Kuliner Khas Gorontalo

Kuliner Khas Gorontalo

Kuliner , kuliner indonesia , kuliner asia , kuliner barat , Alasan Kuliner Indonesia Tak Tertandingi , Kuliner Luar Negeri yang Viral di Indonesia , Kuliner Medan Yang Harus Kamu Coba , Kuliner Kota Solo Yang Harus Dicoba , Makanan Khas Afrika Selatan , Wisata Kuliner Halal Thailand , Wisata Kuliner Halal di Penang , Kuliner Lesehan Jakarta , Wisata Kuliner Bogor , Wisata Kuliner Di Surabaya Yang Enak , Kuliner Palembang Yang Harus Anda Coba , Wisata Kuliner Kota Padang , Wisata Kuliner Banjarmasin , Sambal Khas Indonesia , Kuliner Khas Boyolali , Restaurant Unik Di Dunia , Makanan Khas Bolivia , Oleh-Oleh Khas Hawaii Yang Wajib Dibeli , Makanan Halal Di London Yang Wajib Anda Coba , Makanan Khas Maroko Yang Paling Enak , Wisata Kuliner Taiwan , Wisata Kuliner Di Hong Kong , Wisata Kuliner Vietnam , Kuliner Halal Di Kuala Lumpur , Oleh Oleh Khas Amsterdam , Wisata Kuliner di Purwakarta , Kuliner Khas Ternate , Wisata Kuliner Banyuwangi , Wisata Kuliner di Kepulauan Riau , Kuliner Murah Meriah Di Medan , Wisata Kuliner Kota Batu , Kuliner Di Pulau Bintan , Kuliner Pulau Derawan , Kuliner Khas Gorontalo , Kuliner Khas Semarang , Restoran Enak Di Semarang , Kuliner Pasar Santa , Tempat Makan Lesehan Di Jakarta , Tempat Sate Legendaris Di Malang , Kuliner Pagi Di Yogyakarta
Kuliner Khas Gorontalo

Gorontalo adalah sebuah Provinsi di Indonesia yang lahir pada tanggal 5 Desember 2000. Seiring dengan munculnya pemekaran wilayah yang berkenaan dengan Otonomi Daerah di Era Reformasi, provinsi ini kemudian dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2000, tertanggal 22 Desember dan menjadi Provinsi ke-32 di Indonesia. Berikut ini kami akan memberikan anda beberapa Kuliner Khas Gorontalo  :

1. Binte Biluhuta

Kuliner khas Gorontalo yang satu ini memang cukup unik dan menarik. Makanan yang satu ini terbuat dari bahan utama berupa jagung. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa Gorontalo adalah salah satu daerah penghasil jagung yang ada di Indonesia. Kuliner yang satu ini memiliki bentuk seperti sup.

Namun, memiliki cita rasa yang cukup peda dan segar. meskipun berbahan utama jagung, tapi ada beberapa bahan tambahan yang di ikut sertakan kedalam makanan yang satu ini. Binte Biluhuta sendiri merupakan bahasa khas dari Gorontalo. Binte sendiri memiliki arti jagung, sedang biluhuta sendiri memiliki arti disiram.

Jadi, tepatlah jika kita menyebut makanan yang satu ini sebagai jagung siram atau sup jagung. Makanan yang satu ini biasanya berisi jagung dengan beberapa seafood yang memang khas masyarakat Gorontalo. Sup panas ini akan sangat nikmati dinikmati kapan pun. Selain memiliki cita rasa yang nikmat, makanan yang satu ini juga memiliki banyak sekal manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Kita bisa menemukan makanan khas ini di setiap rumah makan dan resto yang ada di Gorontalo. Jika kalian berkunjung ke Gorontalo, maka pastikan kalian mencicipi menu makanan yang satu ini.

2. Ayam Iloni

Bagi kalian pecinta makanan yang berbahan dasar ayam, maka makanan yang satu ini wajib kalian cicipi. Ayam Iloni merupakan kuliner khas Gorontalo yang sekilas mungkin mirip dengan ayam bakar yang lain. Namun, kalian jangan terlalu cepat berpikiran seperti itu meskipun berupa ayam bakar tapi cita rasa yang ada akan lain daripada yang lain.

