Kuliner Khas Betawi

Kuliner Khas Betawi

Kuliner , kuliner indonesia , kuliner asia , kuliner barat , Alasan Kuliner Indonesia Tak Tertandingi , Kuliner Luar Negeri yang Viral di Indonesia , Kuliner Medan Yang Harus Kamu Coba , Kuliner Kota Solo Yang Harus Dicoba , Makanan Khas Afrika Selatan , Wisata Kuliner Halal Thailand , Wisata Kuliner Halal di Penang , Kuliner Lesehan Jakarta , Wisata Kuliner Bogor , Wisata Kuliner Di Surabaya Yang Enak , Kuliner Palembang Yang Harus Anda Coba , Wisata Kuliner Kota Padang , Wisata Kuliner Banjarmasin , Sambal Khas Indonesia , Kuliner Khas Boyolali , Restaurant Unik Di Dunia , Makanan Khas Bolivia , Oleh-Oleh Khas Hawaii Yang Wajib Dibeli , Makanan Halal Di London Yang Wajib Anda Coba , Makanan Khas Maroko Yang Paling Enak , Wisata Kuliner Taiwan , Wisata Kuliner Di Hong Kong , Wisata Kuliner Vietnam , Kuliner Halal Di Kuala Lumpur , Oleh Oleh Khas Amsterdam , Wisata Kuliner di Purwakarta , Kuliner Khas Ternate , Wisata Kuliner Banyuwangi , Wisata Kuliner di Kepulauan Riau , Kuliner Murah Meriah Di Medan , Wisata Kuliner Kota Batu , Kuliner Di Pulau Bintan , Kuliner Pulau Derawan  , Kuliner Kepiting Paling Enak Di Surabaya , Kuliner Makanan Khas Albania , Minuman Khas Indonesia , Kota Wisata Kuliner Di Indonesia , Kuliner Khas Macedonia , Kuliner Khas Bosnia , Kuliner Nasi Jinggo Enak Di Bali , Kuliner Tongseng Paling Enak Di Jogja , Kuliner Khas Betawi , Kuliner Bakmi Jawa Di Solo , Kuliner Warung Gudeg Di Semarang , Kuliner Gorengan Dari Berbagai Negara , Wisata Kuliner Yunani
Kuliner Khas Betawi

Negara Indonesia memang kaya sekali akan budaya. Bukan hanya soal adat istiadatnya saja, namun juga soal makanan yang dimiliki dari setiap daerah di Indonesia. Seperti halnya masyarakat Betawi, yang memiliki banyak sekali jenis makanan kebanggaan.

Beberapa makanan ini pasti sudah sering Anda lihat dan rasakan kenikmatannya. Nah, berikut ini adalah Kuliner Khas Betawi  yang wajib anda coba :

1. Soto Tangkar

Dalam bahasa Betawi, tangkar artinya iga sapi. Jadi soto tangkar ini merupakan soto yang bahan utamanya memakai iga sapi. Saat diolah iga sapi itu harus direbus selama 2 jam, baru setelah itu dimasukkan bumbu seperti kunyit, santan, lada, daun sereh, daun salam, santan dan lain-lain. Soto ini lebih nikmat kalau disantap dengan tambahan emping, sambal, dan sepiring nasi hangat.

Inilah beberapa rekomendasi kedai Soto Tangkar di Jakarta :

  • Soto Tangkar Tanah Tinggi, alamat : Jl. Tanah Tinggi III No. 15, Tanah Tinggi, Johar Baru, Jakarta Pusat
  • Kedai Soto Tangkar dan Sate Kuah H. Diding, alamat : Jl. Jembatan Besi Raya
    Samping Masjid Al-Jahiriyah, Jakarta Barat
  • Soto Tangkar Bang Samsudin, alamat : Jl. H. Agus Salim No. 41 Kebon Sirih , Jakarta Pusat

2. Soto Betawi

Soto Betawi merupakan soto yang unik sekali, karena kuahnya ada yang memakai santan dan ada juga yang memakai susu. Dalam semangkok soto Betawi banyak sekali isinya, ada daging sapi, potongan kentang goreng, jeroan sapi dan tomat. Saat disajikan, soto akan ditaburi dengan tambahan bawang goreng dan emping. Soto Betawi biasa disantap dengan nasi putih hangat.

