Khasiat Ubi Madu Untuk Bumil

Khasiat Ubi Madu Untuk Bumil

Resep Daun Kemuning Untuk Jerawat Dan Diet , Manfaat Buah Bit Rebus Untuk Kesehatan , Khasiat Ubi Madu Untuk Bumil , Khasiat Susu Beruang Untuk Perokok , Manfaat Yakult , Khasiat Ikan Kakap Untuk Bayi , Manfaat Siput Sungai , Manfaat Daging Keong Bagi Kesehatan
Khasiat Ubi Madu Untuk Bumil

Ubi Cilembu’ adalah kultivar ubi jalar merupakan ras lokal asal Kecamatan Pamulihan, Sumedang, Jawa Barat. Ubi jalar ini populer di kalangan konsumen semenjak tahun 1990-an.

Ubi Cilembu lebih istimewa daripada umbi biasanya karena umbi ini bila dioven akan mengeluarkan sejenis cairan lengket gula madu yang manis rasanya. Karena itu, umbi Cilembu disebut juga dengan umbi si madu. Bila umbi pada umumnya juga manis, rasa manis umbi Cilembu ini lebih manis dan lengket dengan gula madu. Rasa manis ini membuat tenaga ekstra bagi orang yang mengkonsumsinya.

Ubi ini tidak cocok untuk digoreng, karena kandungan gulanya yang tinggi membuat ubi ini sangat mudah “gosong”, dan juga tidak cocok untuk direbus, karena aroma dari “madu” nya akan berkurang, bahkan hilang. Pada umumnya produk ubi Cilembu diperdagangkan dalam bentuk ubi bakar selain diolah dalam bentuk kripik, tape, dodol, keremes, selai, saus, tepung, aneka kue, mie, dan sirup. Ubi Cilembu memiliki nilai ekonomis yang tinggi karena rasa yang khas, manis seperti madu dan legit, struktur dagingnya kenyal dan menarik sehingga sangat digemari oleh pelaku usaha tani dan konsumen.

Selain rasa yang sangat manis, warna daging ubi juga cukup menarik dimana kulit dan daging ubi berwarna krem kemerahan diwaktu mentah dan berwarna kuning bila dimasak dan bentuk ubi panjang berurat. Bentuknya panjang dan kulitnya tak mulus karena ada urat-urat panjang yang menonjol. Ketika dipanggang, dibakar, atau dioven, dari kulitnya yang berwarna gading akan muncul lelehan-lelahan seperti madu.

Ubi Cilembu memiliki kandungan vitamin A 7.100 IU (international unit). Suatu jumlah yang cukup tinggi untuk perbaikan gizi bagi mereka yang kekurangan vitamin A. Padahal, umbi-umbian jenis lain, kandungan vitamin A-nya hanya berada pada angka 0,001-0,69 mg per 100 gram. Selain vitamin A yang tinggi, juga mengandung kalsium hingga 46 mg per 100 gram, vitamin B-1 0,08 mg, vitamin B-2 0,05 mg dan niacin 0,9 mg, serta vitamin C 20 mg. Nah ubi ini sangat bermanfaat bagi bumil lho , untuk itu berikut ini kami akan membagikan anda artikel Khasiat Ubi Madu Untuk Bumil :

1. Baik untuk kesehatan ibu hamil

Manfaat ubi madu yang pertama adalah untuk mendukung kesehatan ibu hamil. Kandungan vitamin D dan zat besi pada ubi madu dapat menjaga kinerja kelenjar tiroid agar berjalan normal. Beberapa makanan lain yang juga dianjurkan bagi ibu hamil adalah manfaat melon golden dan manfaat telur bagi ibu hamil.

2. Melancarkan peredaran darah

Ubi madu juga memiliki manfaat untuk melancarkan peredaran darah sehingga berbagai sel, jaringan, dan organ tubuh mendapat asupan oksigen dan sari makanan yang cukup. Ini akan membuat kinerja tubuh menjadi lancar sehingga anda lebih bersemangat beraktivitas. Lancarnya peredaran darah juga bisa didapatkan dengan manfaat terapi ozon dan manfaat body massage.

3. Mengatasi stres

Di zaman modern yang serba cepat ini semakin mudahnya orang terkena stres. Bahkan anak-anak sekolah sudah banyak yang mengalami stres. Selain dengan manfaat rekreasi konsumsi ubi madu diketahui juga dapat membantu mengatasi stres. Hal ini didukung oleh kandungan zat besi dan potasium yang terdapat pada ubi madu. Jika ingin terhindar dari stres atau mengatasi stres yang sudah terlanjur dirasakan maka konsumsilah ubi madu.

4. Baik untuk kesehatan ginjal

Ginjal memiliki peranan penting dalam tubuh manusia salah satunya menyaring darah dari berbagai kotoran dan zat-zat racun. Oleh karena itu penting sekali bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan ginjal. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat dan baik bagi ginjal seperti ubi madu, manfaat kunyit untuk ginjal, atau manfaat daun seledri untuk ginjal.

5. Sumber antioksidan alami

Konsumsi ubi madu juga dapat mencukupkan kadar antioksidan dalam tubuh yang berperan penting dalam menghambat perkembangan radikal bebas. Hal ini didukung oleh kandungan vitamin C yang tinggi dan betakaroten sehingga sel-sel tubuh terlindungi dari serangan radikal bebas.

6. Mencegah berkembangnya sel-sel kanker

Dengan tingginya kandungan antioksidan pada ubi madu dapat membantu melindungi sel-sel tubuh agar tidak berkembang secara abnormal menjadi sel-sel kanker yang tentu saja sangat berbahaya bagi kesehatan. Beberapa jenis makanan lain yang juga dikenal baik untuk mencegah kanker diantaranya manfaat sawi dan manfaat lempuyang.

