Kuliner Khas Ternate

Kuliner Khas Ternate

Kuliner , kuliner indonesia , kuliner asia , kuliner barat , Alasan Kuliner Indonesia Tak Tertandingi , Kuliner Luar Negeri yang Viral di Indonesia , Kuliner Medan Yang Harus Kamu Coba , Kuliner Kota Solo Yang Harus Dicoba , Makanan Khas Afrika Selatan , Wisata Kuliner Halal Thailand , Wisata Kuliner Halal di Penang , Kuliner Lesehan Jakarta , Wisata Kuliner Bogor , Wisata Kuliner Di Surabaya Yang Enak , Kuliner Palembang Yang Harus Anda Coba , Wisata Kuliner Kota Padang , Wisata Kuliner Banjarmasin , Sambal Khas Indonesia , Kuliner Khas Boyolali , Restaurant Unik Di Dunia , Makanan Khas Bolivia , Oleh-Oleh Khas Hawaii Yang Wajib Dibeli , Makanan Halal Di London Yang Wajib Anda Coba , Makanan Khas Maroko Yang Paling Enak , Wisata Kuliner Taiwan , Wisata Kuliner Di Hong Kong , Wisata Kuliner Vietnam , Kuliner Halal Di Kuala Lumpur , Oleh Oleh Khas Amsterdam , Wisata Kuliner di Purwakarta , Kuliner Khas Ternate , Wisata Kuliner Banyuwangi , Wisata Kuliner di Kepulauan Riau
Kuliner Khas Ternate

Ternate adalah salah satu pulau yang terletak di sebelah barat pantai Halmahera dan merupakan salah satu dari deretan pulau-pulau vulkanis yang masih aktif Luas wilayah keseluruhannya adalah 5.681,30 Km2. Nah berikut ini kami akan membagikan anda beberapa informasi mengenai Kuliner Khas Ternate yang wajib anda coba :

1. Gohu Ikan

Sebagai salah satu destinasi wisata bahari di Indonesia, kota Ternate memang banyak memiliki destinasi wisata yang tak bisa di anggap remeh. Namun, dari potensi laut dan bahari yang ada di Ternate tidak hanya berupa pantai-pantai yang cantik saja. Salah satu potensi yang banyak ada di Ternate adalah hasil tangkapan ikan lautnya. Jika bicara mengenai makanan seafood, siapa orangnya yang tak suka dengan menu olahannya.

Ada banyak sekali menu olahan seafood yang bisa kita nikmat, mulai dari ikan, kerang, cumi, udang dan masih banyak lagi. Namun, kuliner khas Ternate ini bisa dikatakan cukup unik dan menarik. Gohu ikan khas Ternate adalah sebuah menu makanan yang jika kita lihat sekilas mungkin mirip masakan dari Jepang. Bahan utama dari masakan yang satu ini adalah ikan tuna mentah. Jika kalian berkunjung ke Ternate ada banyak sekali tempat makan yang menyajikan menu masakan yang satu ini.

Meskipun bahan dasar utamanya adalah ikan tuna, tapi tak jarang terkadang diganti dengan ikan cakalang. Gohu ikan sendiri memiliki cita rasa yang cukup unik, karena terdiri dari gabungan cita rasa manis, asam, gurih, dan pedas. Pokoknya jika kalian datang ke ternate maka sashiminya ternate ini harus menjadi salah satu menu masakan yang wajib kalian coba. Menu yang tak boleh kelewat dari daftar kuliner wajib.

 

2. Ikan Komu Asar

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa ikan merupakan salah satu makanan yang sangat penting bagi kawasan indonesia timur. Jika dibandingkan dengan daerah indonesia yang lain, konsumsi ikan memang bisa dikatakan sedikit lebih banyak di kawasan indonesia timur. Selain itu ada banyak sekali ragam jenis olahan ikan yang ada di Indonesia timur.

