Kuliner , kuliner indonesia , kuliner asia , kuliner barat , Alasan Kuliner Indonesia Tak Tertandingi , Kuliner Penang Yang Harus Kamu Coba , Rasa Es Krim Paling Aneh , Kuliner Jepang Yang Menggiurkan , Makanan Khas Yunani , Kuliner Khas Singapura

Kuliner Khas Singapura

Kuliner Khas Singapura

Kuliner , kuliner indonesia , kuliner asia , kuliner barat , Alasan Kuliner Indonesia Tak Tertandingi , Kuliner Penang Yang Harus Kamu Coba , Rasa Es Krim Paling Aneh , Kuliner Jepang Yang Menggiurkan , Makanan Khas Yunani , Kuliner Khas Singapura
Kuliner Khas Singapura

Bukan rahasia lagi bahwa warga Singapura mencintai kuliner khasnya, dan jelas, kecintaan itu begitu kuat. Singapura laksana harta karun bagi para pecinta kuliner, dengan segudang pilihan bersantap yang ditawarkannya. Penikmat makanan laut sejati pantang melewatkan salah satu makanan khas Singapura yaitu chili crab, kepiting manis dan kuah telur dan tomat yang menggoyang lidah. Masih Banyak lagi makanan khas Singapura lainnya, Berikut ini kami akan memberikan anda berbagai Kuliner Khas Singapura yang dapat membuat anda keroncongan :

1. Laksa Singapore

Katong Laksa Singapore

Laksa mungkin bukan hidangan yang asing di Indonesia. Namun, laksa juga menjadi salah satu kuliner khas Singapura. Laksa (atau Kari Laksa) merupakan hidangan kaum peranakan di Singapura. Kaum peranakan ini adalah etnis Tionghoa yang tinggal di pemukiman semenanjung Inggris.

Laksa singapura ini isinya antara lain adalah: mie, perkedel ikan, udang, kerang, dan tauge cincang yang disajikan dengan kuah santan pedas. Anda dapat menemukan laksa singapura di berbagai mall dan juga hawker centre. Jika ada kesempatan, cobalah berkunjung ke Katong untuk mencicipi laksa katong yang terkenal lezat.

 

Laksa Katong 328, Singapore

Alamat : 53 E Coast Rd, Singapore 428771

No Telepon : +65 9732 8163

2. Chili Crab

Chili Crab

Kalau Anda nggak alergi kepiting, Anda wajib coba kuliner khas Singapura yang satu ini! Chili Crab merupakan hidangan kepiting yang disantap dengan saus dan bumbu dasar cabai. Sausnya yang kental dengan citarasa bawang putih dan cuka beras terasa semakin istimewa dengan tambahan salut telur tipis.

Walaupun namanya Chili Crab, namun citarasa pedasnya tidak sampai menyengat lidah. Kepiting yang digunakan biasanya adalah kepiting lumpur, namun bisa juga digunakan kepiting soka. Anda juga bisa mencelupkan mantau ke dalam saus chili crab. Rasanya: nagih banget! Salah satu tempat di mana Anda bisa menemukan Chili Crab ini adalah di Singapore Seafood Republic di Resort World Sentosa atau di daerah Geylang.

 

Singapore Seafood Republic

Alamat : 26 Sentosa Gateway, #01-292 Waterfront, Resorts World Sentosa

No Telepon : +65 6265 6777

 

3. Fried Carrot Cake

Black Fried Carrot Cake

Fried Carrot Cake (Chai Tow Kway) merupakan kuliner khas Singapura berupa potongan tepung beras dan lobak putih yang dikukus lalu digoreng dengan telur dan daun bawang seperti omelet. Jadi, fried carrot cakeini sebenarnya tidak menggunakan bahan wortel :p #upss

Ada dua jenis fried carrot cake, yaitu white fried carrot cake dan black fried carrot cake. Perbedaannya hanyalah yang “black” menggunakan kecap manis. Fried Carrot cake ini sangat mudah ditemukan di berbagai gerai hawker food.

 

Song Zhou Luo Bo Gao

#01-18, Bedok Interchange Food Centre, 207 New Upper Changi Road, Singapore 460207 

Tel: 64446440 | Opening Hours: 6.30am  -8pm , Closed Sun

 

 

4. Hokkien Prawn Mee

Hokkien Prawn Mee (pic by ig: jacquesvictor)

Hokkien Prawn Mee diciptakan oleh para pelaut Hokkian dari Tiongkok Selatan pada masa setelah perang. Hokkien Prawn Mee ini merupakan mie kuning dan bihun yang ditumis bersama dengan bawang putih, telur, kecap asin, taoge, udang, dan cumi. Mie yang dicelupkan ke dalam kuah kaldu, lalu direbus bersama seafood selama beberapa saat, lalu digoreng sampai agak kering dengan sedikit kuah. Untuk citarasa yang lebih tajam, biasanya hokkien prawn mee ini disantap bersama sambal cabai dan limau.

