Kuliner Lesehan Jakarta

Kuliner Lesehan Jakarta

Kuliner , kuliner indonesia , kuliner asia , kuliner barat , Alasan Kuliner Indonesia Tak Tertandingi , Kuliner Luar Negeri yang Viral di Indonesia , Kuliner Medan Yang Harus Kamu Coba , Kuliner Kota Solo Yang Harus Dicoba , Makanan Khas Afrika Selatan , Wisata Kuliner Halal Thailand , Wisata Kuliner Halal di Penang , Kuliner Lesehan Jakarta
Kuliner Lesehan Jakarta

Daerah Khusus Ibukota Jakarta (DKI Jakarta) adalah ibu kota negara dan kota terbesar di Indonesia. Jakarta merupakan satu-satunya kota di Indonesia yang memiliki status setingkat provinsi. Jakarta terletak di pesisir bagian barat laut Pulau Jawa. Dahulu pernah dikenal dengan beberapa nama di antaranya Sunda Kelapa, Jayakarta, dan Batavia. Di dunia internasional Jakarta juga mempunyai julukan J-Townatau lebih populer lagi The Big Durian karena dianggap kota yang sebanding New York City (Big Apple) di Indonesia. Selain kotanya yang sangat luas dan metropolitan , nah tahukah anda bahwa kota jakrta kaya akan kulinernya , seperti berikut ini kami akan memberikan anda beberapa tempat Kuliner Lesehan Jakarta :

1. Talaga Sampireun

Jika anda menginginkan warung lesehan dengan menu masakan Sunda, Talaga Sampireun jawabannya. Warung makan ini terkenal dengan saung lesehannya. Dan juga Gurame Bakar Cobek nya. Bumbu cobeknya meresap hingga ke daging ikan tentu sangat menggugah selera. Suasana di dalam tempat makan terasa sangat asri. Apalagi terdapat kolam ikan super besar atau danau buatan kecil berisi ikan nila dan ikan emas di tengah-tengah restoran. Anda dapat memberi makan ikan dengan pakan ikan dari pengelola restoran. Cabang Talaga Sampireun lainnya memiliki playground untuk anak-anak.

Satu hal yang patut diacungi jempol dari restoran ini adalah ketepatan waktu. Seusai memesan  Jika anda telah menunggu selama 20 menit dan makanan atau minuman belum datang juga, anda akan mendapat compliment berupa voucher. Telaga Sampireun sangatlah terkenal. Jika anda datang kesana anda harus bersiap-siap mencari parkir mobil di pinggir jalan. Sering kali area parkir yang disediakan restoran tidak cukup menampung kendaraan tamu.

Di Talaga Sampireun tamu dapat memilih tempat makan apakah indoor (di dalam ruangan) atau outdoor (di luar ruangan). Restoran Sunda ini memiliki beberapa cabang di kota Jakarta, diantaranya:

  • Taman Impian Jaya Ancol, Jl. Lapangan Golf 7, Ancol, Jakarta. Telp. (021) 64700400.
  • Boulevard Bintaro Jaya Blok B7/N1, Bintaro Sektor 7, Pondok Aren, Tangerang. Telp. (021) 7453999.
  • Lingkar Luar Barat, Cengkareng, Jakarta. Telp. (021) 58352555.

2. Kira Kira Ginza

Setelah restoran Sunda, kini berlanjut ke restoran Jepang yakni Kira Kira Ginza. Kira Kira Ginza biasa dikenal dengan little Tokyo-nya Jakarta. Di dalam restoran ini tersedia sushi bar, meja dan tatami room atau tempat untuk lesehan. Begitu masuk restoran anda akan langsung merasakan vibe Jepang. Desain interior dibuat layaknya izakaya di Jepang. Tulisan yang ada menggunakan huruf Jepang. TV yang ditayangkan pun TV Jepang. Tapi tenang saja menu makanannya masih menggunakan huruf kapital kok. Untuk menunggu pesanan datang anda juga dapat melipir ke comic corner untuk membaca koleksi komik Kira Kira Ginza. Inilah, tampilan desain dari restaurant ini sebagai berikut:

