Kuliner Khas Tegal

Kuliner Khas Tegal

Kuliner , kuliner indonesia , kuliner asia , kuliner barat , Alasan Kuliner Indonesia Tak Tertandingi , Kuliner Luar Negeri yang Viral di Indonesia , Kuliner Medan Yang Harus Kamu Coba , Kuliner Kota Solo Yang Harus Dicoba , Makanan Khas Afrika Selatan , Wisata Kuliner Halal Thailand , Wisata Kuliner Halal di Penang , Kuliner Lesehan Jakarta , Wisata Kuliner Bogor , Wisata Kuliner Di Surabaya Yang Enak , Kuliner Palembang Yang Harus Anda Coba , Wisata Kuliner Kota Padang , Wisata Kuliner Banjarmasin , Sambal Khas Indonesia , Kuliner Khas Boyolali , Restaurant Unik Di Dunia , Makanan Khas Bolivia , Oleh-Oleh Khas Hawaii Yang Wajib Dibeli , Makanan Halal Di London Yang Wajib Anda Coba , Makanan Khas Maroko Yang Paling Enak , Wisata Kuliner Taiwan , Wisata Kuliner Di Hong Kong , Wisata Kuliner Vietnam , Kuliner Halal Di Kuala Lumpur , Oleh Oleh Khas Amsterdam , Wisata Kuliner di Purwakarta , Kuliner Khas Ternate , Wisata Kuliner Banyuwangi , Wisata Kuliner di Kepulauan Riau , Kuliner Eskrim Di Turki , Wisata Kuliner Timur Tengah Di Surabaya , Kuliner Khas Tegal , Wisata Kuliner Halal Di Prancis , Kuliner Khas Kudus , Kuliner Khas Maluku
Kuliner Khas Tegal

Pernah makan di Warung Tegal? Di tempat makan tersebut tersedia berbagai macam pilihan menu. Rasanya tentu saja enak-enak. Dari yang pedas hingga segar, semuanya bisa kamu cicipi dengan harga yang lumayan murah. Apakah kamu tidak penasaran seperti apa kuliner di tempat asalnya?. Berikut ini kami akan memberikan ada beberapa informasi Kuliner Khas Tegal  :

Kupat Blengong

Kupat blengong adalah perpaduan antara kupat Glabed dengan lauk sate Blengong. Kuliner tradisional dari Kota Bahari yang terdiri dari ketupat berkuah warna kuning kental yang disajikan bersama sate Blengongnya ini sangat populer di Tegal. Dan di antara sekian banyak warung kupat blengong yang ada di Tegal, Kupat Blengong Mas Nanang adalah yang jadi salah satu warung yang sangat populer dan melegenda serta selalu ramai disesaki para pencinta kuliner yang enak dan mengenyangkan ini.

Lokasinya ada di Jalan Sawo Barat, Tegal. Sate dari daging blengong ini adalah dari daging hewan persilangan antara entok dengan bebek, dipadu bumbu oles bercita rasa gurih pedas, sate blengong yang agak kenyal sangat cocok disantap bersama sajian ketupat sayur berkuah kental kaya rempah seperti kupat Glabed. Tapi kalau mau menyantap sate Blengong dengan nasi juga bisa.

Rujak Teplak

Kuliner khas Tegal yang berikutnya adalah rujak Teplak. Rujak teplak ini memiliki rasa sambal yang khas karena terdapat campuran singkongnya. Rujak teplak itu terdiri dari aneka macam sayuran mulai dari kangkung, juga daun singkong, dan pare, serta kol dan juga tauge. Makan rujak teplak semakin nikmat jika disantap dengan kerupuk.

Glotak

Glotak itu memiliki rasa yang lezat, meski sekarang banyak yang tidak tahu mengenai kuliner khas Tegal yang satu ini. Bahan dasar pembuatannya Glotak itu ialah gembus, yakni bahan semacam oncom yang dimasak dengan berbagai macam bumbu. Untuk menambah kelezatannya, maka gembus itu diberi kaldu dari rebusan tulang sapi atau ayam. Sebagian orang juga memberikan irisan cabai ke dalamnya untuk meningkatkan kekayaan rasanya. Makanan dengan bahan utama gembus ini disebut glotak karena pada saat proses pemasakannya menimbulkan suara glotak-glotak, yang timbul dari tulang ayam yang bergesekan dengan panci pada saat diaduk. Glotak rasanya akan semakin sedap jika ditambah dengan beberapa cabai rawit dan kerupuk antor ataupun kerupuk mie goreng.

