Kuliner Khas Bangkalan Madura

Kuliner Khas Bangkalan Madura

Kalau kamu pernah mengunjungi Madura, tentunya kamu tak akan absen untuk mengunjungi salah satu kabupaten di Madura yang satu ini. Namanya adalah Kabupaten Bangkalan. Kabupaten ini terletak di ujung paling barat Pulau Madura, berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kabupaten Sampang di timur serta Selat Madura di selatan dan barat.

Sejak diresmikannya Jembatan Suramadu, Kabupaten Bangkalan ini menjadi gerbang utama Pulau Madura serta menjadi salah satu destinasi wisata pilihan di Jawa Timur, baik dari keindahan alamnya, budaya,serta wisata kulinernya.

Wisata kuliner? Yap! Siapa yang menyangka bila di Bangkalan, Madura ini terdapat surga kuliner yang aduhai. Tak percaya? Berikut adalah Kuliner Khas Bangkalan Madura yang wajib anda coba .

1. Tajin Sobih Bangkalan

makanan khas bangkalan

Jika dilihat sekilas, makanan ini terlihat seperti bubur namun berbeda. Makanan ini disajikan diatas daun pisang yang di bentuk seperti kerucut. Pada bagian atasnya, makanan ini akan diberikan cairan gula merah sehingga rasanya manis. Meskipun terlihat aneh, jika Anda memakannya akan terasa sangat lezat dan ketagihan.
Jenis kuliner yang satu ini hanya bisa Anda temukan di daerah Bangkalan saja. Anda tidak bisa menemukannya di tempat lain. Tempat terkenal yang menjual makanan ini terletak di Jalan RE. Martadinata 24 Bangkalan.
Jika sudah penasaran maka Anda harus langsung kesana mencobanya. Ketika sudah mencobanya Anda akan memahami mengapa makanan ini cukup disukai.

2. Kaldu Kokot

makanan khas bangkalan madura
Dari namanya saja mungkin masih terdengar asing dan aneh. Jika Anda belum pernah mencobanya memang hal tersebut terasa aneh, namun akan berbeda jika Anda sudah mencobanya. Ini merupakan sajian unggulan yang diberikan Bangkalan untuk para pecinta kuliner.
Jika biasanya kuah sop dibuat dari kaldu, berbeda dengan sajian yang satu ini. Kaldu yang terbuat dari olahan kacang hijau dan juga rempah membuat makanan ini menjadi sangat enak dan terasa sekali bumbu rempahnya. Dalam kuahnya akan ditambahkan potongan kikil yang tentunya menambah kelezatan.
Tak lupa juga makanan ini disajikan bersama sambal petis dan juga kacang ulek. Untuk mencobanya Anda bisa langsung mengunjungi Jalan. Arif Rahman No 13, Bangkalan Timur.

3. Nasi Serpang Bangkalan

kuliner khas bangkalan

Ini merupakan kuliner khas Bangkalan yang sangat istimewa, karena dalam sajiannya terdapat berbagai bahan yang melengkapinya. Makanan ini diolah dengan menggunakan bumbu yang khas dan kaya akan rempah. Sehingga ketika mencobanya Anda akan mendapatkan rekomendasi lain tentang cita rasa kuliner Indonesia.
Nasi Serpang akan disajikan bersama dengan berbagai lauk seperti ikan, bihun, daging, telur dan lain sebagainya. Yang menjadi ciri khasnya adalah penambahan kerupuk rambak yang dibumbui secara istimewa seperti bumbu rujak. Kerupuk ini menambahkan cita rasa makanan ini semakin menarik dan berbeda.
Bagi Anda yang penasaran bisa langsung mengunjungi tempat penjualannya di Jl. Panglima Sudirman, Bangkalan.

4. Soto Mata Sapi

makanan khas bangkalan surabaya
Tentu masih asing ditelinga jenis makanan yang satu ini. Bagi Anda yang suka dengan kuliner ekstrak maka harus mencoba sop mata sapi ini. Makanan ini menggunakan bahan dasar mata sapi yang masih utuh dan terbungkus dengan tulang. Soto ini diberikan sajian kuah yang dibumbui secara khas dan berbeda.
Makanan ini juga dilengkapi dengan beberapa topping lainnya seperti daging. Meskipun namanya cukup mengerikan, namun soto ini memiliki rasa yang ciri khas dan enak untuk dimakan.
Apalagi disantap ketika masih hangat dan ditambahkan dengan sambal. Salah satu kedai populer yang menjual soto ini adalah di Jalan Raya Burneh Bangkalan.

5. Bebek Sinjay

bebek sinjay madura

Seperti diketahui bahwa bebek merupakan salah satu makanan yang disukai oleh banyak masyarakat pada umumnya. Bebek memiliki tekstur daging yang lebih gurih dan juga keras sehingga akan memberikan sensasi makan yang berbeda. Bebek Sinjay merupakan salah satu kuliner yang paling diincar oleh para wisatawan.
Bebek ini disajikan cukup sederhana yaitu dengan nasi putih yang masih hangat dan sambal pencit. Sambal inilah yang menjadi ciri khasnya karena diolah oleh bahan-bahan yang berkualitas sehingga memancarkan rasa yang lezat.
Anda bisa mencoba sajian kuliner ini di Jalan. Raya Ketengan No 45, Bangkalan. Bukan hanya para wisatawan yang banyak mengincar makanan yang satu ini, namun para penduduk lokal juga sangat menyukainya.

6. Sate Madura

sate enak di madura

Kuliner yang satu ini memang sudah terkenal hingga keseluruh wilayah. Ketika berkunjung ke Bangkalan, maka Anda wajib mencoba sate Madura disana. Sate ini sangat khas karena menggunakan daging pilihan. Daging yang digunakan sebagai sate sangat kenyal dan juga bertekstur sehingga enak untuk dikonsumsi.
Kebanyakan pengunjung ke datang ke Bangkalan tentu tidak akan melewatkan untuk memakan kuliner yang satu ini. Sate ini terlihat istimewa karena tidak ada bumbu yang membalut sate ini, namun dagingnya sudah dibumbui. Sehingga rasa khasnya langsung keluar dari daging satenya sendiri.
Anda bisa menambahkan sambal jika ingin lebih pedas. Sangking enaknya, Anda tidak akan cukup jika hanya makan satu porsi sate saja.

7. Topak Ladeh Bangkalan

kuliner enak di bangkalan

Ciri khas dari makanan ini adalah menggunakan kuah kental yang berwarna merah. Kuah kental ini dibuat dari perasan santan kelapa yang berkualitas. Makanan ini memiliki rasa dominan gurih. Makanan ini sudah terkenal sejak dahulu karena banyak dicari oleh para wisatawan. Bukan hanya gurih, rasa masakan ini juga sangat khas dan tentunya lezat.
Makanan ini disajikan bersama dengan lontong atau ketupat yang sudah dipotong. Tak lupa juga ada penambahan topping seperti sayur, daging dan juga kerupuk. Rasa pedas dan gurih yang mendominasi makanan ini akan terasa berbeda dan membuat Anda ingin sering mengunjungi Bangkalan.
Makanan ini bisa Anda temukan di daerah Pasar Senen Bangkalan. Disana terdapat beberapa kedai yang menjual kuliner ini.