Kuliner Khas Purwokerto

Kuliner Khas Purwokerto

Kota Purwokerto merupakan ibukota dari Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Kota ini memiliki keindahan alam yang memikat, oleh karena itu tidak heran kalau di kota ini banyak sekali objek wisata alam yang bisa kamu kunjungi. Diantaranya adalah Baturaden, Telaga Sunyi, Curug Gede, Curug Cipendok, dan lain sebagainya.

Selain terkenal akan keindahan alamnya, Purwokerto juga dikenal memiliki aneka ragam kuliner khas yang lezat dan menggugah selera. Oleh karena itu jangan pernah melewatkan kesempatan untuk mencicipi  Kuliner Khas Purwokerto seperti contoh berikut ini.

1. Mendoan Khas Purwokerto

Mendoan Khas Purwokerto

Makanan yang pertama adalah Mendon. Mendon adalah salah satu jeni makanan Khas Purwokerto yang sangat terkenal. Sangking terkenalnya kamu akan menemui makanan ini hamper disetiap sudut kota Purwokerto.

Mendon adalah makanan yang berbahan dasar kedelai yang dipotong kecil-kecil dan dipadu dengan adonan tepung. Kemudian dimasakan setengah matang dan setelah matang sangat cocok jika dimakan bersama sambal kecap cabe rawit.

Warung-warung yang menjual makan yang satu ini sangat mudah kita temukan di Purwokerto. Kemudahan dalam mencari menjadi semakin nikmat setelah tahu berpa rupiah yang harus kita keluarkan untuk membeli satu buah Mendon ini. Rp. 1.000 sampai dengan Rp. 2.500 saja kamu suda bisa membeli satu porsi mendon. Wah murah sekali bukan? Diberbagai toko juga tersedia mendon yang masih mentah, yang bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh dan untuk kamu masak sendiri di rumah.

2. Soto Sokaraja

soto sokaraja

Disajikan dengan potongan ketupat di dalamnya, Soto Sokaraja menjadi salah satau Makanan Khas Purwokerto yang unik. Tak jauh berbeda dengan kebanyakan soto lainnya, soto sokaraja diolah sebgaimana mestinya. Tapi soto ini memberikan kesan berbeda karena penyajiana yang dilengkapi dengan berbagai macam kerupuk, seperti kerupuk merah dan kerupuk mie kuning. Ditambah dengan kua yang terbuat dari kaldu daging sapi dengan ekstral rasa kacang di dalamnya.

Cukup merogoh kocek sebesar Rp. 15.000 saja kamu sudah bisa memesan satu porsi Soto Sokaraja. Tentu sukup murahkan. Jadi jagan lupa cicipi Makanan Khas Purwokerto yang satu ini ya. 

3. Kraca

Kraca Khas Purwokerto

Kraca menjadi salah satu makanan unik yang masuk di dalam list ini. Terbuat dari keong kecil dan rempah-rempah pilihan. Kraca juga dikenal dengan keong kuah pedas karena bumbu yang digunakan seperti cabai, campuran garam, pala, merica, bumbu bawang, lada, dan bumbu lainnya.

Ternyata makanan ini amat mudah jika kamu mau mencarinya. Makanan ini tersedia disepanjang pinggir jalan kota Purwokerto saat menjelang malam. Makanan yang satu ini juga sangat cocok disajikan saat bulann puasa tiba.

4. Kluban Purwokerto

Kluban Purwokerto

Kluban merupakan makanan yang apabila dilihat sekilas bagaikan salad. Makanan khas purwokerto ini terdiri dari berbagai macam sayuran seperti kacang panjang, bayam, kangkung, kencambah dan juga kol. Makanan yang juga menjadi kuliner khas Banyumas ini menjadi berbeda dengan salad karena dimasak dengan cara direbus yang kemudian dicampur dengan parutan kelapa dan bumbu sambal.

