengobati Penyakit Hepatitis Secara Alami , Obat Tradisional Sakit Telinga , Cara Mengobati Busung Lapar , Cara Mengobati Bisul Bernanah , Cara Mengatasi Masuk Angin Berat , Resep Obat Tradisional Insomnia Alami , Obat Tradisional Pneumonia , Ramuan Obat Tradisional Kencing Manis , Manfaat Daun Sambung Nyawa , Resep Obat Pegal Linu Tradisional , Obat Tradisional Gangguan Pencernaan , Khasiat Daun Ungu Untuk Obat Wasir , Resep Daun Cincau Untuk Kesehatan , Mengobati Hernia Secara Tradisional , Daun Bakung Untuk Patah Tulang , Resep Obat Tradisional Kram Perut , Obat Tradisional Psoriasis , Khasiat Daun Jinten Untuk Kesehatan , Khasiat Daun Seribu Untuk Kesehatan , Cara Mengobati Mimisan Dengan Daun Sirih , Tanaman Obat Penyakit Lupus , Obat Tradisional Mata Ikan
Khasiat Daun Jinten Untuk Kesehatan

Daun jintan adalah tumbuhan perenial yang tergolong familia Lamiaceae yang berasal dari Afrika Selatan dan Timur, penyebaran aslinya adalah dari KwaZulu-Natal dan Swaziland ke Angola kemudian ke Mozambik, ke arah utara menuju Kenya dan Tanzania. Ia secara luas dibudidayakan dan juga telah dinaturalisasikan. Nah pada kesempatan kali ini kami akan memberikan anda beberapa Khasiat Daun Jinten Untuk Kesehatan  :

Di beberapa negara, daun jinten digunakan untuk membumbui hidangan daging sapi dan domba. Jintan dimanfaatkan sebagai penyedap di Kamboja dan Afrika Selatan, dan di Asia Tenggara, digunakan sebagai sayuran. Umumnya penyedap dari daun jintan bermanfaat untuk menutupi bau dan rasa ikan dan daging. Adapun manfaat daun jinten bagi pria dan wanita adalah sebagai berikut:
  1. Daun jintan bersifat antiseptik, antimikroba, appetising, dan mengobati pencernaan. Juga berkhasiat sebagai karminatif, obat perut perut, antelmintik, deodoran, diuretik dan tonik.
  2. Secara tradisional, ekstrak daun jinten berupa minyak esensial berkhasiat untuk obat nyamuk.
  3. Daun yang masih segar digunakan untuk menambah aroma cucian dan rambut.
  4. Tanaman daun jinten dijadikan sebagai tanaman hias dan sayuran kesehatan.
  5. Daun jintan bisa digunakan untuk mengobati gangguan saluran pernapasan. Khasiatnya sebagai bronkodilator, antitusif, dan ekspektoran.
  6. Sifat antiseptik dan antimikroba disebabkan adanya senyawa carvacrol, timol, flavon, fenol, tanin dan asam aromatik. Bermanfaat untuk mengatasi penyakit kulit.
  7. Daun digunakan untuk pengobatan batuk, sakit tenggorokan dan hidung tersumbat.
  8. Mengobati infeksi, rematik dan perut kembung.
  9. Di India, tanaman ini digunakan untuk mengobati demam malaria, hepatopati, kalkuli ginjal dan vesikal, batuk, asma kronis.
  10. Tradisi India juga menganjurkan untuk mengobati cegukan, bronkitis, helminthiasis (cacingan).
  11. Tradisi India juga mengajarkan pengobatan dari daun jinten untuk kolik dan kejang, serta mengobati epilepsi.
  12. Shenoy (Brahmin Goa dan Karnataka India) menggunakannya untuk obat ulserasi kulit, gigitan kalajengking, alergi kulit, luka, dan diare.
  13. Shenoy juga memanfaatkan daun sebagai obat hepatoprotektif, untuk meningkatkan kesehatan hati.
  14. Di Sumatera Utara (Indonesia), cara mengolah daun jinten seperti sup untuk merangsang air susu ibu selama sebulan setelah melahirkan.
  15. Di Kamboja, cara mengolah daun jinten dijadikan jus dan diberikan kepada anak-anak untuk perlindungan dari pilek. Daunnya juga dioleskan ke bibir.
  16. Di Bahia (Brazil), daun jintan untuk mengobati lesi kulit yang disebabkan oleh Leishmania braziliensis.
  17. Di Paraiba (Brazil), tanaman ini dijadikan sebagai herba untuk pengobatan tradisional penyakit umum.

 

Cara Mengolah Daun Jinten

Adapun cara mengolah daun jinten untuk mendapatkan manfaat kesehatan tubuh dan mengobati penyakit adalah sebagai berikut:

1. Untuk mengobati gangguan saluran pernapasan.

Ramuan ini berkhasiat untuk mengobati segala jenis batuk, bronkitis, sakit tenggorokan, flu dan hidung tersumbat, asma kronis.
  1. Ambil 7 lembar daun jinten segar.
  2. Masukkan kedalam 110 ml air bersih, kemudian dijadikan infus. Atau bisa juga diseduh kedalam air panas selama 15 menit.
  3. Dosis sekali minum 100 ml, diminum 2 kali sehari, pada pagi dan sore hari.
  4. Lakukan pengobatan secara berulang selama 14 hari.

 

2. Cara mengolah daun jinten untuk mengobati gangguan pencernaan.

Ramuan ini untuk mengobati sariawan, luka pada lambung, infeksi usus dan perut, perut kembung, cacingan, mual dan muntah.
  1. Siapkan 1 gram daun jintan segar, 3 gram daun saga segar, 3 gram daun pegagan.
  2. Ditambah 3 helai daun sirih, 4 gram kulit kayu Turi (Sesbania grandiflora).
  3. Iris-iris seluruh bahan herba dan masukkan kedalam 110 ml air bersih, kemudian dijadikan infusa. Atau irisan herba bisa juga dipipis.
  4. Untuk infusa, ramuan diminum sekali sehari sebanyak 100 ml.
  5. Untuk ramuan dipipis, diminum sekali sehari sebanyak seperempat cangkir.
  6. Lakukan pengobatan secara rutin selama 7 hari.

 

3. Cara mengolah daun jinten untuk mengobati sakit kepala.

Ramuan ini dipercaya untuk menyembuhkan sakit kepala karena masuk angin ataupun kelelahan.
  1. Siapkan 2 lembar daun jinten segar, 2 lembar daun legundi segar.
  2. Ditambah 1 rimpang jahe merah, 1 rimpang bangle.
  3. Seluruh herba di pipis hingga berbentuk pasta, tambahkan minyak kelonyo.
  4. Kemudian dioleskan ke pelipis dan di belakang telinga.

 

Menurut penelitian, kandungan senyawa carvacrol lebih tinggi dan dianggap sebagai penyusun utama minyak esensial. Kandungan senyawa kimia sangat bervariasi tergantung metode budidaya tanaman, tanah, iklim, dan genetik. Hal ini mempengaruhi daya penyembuhan seperti yang digunakan dalam pengobatan tradisi di India dan Brazil.