Kuliner Khas Semarang

Kuliner Khas Semarang

Kuliner , kuliner indonesia , kuliner asia , kuliner barat , Alasan Kuliner Indonesia Tak Tertandingi , Kuliner Luar Negeri yang Viral di Indonesia , Kuliner Medan Yang Harus Kamu Coba , Kuliner Kota Solo Yang Harus Dicoba , Makanan Khas Afrika Selatan , Wisata Kuliner Halal Thailand , Wisata Kuliner Halal di Penang , Kuliner Lesehan Jakarta , Wisata Kuliner Bogor , Wisata Kuliner Di Surabaya Yang Enak , Kuliner Palembang Yang Harus Anda Coba , Wisata Kuliner Kota Padang , Wisata Kuliner Banjarmasin , Sambal Khas Indonesia , Kuliner Khas Boyolali , Restaurant Unik Di Dunia , Makanan Khas Bolivia , Oleh-Oleh Khas Hawaii Yang Wajib Dibeli , Makanan Halal Di London Yang Wajib Anda Coba , Makanan Khas Maroko Yang Paling Enak , Wisata Kuliner Taiwan , Wisata Kuliner Di Hong Kong , Wisata Kuliner Vietnam , Kuliner Halal Di Kuala Lumpur , Oleh Oleh Khas Amsterdam , Wisata Kuliner di Purwakarta , Kuliner Khas Ternate , Wisata Kuliner Banyuwangi , Wisata Kuliner di Kepulauan Riau , Kuliner Murah Meriah Di Medan , Wisata Kuliner Kota Batu , Kuliner Di Pulau Bintan , Kuliner Pulau Derawan , Kuliner Khas Gorontalo , Kuliner Khas Semarang , Restoran Enak Di Semarang , Kuliner Pasar Santa , Tempat Makan Lesehan Di Jakarta , Tempat Sate Legendaris Di Malang , Kuliner Pagi Di Yogyakarta
Kuliner Khas Semarang

Kota Semarang adalah ibukota Provinsi Jawa Tengah, Indonesia sekaligus kota metropolitan terbesar kelima di Indonesia sesudah Jakarta, Surabaya, Medan, dan Bandung. Sebagai salah satu kota paling berkembang di Pulau Jawa, Kota Semarang mempunyai jumlah penduduk yang hampir mencapai 2 juta jiwa dan siang hari bisa mencapai 2,5 juta jiwa. Kawasan mega-urban Semarang yang tergabung dalam wilayah metropolitan Kedungsepur (Kendal, Demak, Ungaran, Kabupaten Semarang, Kota Salatiga, Kota Semarang dan Purwodadi, Kabupaten Grobogan) berpenduduk mencapai 7,3 juta jiwa, sekaligus sebagai wilayah metropolitan terpadat keempat, setelah Jabodetabek (Jakarta), Gerbangkertosusilo (Surabaya), dan Bandung Raya. Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan Semarang yang signifikan ditandai pula dengan munculnya beberapa gedung pencakar langit yang tersebar di penjuru kota. Perkembangan regional ini menunjukan peran strategis Kota Semarang terhadap roda perekonomian nasional. Selain banyak pemandangan indah , kota semarang terkenal akan kulinernya , berikut ini kami akan memberikan anda beberapa Kuliner Khas Semarang :

1. Pecel Bu Sumo

Salah satu kuliner yang wajib dicoba saat berwisata kuliner di kawasan Simpang Lima Semarang adalah Pecel Bu Sumo. Warung ini bahkan namanya sudah banyak dikenal oleh warga Semarang atau oleh orang yang sudah lama tinggal di Semarang. Bagaimana tidak? Ternyata tempat makan yang satu ini sudah berdiri sejak tahun 1965.

Saat ini, Pecel Bu Sumo telah memiliki beberapa cabang dan semuanya tersebar di wilayah Semarang dan Ungaran. Seperti namanya, makanan yang khas di sini adalah pecel.