  • Restoran Jepang yang berlokasi di Kawasan Blok M. Tepatnya di Jl. Melawai 9 No. 30, Melawai ini memiliki menu Okonomiyaki yang patut dicoba. Okonomiyaki khas Kira Kira Ginza memiliki isi pork beef dan sayuran.
  • Sebagai sentuhan akhir, okonomiyaki disiram dengan saus dan mayonais yang cukup menggoda selera. Restoran ini telah menjadi restoran Jepang favorit warga Jakarta sejak tahun 1985.
  • Kebanyakan pengunjung merupakan ekspatriat Jepang yang masih di Indonesia. Hal ini membuktikan rasa masakan Kira Kira Ginza yang masih otentik.

Pada hari senin sampai jumat, Kira Kira Ginza buka pada jam 11.40 siang sampai jam 14.30 dan jam 6 sore sampai 10 malam. Pada hari sabtu buka jam 11.30 siang sampai 12 malam. Pada hari minggu buka pada jam 11.30 siang sampai setengah sepuluh malam.

3. Rumah Makan Saung Alam Sunda

Dari namanya saja, tempat makan lesehan di Jakarta anda tentu langsung mengerti bahwa restoran ini merupakan restoran Sunda. Menu utama restoran ini adalah nasi liwet. Isinya komplit lho mulai dari nasi, ayam goreng, tahu tempe, sambal, sampai ikan asin.

Rumah makan ini berlokasi di Sport Club Kota Wisata, Jl. Transyogi, Cibubur. Suasananya sangat teduh karena banyak pohon serta luas. Fasilitas yang dimiliki rumah makan ini diantaranya:

  • Arisan.
  • Prasmanan.
  • Ulang tahun.
  • Meeting room.
  • Gazebo keluarga.
  • Full AC.
  • Catering.
  • Karaoke.
  • Arena bermain anak.
  • Live music.
  • Lesehan alam terbuka.
  • Delivery.
  • Kapasitas 350 orang.
  • Parkiran sangat luas.

Berikut ini menu favorit pengunjung Rumah Makan Saung Alam Sunda:

  • Gurame terbang.
  • Udang bakar madu.
  • Kepiting saos padang.
  • Tahu isi alam sunda.
  • Nasi bakar merah saus padang.
  • Gurame pindang asam pedas.
  • Gurame bakar kemangi.
  • Cumi goreng saos padang.

4. Gubug Mang Engking

Satu lagi rumah makan Sunda lesehan di Jakarta. Gubug Mang Engking. Begitu anda memasuki rumah makan ini, suasanya Sunda akan langsung terasa. Apalagi dengan gubuk-gubuk lesehan dan kolam ikan yang berisi udang dan ikan tawar.Rumah makan ini cocok dikunjungi bersama rombongan kawan atau keluarga. Pemilik rumah makan menyediakan area bermain untuk anak. Selain itu, disana juga ada mushola.

Menu favorit pengunjung adalah Udang Bakar Madu. Porsinya tergolong besar, daging udangnya empuk dan rasa manis madu pas di lidah. Awalnya, Mang Engking merupakan seorang pembudidaya ikan. Namun karena ramainya pengunjung untuk memancing di kolamnya, ia berinisiatif membuka makanan sederhana untuk memenuhi kebutuhan pemancing. Kini Gubung Makan Mang Engking semakin berkembang. Ia membuka rumah makan di beberapa kota besar seperti Soragan, Yogyakarta; Pandaan, Pasuruan Jawa Timur; Depok Jawa Barat; dan Semarang. Total Gubung Mang Engking adalah 18 cabang di Jawa dan Bali, beberapa diantaranya adalah:

  • The Breeze, Jl. Grand Boulevard BSD, Green Office Park BSD City, Serpong, Tangerang. Telp. (021) 50385385.
  • Danau Salam, Universitas Indonesia, Beji, Depok. Telp. (021) 99569150.
  • Telaga Arwana Cibubur, Jl. Jambore Raya No. 8, Pondok Rangon, Cibubur, Jakarta. Telp. (021) 84311877.

