Kuliner Khas Palu

Kuliner Khas Palu

Berkunjung ke Kota Palu tentu tak akan lengkap tanpa mencicipi berbagai kuliner khas Kota Palu. Ibu Kota Sulawesi Tengah ini sendiri memiliki beragam makanan tradisional dengan cita rasa khas yang digemari para pelancong. Yuk, intip dan cicipi pilihan Kuliner Khas Palu berikut ini .

1. Labia Dange

5 Kuliner Khas Palu yang Lezat, Pernah Cicipi Belum?

Bahan utama untuk membuat hidangan ini adalah sagu. Cara membuatnya mirip dengan membuat kue surabi, yakni dipanggang di atas tungku dengan memakai wajan dari tanah liat. Labia Dange bisa disantap sebagai makanan manis, cukup dengan menambahkan gula aren. Atau bisa juga disantap seperti nasi yakni ditambah dengan lauk lainnya, misalnya ikan atau telur.

2. Onyop

5 Kuliner Khas Palu yang Lezat, Pernah Cicipi Belum?

Kuliner yang satu ini mirip dengan papeda yang biasa disantap oleh masyarakat Papua. Onyop merupakan makanan khas suku Saluan, di Sulawesi Tengah. Lebih tepatnya Onyop berasal dari Kabupaten Banggai, jaraknya sekitar 610 km dari kota Palu. Bahan utama untuk membuat makanan ini adalah sagu, dan biasanya disantap bersama dengan ikan kuah asam yang merupakan olahan ikan khas Banggai.

3. Kaledo

5 Kuliner Khas Palu yang Lezat, Pernah Cicipi Belum?

Kaki lembu donggala atau populer dengan sebutan kaledo, merupakan makanan khas suku Donggala. Kuliner yang satu ini mirip dengan sop buntut, hanya bedanya hidangan ini tidak menggunakan buntut sapi. Melainkan kaki lembu yang penuh dengan sumsum yang lezat. Masyarakat Sulawesi Tengah biasanya menyantap makanan ini dengan ubi. Cita rasa makanan yang satu ini, tentu saja nikmat dan sangat menggoda.

4. Uta Kelo

5 Kuliner Khas Palu yang Lezat, Pernah Cicipi Belum?

Hidangan ini merupakan kuliner khas suku Kaili di Sulawesi Tengah. Dari namanya saja, mungkin kamu sudah bisa menebak kalau bahan utama membuat masakan ini adalah daun kelor. Kelo memang berarti daun kelor. Untuk membuat uta kelo, daun kelor dimasak bersama dengan santan. Ketika disajikan, uta kelo biasanya ditambahkan dengan pisang kepok, atau terong. Karena dimasak dengan santan, cita rasa hidangan yang satu ini jadi sangat gurih.

5. Duo Sale

5 Kuliner Khas Palu yang Lezat, Pernah Cicipi Belum?

Untuk kamu pecinta kuliner pedas, makanan yang satu ini tidak boleh kamu lewatkan. Duo Sale adalah sambal khas Sulawesi Tengah, dan merupakan olahan ikan teri kering yang dimasak dengan cabai, tomat, dan bawang merah. Masyarakat di Sulawesi Tengah biasa menyantap makanan yang satu ini dengan nasi jagung, ataupun dengan nasi putih. Pedas dan nikmat.

Kelima kuliner khas Palu di atas hanya bisa kamu temukan di Sulawesi Tengah. Oleh karena itu kalau kamu memiliki kesempatan berkunjung kesana, jangan lupa ya untuk mencicipi kelezatan rasanya.