 

Kims Fried Hokkien Prawn Mee

Alamat: 

No Telepon : +65 6336 1721

5. Bubur Kodok

Frog Porridge

Tertarik mencoba kuliner khas Singapura yang nggak terlalu mainstream? Cobalah bubur kodok. Bubur kodok ini dapat Anda jumpai di daerah Geylang dan Chinatown. Bubur kodok ini biasanya disantap pada malam hari. Sebelum dimasak, bubur dicampur dengan Chinese cooking wine, sementara kaki kodoknya direbus dengan kari ayam dan minyak wijen, lalu digoreng dan dicampurkan ke dalam bubur. Bubur kodok ini biasanya disajikan dalam hot pot.

 

Eminent Frog Porridge & Seafood

Alamat : 323 Geylang Rd, Singapore 389359

Buka : Setiap hari, mulai pukul 5:00 sore

 

6. Bak Kut Teh

Bak Kut Teh

Bak Kut Teh merupakan hidangan yang terbuat dari iga daging babi yang dimasak dalam api kecil dengan kaldu bumbu dan rempah-rempah. Rempah-rempah yang digunakan antara lain adalah cengkeh, kayu manis, adas manis, biji adas, dan ketumbar. Biasanya Bak Kut Teh disantap dengan sayur asin dan kembang tahu. Bak Kut Teh enak juga untuk menjadi teman makan nasi/mie.

Selain menyehatkan, Bak Kut Teh juga nikmat karena mengandung banyak rempah-rempah. Salah satu bak kut teh yang terkenal di Singapore adalah Song Fa Bak Kut Teh. Anda dapat menemukan Bak Kut Teh di sepanjang Balestier Road, Rangoon Road, dan Joo Chiat Road.

 

Song Fa Bak Kut Teh

Alamat : 11 New Bridge Road, #01-01, Singapore 059383

Telepon : +65 6533 6128  |  Jam buka : Setiap hari, 09:00 – 21:00

 

7. Fish Soup

Fish Soup

Fish soup alias sup ikan adalah salah satu kuliner khas Singapura yang konon berasal dari resep suku Teochew. Ikan yang biasanya digunakan adalah ikan bilis atau anchovy. Sup ikan ini biasanya disajikan dengan sayuran, udang, dan terkadang juga ditambahkan bihun. Fish soup ini terkadang disajikan dengan menambahkan susu sehingga kuah kaldunya berwarna putih. Fish Soup dapat ditemukan di berbagai gerai hawker food.

 

Fish Soup di Maxwell Food Centre

Alamat : 1 Kadayanallur St, Singapore 069184

Jam Buka : Setiap hari, pukul 08:00 – 22:00

8. Kari Kepala Ikan

Fish Head Curry at Samy's Curry

Salah satu etnis/suku yang hidup di Singapura adalah etnis India. Tak heran bila makanan india pun menjadi salah satu kuliner khas Singapura, salah satunya adalah kari kepala ikan (fish head curry). Kepala ikan kakap merah yang dikukus disajikan dengan kari pedas dan sayuran. Kari kepala ikan yang memiliki citarasa asam pedas bisa disantap bersama nasi ataupun bersama roti mantao. Anda bisa mencicipi kari kepala ikan ini di Samy’s Curry yang sudah berjualan sejak 20 tahun yang lalu. Mantappp!

 

Samy’s Curry Restaurant

Alamat : 25 Dempsey Road, Singapore 249670

Website : samyscurry.com

Telepon : +65 6472 2080  |  Jam buka : Setiap hari, mulai pukul 11:00 siang

 

9. Yong Tau Foo

Yong Tau Fu

Yong Tau Foo (dibaca: yong tau fu) sebenernya merupakan kuliner khas Hakka, namun penganan ini sangat mudah ditemukan di Singapura. Yong tau fu artinya adalah tahu isi. Pada dasarnya, yong tau fu adalah tahu yang diisi dengan adonan ikan atau babi yang dicincang/dihaluskan. Yong tau fu ini biasanya disajikan bersama kuah kaldu dengan berbagai macam sayuran dan jamur. Yong tau fu ini bisa juga digoreng hingga seperti cakue atau pangsit goreng. Yong tau fu bisa juga disantap kering dengan saus kecap asin. Yong tau fu sangat mudah ditemukan di berbagai mall di Singapura.

 

Xi Xiang Feng Yong Tau Foo

Alamat : #01-23, 724 Ang Mo Kio Ave 6, Singapore

10. Ice Kachang

Ice Kachang

Salah satu kuliner khas Singapore yang tak boleh terlewatkan adalah ice kachang. Ice kachang ini disajikan dalam bentuk semacam ice ball, yaitu es serut yang dipadatkan seperti bola dan dituangi sirup, kemudian diberi tambahan topping jeli, kacang merah, jagung manis, kolang-kaling, dan kadang juga ditambahkan es krim.

Ice kachang ini memang mirip-mirip dengan es shanghai. Tampilannya yang warna-warni dan rasanya yang manis segar sangat menarik hati. Salah satu trik ice kachang yang enak adalah ice kachang yang es-nya diserut begitu halus sehingga langsung meleleh saat Anda menyuapnya. Anda dapat menemukan ice kachang di Chinatown dan berbagai pusat makanan.