Sate Kambing Muda Balibul dan Batibul

Sebagian orang berpendapat bahwa kota Tegal juga sangat identik dan terkenal dengan kuliner sate kambing mudanya. Konon, daging kambing erat kaitannya dengan teksturnya yang kenyal, namun sebenarnya tekstur ini sangat bergantung pada usia kambingnya. Semakin muda usianya maka akan semakin empuk teksturnya.

Sebutan Balibul merupakan singkatan dari bawah lima bulan, yang merujuk pada usia kambingnya. Sedangkan Batibul merupakan singkatan dari bawah tiga bulan. Nah, biasanya favorit masyarakat Tegal ialah warung yang menyediakan sate kambing Balibul atau sate kambing Batibul itu karena dagingnya yang masih empuk. Jika ingin mencoba mencicipinya maka bisa ke Warung Sate Sari Mendo yang berlokasi di Jalan Kapten Sudibyo dan juga di Jalan KS. Tubun. Sepanjang kawasan tersebut lebih dikenal dengan daerah Tirus. Selain itu ada juga sate kemronyos di Tegal, yakni sate kambing yang dibakar tanpa bumbu, yang lalu disantap dengan tambahan kecap dan irisan cabai.

Blendung

Kuliner berikutnya khas Tegal itu adalah blendung. Blendung umumnya dijual di pasar tradisional. Makanan blendung ini terbuat dari jagung yang direbus hingga lunak yang lalu diberi sedikit bumbu dan juga parutan kelapa. Rasanya gurih serta ada sedikit ada rasa asinnya. Selain itu, manisnya jagung juga menambah rasa kelezatan dari blendung tersebut. Biasanya jajanan tradisional blendung ini di Tegal disajikan dengan menu lainnya.

Olos

Olos adalah salah satu jenis camilan yang banyak digemari di Tegal. Camilannya berbentuk bulat yang berisi sayuran dan cabai. Olos banyak dijual dalam gerobak-gerobak yang biasanya terdapat di depan sekolah-sekolah. Para pencinta pedas jangan sampai melewatkan camilan khas yang satu ini. Camilan favorit warga Tegal ini wajib dibeli jika mampir ke Tegal. Olos merupakan jajanan berupa gorengan berbentuk bulat khas Tegal yang hanya bisa dijumpai di Tegal. Hidangan ini terbuat dari tepung kanji dan dicampur tepung terigu serta di dalamnya berisi sayuran kol. Menariknya, kini jajanan Olos ini telah banyak diinovasi dengan beraneka ragam isi, yakni seperti isi sosis, juga ayam, atau keju. Yang paling nikmat dari Olos ini adalah rasanya yang pedas yang sangat menggoyang lidah karena selain berisi sayur kol atau isian yang lainnya, maka Olos juga berisi cabai rawit. Camilan Olos ini banyak dijual di daerah Kabupaten Tegal, terutama di daerah Slawi dan juga Adiwerna.

Gemblong Ocar Acir

Nama kuliner ini unik. Gemblong ocar-acir, bahan utamanya adalah dari ketan dengan topping kelapa yang sudah diparut serta gula aren yang sudah dicairkan. Tidak sulit menemukan penjual gemblong ocar-acir, cukup datang saja ke pasar tradisional kota Tegal dan akan sudah bisa ditemui dan menikmati gurihnya serta lezatnya jajanan ini.

Es Lontrong

Minuman legendaris di Tegal ini berisi kacang hijau dan juga cincau, perpaduan yang unik rasanya, lalu juga ditambah dengan gula merah serta santan. Minuman segar khas Tegal ini bisa ditemui dijual di sekitaran jalan Mayjend Sutoyo, Slawi, tepatnya di dekat Telkom.

The Poci Tegal

Teh Poci Tegal atau sering juga disebut teh Slawi, menjadi istimewa jika diseduh dengan air panas dalam poci dari gerabah, aromanya menjadi khas Poci, apalagi jika disajikan dengan gula batu. Hal khas yang membuat rasanya menjadi seperti itu adalah karena ketika teh diseduh air panas, gerabah yang berpori-pori tersebut bereaksi dengan teh dan menimbulkan aroma yang khas. Sebagian lagi orang menyukai teh jika disajikan dalam poci keramik atau porselen. Kegiatan menyeduh teh tersebut disebut moci, kegiatan moci sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Tegal dan sekitarnya.