Makanan pecel akan dipadukan dengan aneka lauk pauk dan juga bumbu kacang plus sayur yang sangat enak. Apalagi jika dimakan dalam kondisi nasi hangat. Beberapa lauk yang bisa dipilih antara lain telur, ayam, hingga kakap. Jika ingin mengunjunginya, datanglah dari pagi jam 6 hingga sore jam 3.

2. Soto Ayam Mbak Lin

Selain pecel, Simpang Lima juga menyajikan makanan soto ayam yang pasti sangat enak jika dinikmati saat hujan atau saat suasana sedang dingin. Jika kamu ingin makan soto di Simpang Lima, Soto Ayam Mbak Lin ini mungkin menjadi alternatif terbaik.

Soto ini berbeda dari soto ayam pada umunya. Kuah soto ini mengandung santan dan juga kunyit, tidak seperti soto pada umumnya yang tidak dibuat dari santan. Soto ayam ini akan disajikan bersama nasi hangat, daub seledri, dan juga taburan ayam suwir. Jika suka lontong, maka pengunjung juga bisa menggantinya dengan lontong.

Selain itu di sana juga ada lauk pauk yang bisa dipilih untuk pelengkap hidangan. Pengunjung bisa memilih tempe horeng, sate telur, sate kerang, perkedel, paru goreng, atau otak goreng.

3. Nasi Pecel Yu Sri

Selain Pecel Bu Sumo, di Simpang Lima ada lagi kuliner khas Semarang Simpang Lima untuk makan pecel yang enak, yaitu Nasi Pecel Yu Sri. Warung nasi pecel ini juga merupakan salah satu warung pecel yang sudah sangat terkenal di Semarang.

Pecel di sini terkenal sangat enak dan juga gurih. Selain itu, ada juga menu makanan lain yang bisa dipilih jika pengunjung tidak ingin makan pecel, di antaranya nasi gudangan. Pengunjung juga bisa menambah lauk seperti sate telur, sate ati, dan berbagai lauk lainnya.

Uniknya, warung ini bisa menemanimu ketika kelaparan di tengah malam. Mengapa? Karena warung ini buka hingga jam 4 subuh. Sangat cocok untuk kamu dan teman-teman nongkrong hingga pagi hari.

4. Tahu Gimbal Pak Edy

Jika bosan makan pecel atau soto, mampir saja ke Tahu Gimbal Pak Edy ini. Nama warung ini juga sudah tersohor namanya di kalangan warga Semarang. Hal ini dikarenakan Tahu Gimbal Pak Edy sudah ada sejak tahun 70-an.

Walau sudah berusia tua, namun cita rasa makanan yang dijual tidak berubah sejak dahulu kala. Hal inilah yang menyebabkan warung ini selalu ramai pengunjung, walaupun baru buka di sore hari.

Makanan yang dijual adlaah tahu gimbal. Tahu gimbal ini berisi lontong, tahu, peyek, serta beberapa lalapan seperti tauge dan irisan kubis. Ada juga telurnya, dan semuanya dinikmati dengan saus kacang yang pedas tapi gurih. Di sini, saus kacang juga ditambah dengan petis yang enak.

5. Lumpia Mataram

Mampir ke Semarang belum lengkap rasanya jika belum mencoba lumpia. Jika mampir ke Simpang Lima, mampir saja ke Lumpia Mataram. Lokasi ini memang merupakan salah satu lokasi terbaik untuk menikmati lumpia Semarang.

Sebenarnya lumpia merupakan makanan perpaduan antara makanan Indonesia dengan makanan Tionghoa. Saat ini lumpia memang menjadi makanan khas Semarang yang paling banyak diburu, bahkan untuk oleh-oleh wisatawan yang mampir ke Semarang.

Kedai Lumpia Semarang ini merupakan usaha dari Keluarga Siem. Kedai ini sudah buka sejak lama, lebih tepatnya sudah melewati 4 generasi. Penasaran bagaimana rasanya? Langsung saja datang ke sana.