Salah satu kuliner khas Ternate yang satu ini, bisa dikategorikan sebagai salah satu primadonya. Ikan komu asar merupakan sebauh hasil olahan ikan cakalang. Dalam proses pengolahannya ikan cakalang tersebut akan diasapi dalam kurun waktu tertentu. Selama proses pengasapan tersebut juga akan ditambahkan beberapa bumbu dan rempah-remapah yang memang dibutuhkan untuk dapat membuat cita rasanya menjadi nikmati. Ikan komu asar merupakan salah satu makanan yang wajib dicicipi. Biasanya penduduk setempat akan menikmati menu masakan ini dengan menggunakan sambal Colo-Colo.

3. Sagu Woku Komo-Komo

Indonesia adalah sebuah negara yang cukup luas dengan beragam jenis daerah yang memiliki keunikannya tersendiri. Hal ini juga berlaku terhadap keberagaman jenis makanan pokok yang dikonsumsi oleh daerah tersebut. Jika kita berbicara mengenai daerah Indonesia Timur, maka salah satu makanan pokok yang sangat terkenal adalah sagu.

Ada banyak sekali menu olahan sagu yang bisa kita nikmati di kawasan Indonesia Timur. Salah satu menu khas di daerah Ternate yang berbahan dasar sagu adalah Sagu Woku Komo-komo. Bentuk dari makanan ini mungkin sekilas mirip dengan yang namanya lontong isi, karena bentuknya juga lonjong memanjang. Namun, hal yang membedakan adalah isian atau bahan utamanya. Jika lontong menggunakan beras sebagai bahan utamanya, maka Woku Komo-Komo ini menggunakan sagu sebagai bahan utamnya.

Selain menggunakan sagu, menu makanan ini juga berisi potongan jeroan ikan dan daun woka. Serta adanya sedikit rasa sereh dan jahe.  Menu makanan yang satu ini oleh masyarakat setempat biasanya dijadikan sebagai menu pendamping saat makan. Cita rasa makanan yang satu ini cukup nikmat dan bagi yang suka masakan berbahan dasar ikan maka menu ini wajib dicoba.

4. Kopi Sibu-Sibu

Kini kegiatan minum kopi merupakan sebuah hal yang sangat wajar untuk dilakukan. Banyak sekali jenis-jenis kopi modern dan berasal dari luar negeri yang bisa kita temukan di setiap daerah. Namun, pada dasarnya Indonesia sendiri memiliki beragam jenis olahan kopi yang nikmat dan enak.

Salah satu olahan minuman kopi yang cukup menarik adalah kopi Sibu-Sibu. Kopi yang juga merupakan salah satu kuliner khas ternate ini merupakan sebauh kopi yang unik. Jika selama ini kita hanya melihat kopi biasa saja yang mungkin hanya ditambahi dengan susu. Tapi kopi sibu-sibu ini berbeda dengan yang lain, kopi yang satu ini ditambahi dengan cacahan biji ketapang. Selain itu kopi ini juga ditambahkan dengan bubuk cengkeh.

Aroma dan rasa yang khas akan dapat kalian temukan dalam kopi yang unik ini. Kopi ini sangat tepat untuk dinikmati kapan saja, sembari menikmati suasana yang tenang di senja hari atau di malam hari. Tak ada batasan kapan untuk menikmati menu minuman yang satu ini.

Selain makanan yang disebutkan di atas, masih ada menu makanan yang bisa kita nikmati seperti

  1. Sayur lilin
  2. Pali-pali
  3. Talam Sagu Bakar
  4. Bagea
  5. Makron
  6. Manisan buah pala
  7. Air guraka
  8. Pisang mulu’ bebek
  9. Papeda

Itu tadi beberapa kuliner khas Ternate yang bisa kalian cicipi. Tak lengkap rasanya jika kita berkunjung ke suatu daerah tanpa harus mencicipi kuliner khas daerah tersebut. Jika kalian berada di Ternate, selain menikmati keindahan alamnya kalian juga wajib mencicipi kuliner khasnya. Semoga informasi ini bermanfaat.