Inilah beberapa rekomendasi kedai Soto Betawi di Jakarta :

  • Soto Betawi H. Husen, alamat : Jl. Padang Panjang No. 6B – 6C, Manggarai, Jakarta Selatan
  • Soto Betawi H. Ma’ruf, alamat : Jl. Cikini Raya No. 73, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat
  • Soto Betawi Babe Jamsari, alamat : Jl. Meruya Utara No. 1, Jakarta Barat

3. Nasi Ulam

Nasi ulam di Jakarta ada dua jenis, yakni nasi ulam basah dan nasi ulam kering. Untuk isinya, kedua nasi ulam ini tidak berbeda, yakni nasi putih yang ditaburi dengan serundeng, kacang tanah halus, daun kemangi, dan aneka lauk pauk seperti perkedel, ayam goreng, orek tempe, dan lain sebagainya. Hanya bedanya kalau nasi ulam basah, akan ditambah dengan kuah semur daging di atas nasinya.

Inilah beberapa rekomendasi warung Nasi Ulam di Jakarta :

  • Nasi Ulam Misjaya, alamat : Jl. Kemenangan Raya No.3, Glodok, Kec. Taman Sari, Jakarta Barat
  • Nasi Ulam & Nasi Uduk Ibu Yoyo, alamat : Jl. Karet Pedurenan, Gang Dogol, Setiabudi, Karet Kuningan, Jakarta Selatan
  • Nasi Ulam Jakarta Taman Surya, alamat : Palm City, Rukan Taman Surya 5, Blok GG-4 No. 28, Jl. Taman Surya 5, Pegadungan, Kalideres, Jakarta Barat

4. Semur Jengkol

Walaupun bau, namun Semur Jengkol merupakan salah satu kuliner Betawi yang banyak penggemarnya karena rasanya yang nikmat. Ketika diolah jengkol akan dimasak sampai empuk, dan diberi berbagai bumbu seperti bawang merah, bawang putih, lengkuas, daun salam, jahe, cabai, kemiri, dan kecap manis. Kuliner yang satu ini sangat mudah sekali membuatnya dan biasanya disantap dengan sepiring nasi panas.

Inilah beberapa rekomendasi kedai yang menjual Semur Jengkol di Jakarta :

  • Ayam Goreng Mat Lengket, alamat : Jl. Inspeksi Saluran Kalimalang, Jakarta Timur
  • RM Betawi Hj. Aisyah, alamat : Jl. Ampera Raya No. 2 A, Jakarta Selatan
  • Warung Mak Dower, alamat : Jl. Pemuda No. 72, Rawamangun, Jakarta Timur

5. Gabus Pucung

Dari namanya saja kamu pasti sudah bisa menebak kalau bahan utama dari kuliner yang satu ini adalah ikan gabus. Dalam membuatnya Gabus Pucung akan dimasak dengan kuah yang dicampur dengan kluwek, sehingga kuahnya berwarna hitam. Orang Betawi biasanya menyebut kuah hitam ini dengan sebutan pucung. Oleh sebab itu kuliner ini diberi nama Gabus Pucung.

Inilah beberapa rekomendasi kedai yang menjual Gabus Pucung di Jakarta :

  • Warung Gabus Pucung, alamat :  Jalan Tipar Cakung, Semper Barat, Cilincing, Jakarta Utara
  • Rumah Makan Khas Betawi, alamat : Jl. Raya Lenteng Agung No.47, Lenteng Agung, Jakarta Selatan
  • Rumah Makan Betawi Gabus Pucung Ibu Dian, alamat : Jl. Jambore No.8, Cibubur, Jakarta Timur

Itulah beberapa hidangan kuliner khas Betawi yang bisa kamu jadikan sebagai rekomendasi menu berbuka puasa. Kelihatan menggoda selera banget kan? Cita rasa kuliner lokal Indonesia memang mantap. Selamat berbuka puasa!