7. Baik untuk kesehatan mata

Diantara beragam jenis umbi ubi madu merupakan umbi dengan kandungan vitamin A paling tinggi sehingga sangat baik untuk memelihara kesehatan mata. Jika selama ini kita mengenal manfaat tomat dan manfaat wortel untuk mata maka kini ubi madu dapat menjadi alternatif yang tepat.

8. Baik untuk kesehatan tulang dan gigi

Ubi madu juga mengandung beragam mineral salah satunya kalsium yang dikenal bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi. Tulang dan gigi akan terpelihara kepadatannya dan terhindar dari penyakit. Anda juga dapat menggunakan manfaat susu seperti manfaat susu boneto untuk memelihara kesehatan tulang dan gigi.

9. Mencegah penuaan dini

Kandungan antioksidan pada ubi madu juga dapat menjaga kecantikan sehingga anda terhindar dari tanda-tanda penuaan dini. Dengan rajin mengonsumsi ubi madu dan sumber makanan lain seperti manfaat mengkudu untuk kulit dan manfaat teh barley akan membuat anda terlihat lebih muda dan cantik.

10. Baik untuk program diet

Ubi madu merupakan makanan yang tepat bagi anda pelaku diet. Dapat menjadi sumber energi yang kaya serat sehingga membuat perut terasa kenyang lebih lama. Beberapa makanan lain yang juga dikenal sangat baik untuk melancarkan program diet adalah manfaat beras merah dan manfaat kentang untuk diet.

11. Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat ubi madu yang tidak kalah penting adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tubuh lebih terlindungi dari infeksi virus dan bakteri penyebab penyakit. Ini menjadikan anda tidak mudah terserang penyakit sebagaimana manfaat beberapa makanan lain seperti manfaat tauge dan manfaat ikan kaneke.

12. Sumber energi

Seperti jenis ubi jalar lainnya ubi madu mengandung karbohidrat sehingga dapat memasok energi bagi tubuh. Beberapa makanan lain yang dapat menjadi sumber energi diantaranya manfaat nasi, manfaat kentang, dan manfaat beras merah.

13. Baik untuk kesehatan jantung

Sebagai organ vital yang berperan penting dalam kehidupan jantung mesti dijaga kesehatannya. Salah satunya dengan konsumsi makanan sehat seperti ubi madu yang kaya akan berbagai mineral penting seperti potasium sehingga jantung berdenyut normal dan terpelihara kesehatannya. Selain itu manfaat ubi madu juga dapat mencegah timbulnya berbagai penyakit dan gangguan pada jantung.

14. Baik untuk kesehatan kulit

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kulit yang sehat diantaranya dengan menggunakan produk perawatan kulit seperti manfaat sabun amoorea, perawatan wajah secara teratur, serta konsumsi makanan sehat seperti ubi madu yang kaya akan beragam vitamin dan mineral. Dengan rajin melakukan hal-hal tersebut akan membuat kulit anda sehat, cerah, serta terasa halus dan kenyal.

15. Baik bagi penderita diabetes

Ubi madu dapat menjadi pilihan makanan pokok atau sumber energi yang tepat bagi penderita diabetes karena tidak menyebabkan peningkatan gula darah secara cepat sehingga sangat aman bagi penderita diabetes. Beberapa makanan lain yang juga dianjurkan diantaranya manfaat buah naga untuk diabetes dan manfaat bengkoang untuk diabetes.

16. Mencegah anemia

Konsumsi ubi madu secara rutin dapat mencegah timbulnya penyakit anemia. Hal ini didukung oleh kandungan zat besi pada ubi madu dimana zat besi berperan penting dalam pembentukan sel darah merah sehingga tubuh tidak kekurangan sel darah merah.

17. Baik untuk kesehatan otot

Manfaat olahraga seperti manfaat lari pagi setiap hari dapat membuat otot-otot tubuh lebih sehat dan kuat. Selain dengan berolahraga kesehatan otot juga ditunjang oleh konsumsi makanan bernutrisi seperti ubi madu yang mengandung mineral berupa magnesium yang dikenal baik untuk kesehatan otot.

18. Baik untuk kesehatan saraf

Kandungan magnesium pada ubi madu juga baik untuk menjaga kesehatan saraf. Selain itu anda juga dapat mengonsumsi makanan lain untuk menunjang kesehatan saraf diantaranya manfaat remayung dan manfaat sup lobseter.

19. Menurunkan kolesterol

Jika kadar kolesterol anda termasuk tinggi maka konsumsi ubi madu merupakan pilihan yang tepat. Hal ini didukung oleh kandungan serat yang dimiliki ubi madu sehingga kadar kolesterol dalam darah bisa diturunkan dan anda pun terhindar dari berbagai penyakit berbahaya. Anda juga dapat menggunakan manfaat buah naga untuk menurunkan kolesterol dalam darah.

20. Camilan sehat

Rasa yang enak dan kandungan nutrisinya yang tinggi menjadikan ubi madu sebagai camilan tepat dan sehat untuk anak dan keluarga anda. Dibandingkan konsumsi camilan seperti gorengan dan makanan yang mengandung pemanis buatan lebih baik konsumsi ubi madu yang rasanya tidak kalah enak namun menyehatkan.

Itulah beberapa manfaat ubi madu yang perlu anda ketahui. Meskipun ubi madu dibanderol dengan harga lebih mahal dibanding ubi-ubi jenis lain namun setara dengan manfaat yang didapatkan mulai dari kesehatan mata, saraf, tulang, otot, dan lain sebagainya. Mari jaga kesehatan kita dengan konsumsi makanan sehat bernutrisi.