6. Tahu Petis Semarang

Tahu petis merupakan tahu yang digoreng. Namun sebelum digoreng, tahu ini dibelah dan dilapisi dengan bahan petis. Di Jawa memang makanan ini berkembang pesat, baik Jawa Tengah maupun Jawa Timur. Salah satu kota yang khas akan tahu petis lainnya adalah Banyuwangi.

Perbedaan dari tahu petis khas Semarang dengan Banyuwangi adalah dari tekstur petisnya. Petis Bayuwangi lebih encer, sedangkan petis Semarang lebih lengket dan warnanya lebih hitam.

Rasa petis Semarang tidak terlalu manis, namun tetap enak. Tahu petis ini bisa juga dinikmati dengan cabe hijau yang pedas. Selain itu, tahu petis Banyuwangi cara makannya pun hanya tahu dicocol dengan petis, bukan tahu diisi petis.

7. Nasi Pecel Mbok Sador

Ada lagi kuliner khas Simpang Lima berupa pecel, yaitu Nasi Pecel Mbok Sador. Nasi pecel ini juga merupakan salah satu nasi pecel yang terlaris di Simpang Lima. Bahkan untuk memesannya saja butuh antre.

Nasi pecel ini disajikan di atas piring rotan yang dilapisi dengan 7 lapis daun pisang. Porsi nasinya memang tidak banyak dan pas untuk porsi standar. Namun sayuran di atasnya cukup banyak dan jenisnya juga banyak, di antaranya kacang pancang, kecambah, kubis, daun pepaya, hingga daun kenikir.

Ada juga rempeyek yang enak serta krupuk puli (krupuk dari nasi). Pengunjung juga bisa menikmati lauk pauk seperti gorengan, jeroan, sate telur, dan sebagainya.

8. Tahu Pong

Pernah mendengar nama Tahu Pong? Jika belum, maka kamu wajib mencobanya saat berburu kuliner khas Semarang di Simpang Lima. Tahu Pong ini sendiri merupakan salah satu jajanan khas dari tahu. Namun bagian dalamnya kosong. Dalam bahasa jawa, kosong di bagian dalam disebut “kopong”, dan hal inilah yang melatarbelakangi nama Tahu Pong.

Di Simpang Lima sendiri ada banyak sekali warung yang menjajahkan Tahu Pong ini dan pengunjung bebas memilih Tahu Pong mana yang paling menarik hati. Rata-rata makanan ini dihargai Rp 1.000 saja per potongnya. Sangat murah bukan?

Tahu Pong cocok untuk dijadikan camilan malam hari sambil minum minuman hangat. Makanan ini bisa juga dicocol dengan petis atau dinikmati dengan cabai yang pedas.

9. Es Congklik

Nama yang unik lagi untuk makanan khas Simpang Lima Semarang. Jika kamu belum pernah mendengar nama es ini, maka saat berkunjung ke Semarang kamu wajib mencicipinya.

Es congklik biasanya dijual dalam keadaan segar dan tanpa bahan pengawet sedikit pun. Es ini bisa dinikmati dalam berbagai varian rasa. Salah satunya adalah cokelat. Rasa lain bisa dipilih sesuai selera, misalnya alpukat, kacang hijau, leci, dan sebagainya.

Harga per porsi es congklik ini hanya Rp 9.000 hingga Rp 10.000 saja. Di Simpang Lima sendiri banyak yang menjualnya. Namun yang paling enak adalah di sebelah Hotel Citraland Simpang Lima Semarang.

10. Wingko Babat

Masyarakat Jawa mungkin sudah sering mendengar nama makanan ini. Namun orang luar suku Jawa mungkin belum pernah mendengarnya. Makanan ini adalah makanan yang banyak juga ditemukan di Simpang Lima Semarang.

Wingko babat adalah makanan yang dibuat dari adonan beras ketan dan kelapa. Adonan itu kemudian dibakar dan bisa dinikmati dengan beberapa varian rasa. Ada rasa cokelat, durian, nangka, dan sebagainya.

Makanan ini juga dijual murah, yaitu sekitar Rp. 2.000 saja per potongnya. Jika kamu mengaku pecinta kuliner, maka makanan ini wajib kamu cicipi saat berada di Simpang Lima.