Kuliner Khas Boyolali

Kuliner Khas Boyolali

Kuliner , kuliner indonesia , kuliner asia , kuliner barat , Alasan Kuliner Indonesia Tak Tertandingi , Kuliner Luar Negeri yang Viral di Indonesia , Kuliner Medan Yang Harus Kamu Coba , Kuliner Kota Solo Yang Harus Dicoba , Makanan Khas Afrika Selatan , Wisata Kuliner Halal Thailand , Wisata Kuliner Halal di Penang , Kuliner Lesehan Jakarta , Wisata Kuliner Bogor , Wisata Kuliner Di Surabaya Yang Enak , Kuliner Palembang Yang Harus Anda Coba , Wisata Kuliner Kota Padang , Wisata Kuliner Banjarmasin , Sambal Khas Indonesia , Kuliner Khas Boyolali
Kuliner Khas Boyolali

Boyolali, sebuah kabupaten di Jawa Tengah memang mungkin belum setenar Jogja dan Solo dalam bidang pariwisata. Namun, daerah yang terkenal akan agrowisata dan sapi perahnya ini, sebenarnya memiliki sejumlah hidangan istimewa yang mampu memikat para pemburu kuliner Indonesia. Berikut ini adalah Kuliner Khas Boyolali yang harus anda coba :

1. Nasi tumpang

Sebagian besar orang kesulitan membedakan nasi tumpang dan nasi pecel, karena sekilas penampakannya mirip. Bedanya ada pada sambal lethok yang terbuat dari tempe busuk, bawang putih, bawang merah, daun salam, daun jeruk, kencur, dan cabai. Rasa dan aroma dari tempe busuk itulah yang menjadikan makanan ini begitu spesial.

Masalah harga tidak perlu dipertanyakan lagi, sudah pasti murah. Kamu bisa menemukan banyak warung menjual nasi tumpang, salah satunya di jalan Tentara Pelajar.

2. Soto seger

Sesuai namanya, soto asli Boyolali ini memang menyegarkan dan terasa sangat gurih, karena daging serta rempah yang mantap. Kuahnya kental, tapi cenderung bening. Isiannya terdiri dari irisan daging sapi, taoge, nasi, dan sebagainya.

Saat mampir ke Boyolali, kamu bisa berkunjung ke jalan Pandanaran Nomor 293, Banaran. Kamu harus menikmati sogo seger dari warung legendaris bernama Soto Mbok Giyem.

3. Jenang pecel

Jika di Banyuwangi ada rujak soto, Boyolali punya jenang pecel. Kuliner unik ini merupakan perpaduan bubur sumsum dengan pecel. Kamu bisa langsung mampir ke kawasan Pasar Sunggingan. Berlokasi di Jalan Garuda, di sinilah masyarakat Boyolali biasa menyantap jenang pecel.

4. Tahu susu

Sebagai daerah yang dipenuhi sapi perah, kelezatan tahu susunya tak perlu diragukan lagi. Tahu susu khas Boyolali terasa lebih gurih, creamy, dan teksturnya lembut banget.

Gampang banget menemukan makanan ini, apalagi banyak pabrik susu tahu di Boyolali. Kamu bisa membelinya di sekitar Jalan Pandanaran. Selain tahu susu, ada juga dodol susu, keripik susu, dan masih banyak lagi yang lainnya.

5. Abon lele

Selain sapi, Boyolali juga terkenal dengan olahan lelenya. Salah satu pusatnya ada di kawasan kampung Kecamatan Sawit. Tempat tersebut siap menawarkan aneka olahan lele, seperti keripik dan abon.

Jarang kan, kamu bisa menemukan abon lele? Sama seperti abon pada umumnya, rasanya gurih dan lezat, cocok banget dinikmati bareng nasi.

6. Marning

Marning memang sudah biasa jadi oleh-oleh khas di sejumlah daerah. Namun ada yang spesial dari marning khas Boyolali, lho! Marning di sini punya banyak rasa, seperti gurih, asin, pedas, bahkan balado, keju pun ada.

7. Bebek goreng

Gak cuma Madura dan Surabaya saja yang memiliki kuliner bebek lezat. Salah satu andalan warga Boyolali adalah warung Pak Pinggir di Jalan Perintis Kemerdekaan. Saking enaknya, sekarang sudah banyak cabangnya di jalur utama Solo hingga Semarang.

Daging bebek Warung Pak Pinggir begitu empuk, tidak amis, dan bumbunya meresap hingga ke dalam. Sambalnya pun begitu segar dan bakal membuatmu ketagihan