5. Gethuk Goreng

Gethuk Goreng

Salah satu kecamtan dipinggiran Purwokerto, yakni Sokaraja memiliki makanan khas yang cukup unik. Dari namanya saja kamu pasti sudah tahu makanan jenis apa ini. Tapi dengan menyajikannya dengan cara digoreng membuat gethuk yang satu ini jadi terasa berbeda.

Makanan yang berbahan dasar singkong ini diolah dengan gula jawa. Memiliki warna coklat rasa yang manis dan juga empuk. Membuat makanan ini wajib kamu cicipi. Mencari Gethuk goring di Purwokerto tak akan sulit, karena makanan ini sudah tersedia di toko-toko di sepanjang pusat Kecamatan Sokaraja.

6. Tegean Khas Purwokerto

Tegean Khas Purwokerto

Makanan yang berupa sup sayur berkuah bening ini bernama Tegean. Makanan khas Purwokerto ini terlihat biasa saja dengan kuahnya yang bening. Tapi jangan remehkan cita rasa di dalamnya. Karena rasa yang ditawarakan oleh makanan sederhana ini begitu nikmat dan begitu segar saat mengkonsumsinya.

Kesederhanaan makanan ini juga terlihat dari bahan-bahannya seperti bayam, kecambah, katuk, wortel, kedelai hitam, jagung. Bumbu yang digunakan juga sangat sederhana diracik dengan bawang merah dan bawang putih yang dicampur dengan dagi sapi ataupun daging ayam kadang juga dilengkapi dengan campuran jagung.

7. Keripik tempe

Keripik tempe

Dijuluki sebagai kota tempe, ternyata bukan tanpa alasan. Julukan itu disematkan ke kota Purwokerto karena disetiap toko oleh-oleh di sana banyak sekali menjual kripiki. Salah satunya yaitu kripik tempe, terbuat dari kedelai sama seperti mendon.

Bedanya makanan yang satu ini digoreng hingga kering. Karena digoreng sampai garing membuat makanan yang satu ini tahan lama dan bisa menjadi pilihan oleh-oleh kamu.

8. Jajanan Tradisional Cenil

Jajanan Tradisional Cenil

Cenil yang juga tergolong makanan khas Purwokerto ini memiliki tampilan yang unik dan cantik. Tampil dengan berbagai warna yang memikat dan teksturnya yang kenyal membuat makanan ini cukup digemari.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat cemilan ini adalah singkong, tepung kanji, daun pandan dan kelapa yang diparut. Makanan seperti lupis dan ciwel tak akan berjauhan dengan cenil, keduanya juga dikenal sebagai makanan khas Purwokerto.

9. Klanting Khas Purwokerto

Klanting Khas Purwokerto

Terbuat dari bahan dasar ketela pohon, Klanting yang juga tergolong sebagai makanan ringan. Berbentuk layaknya cincin dan juga berbentuk seperti angka delapan. Teksturnya yang renyah dan gurih membuat cemilan ini cukup digemari oleh banyak orang. Dibuat dengan bahan-bahan sederhana membuat cemilan ini tentu tak akan membuat kantongmu jebol.

10. Combro

Combro

Kalian mungkin sudah sangat familiar degan makanan yang bernama Combro. Tapi tahukan kamu Purwokerto punya combro yang berbeda dengan wilayah lain. Makanan khas purwokerto ini berbentuk lonjong yang terbuat dari singkong yang diparut dan dihilangkan kandungan airnya. Sebelum digoreng adonan combro ini dilengkapi dengan sambal oncom didalamnya. Tentu itulah yang membuat combro ini melenggenda.

11. Buntil

Buntil

Makanan yang satu ini dibuat dengan campuran daun singkong, daun talas dan juga daun papaya. Makan khas Purwokerto dan Banyumas yang satu ini memiliki proses memasak yang tidak biasa. Pertama-tama semua bahan tadi diastukan dan digulung diikat lau dikukus hingga matang. Buntil sangat lezat apabila disajikan dengan sanatn kental bumbu gurih yang pedas apalgi ditambah dengan toping parutan kelapa muda.