Perbedaan pemberian bumbu dan cara pengolahan akan memberikan cita rasa yang berbeda dari yang lain. Ayam bakar ini sendiri merupakan salah satu kuliner yang tak boleh kalian lewatkan jika kalian datang berkunjung ke Gorontalo. Salah satu ciri khas dari ayam ini adalah sebelum dilakukan pembakaran dan pemberian bumbu.

Ayam ini akan terlebih dahulu direndam dalam santan, setelah direndam maka barulah ayam ini akan diberikan bumbu yang memang sudah disiapkan. Dengan melalui proses seperti itu, memang tak mengherankan jika cita rasa dari masakan yang satu ini cukup nikmat dan enak. Kalian juga bisa menemukan makanan yang satu ini di beberapa kawasan kuliner yang ada di Gorontalo.

3. Ilabulo

Pepes merupakan sebuah makanan yang pastinya sudah banyak orang tau. Setiap daerah pasti memiliki resep pepesnya sendiri yang sangat khas. Bentuk dari pepes pun bisa dikatakan sama dan tak ada perbedaan satu sama lain. Namun, makanan yang bisa dikatakan sebagai pepesnya orang Gorontalo ini memang sangat berbeda.

Ilabulo merupakan makanan yang berbahan dasar sagu yang dicampur dengan telur ayam, hati ayam , dan beberapa rempah-rempah. Konon makanan yang satu ini merupakan makanan yang hanya disajikan kepada raja-raja yang akan menghentikan peperangan. Bisa dikatakan bahwa menu makanan yang satu ini merupakan sebuah menu makanan yang melambangkan persatuan dan kesatuan dari masyarakat. Meskipun disebut sebagai pepes, tapi bentuknya dan teksturnya mungkin hampir menyerupai otak-otak.

Soal cita rasa dari makanan yang satu ini sudah tak perlu diragukan, dijamin enak dan nikmat. Kalau soal mengenyangkan kita harus menghitung dulu berapa banyak yang dimakan. Untuk menemukan makanan yang satu ini memang tak terlalu sulit. Kita bisa menemukan makanan yang satu ini di banyak tempat. Banyak warung dan penjaja makanan yang secara khusus menjual makanan yang satu ini.

4. Sate Tuna

Jika kita berbicara mengenai sate maka yang akan terintas adalah sate ayam, sate kambing, satau sate sapi. Namun, jika kalian berkunjung ke Gorontalo ada sebuah sate yang bisa dikatakan cukup unik dan berbeda dengan yang lain. Nama kuliner khas di Gorontalo tersebut adalah sate Tuna.

Memang sangat unik dan menarik, karena sebagaimana yang kita ketahui bahwa tuna adalah makanan laut yang lazimnya dibakar atau di sayur. Namun, untuk dijadikan sate merupakan hal yang hanya kita temukan di Gorontalo saja. Makanan yang satu ini akan sangat mudah kita temukan di beberapa wisata pesisir yang ada di kawasan Gorontalo. Untuk menemani memakan sate ini sendiri tidak menggunakan sambal kacang maupu kecap, namun menggunakan sambal khusus yang bercita rasa pedas.

Sate daging tuna memang memiliki tekstur yang berbeda dari yang lain. Perbedaan tersebut terletak pada tekstur ikan tuna sendiri yang jauh lebih lembut. Saat kita menggigit daging tersebut, maka daging tersebut akan langsung pecah di mulut. Dijamin kalian akan ketagihan saat mencicipi makanan yang satu ini.

Selain makanan yang disebutkan di atas masih ada beberapa makanan lagi, seperti

  1. Perkedel Nike
  2. Sayur Putungo
  3. Bilenthango
  4. Es Brenebon
  5. Kue Sabongi
  6. Tili Aya
  7. Kue Pia Saronde
  8. Sashimi Tuna
  9. Kue Karawo
  10. Saraba
  11. Bubur Sagela
  12. Sate Kambing Balanga
  13. Kue Popolulu
  14. Lalampa
  15. Duduli
  16. Keripik Kasubi Pahangga