Target tamu rumah makan Mang Engking adalah kalangan menengah atas karena beliau percaya kualitas dari udang hasil budidayanya. Jika anda berkeinginan untuk datang berkunjung, rumah makan ini buka pada jam 10 pagi sampai 10 malam.

5. Bandar Djakarta

Restoran Bandar Jakarta terkenal akan seafood-nya yang maknyus. Seafoodyang digunakan benar-benar segar. Disana, anda dapat memilih seafood langsung hidup-hidup. Baru kemudian pesanan dimasak baik itu dibakar, digoreng atau dimasak dengan saus.

Menu yang paling terkenal adalah Udang Pancet  Jumbo Bakar Keju. Aroma grilled dan juicy-nya daging udang sangat menggoda seleradan kejunya sangat terasa lidah. Bagi anda yang tidak hobi makan seafood, tenang saja. Rumah makan ini juga menyediakan aneka menu mie, daging ayam dan lainnya.  Beberapa alamat cabang Bandar Djakarta adalah:

  • Bay Walk Mall, Lantai Ground, Jl. Pluit Karang Ayu, Pluit, Jakarta. Telp. (021) 66676060.
  • Taman Impian Jaya Ancol, Jl. Lodan Timur, Ancol, Jakarta. Telp. (021) 6455472.
  • Flavor Bliss, Jl. Alam Sutera Boulevard, Serpong Utara, Tangerang. Telp. (021) 53140388.

6. Mujigae

Restoran kali ini merupakan restoran Korea. Mujigae. Siapa yang tidak mengenal Mujigae? Restoran Korea ini tersebar di banyak kota besar seperti Bandung, Tangerang, Jakarta dan Bekasi. Seperti namanya yakni Mujigae yang memiliki arti pelangi, Mujigae berinterior menarik, penuh warna dan eye catching. Musik yang diputar disini juga merupakan musik video dari girl/boy grup Korea Selatan yang sedang naik daun. Satu hal unik yang mungkin tidak akan anda temukan di restoran lainnya adala ipad di tiap meja. Untuk memesan anda tinggal memilih menu di ipad tersebut. Setelah pesanan anda siap, pelayan akan mengantar ke meja anda.

Menu yang disajikan disini dari tempat makan lesehan di Jakarta tentu saja makanan korea. Beberapa menunya adalah bibimbap, ramen dan bulgogi. Selain itu, Mujigae juga memiliki “mini grill”. Jika anda memesan enu BBQ, pelayan akan memberikan grill kecil di meja. Anda dapat memasak sendiri BBQ yang sesuai dengan selera anda. Oh iya, tenang saja Mujigae sudah memperoleh sertifikat halal dari BPOM dan MUI. Mujigae memiliki banyak cabang diantaranya:

  • Mall Kelapa Gading 3, Lantai Ground, Gourmet Walk, Jl. Kelapa Gading Boulevard, Kelapa Gading, Jakarta. Telp. (021) 45848978.
  • Ekalokasari Plaza, Lantai Ground, Jl. Siliwangi No. 123, Bogor Timur, Bogor.
  • Summarecon Mall Bekasi, Lantai Ground, Jl. Ahmad Yani, Bekasi Utara, Bekasi. Telp. (021) 29572493.

Selain restoran-restoran di atas masih banyak restoran lesehan lainnya di Jakarta seperti:

  1. Gubug Udang Situ Cibubur.
  2. Waroeng SS.
  3. Taman Santap Rumah Kayu.
  4. Rindang Alam.
  5. Saoenk Kito.
  6. Lesehan Blok M.
  7. Lesehan Mbok Ndoro.
  8. Angkringan Nasi Kucing Fatmawati.
  9. Lesehan Gurame Rawangmangun.
  10. Lesehan Omah Pincuk.
  11. Lesehan Jawa Timur.
  12. Rumah Makan Lesehan.
  13. Lesehan Gurame Pemuda.
  14. Pondok Lesehan Saung Barokah.
  15. Mekar Lesehan.
  16. Nasi Bebek Gingo.
  17. Asinan Betawi H. Mansyur Kamboja.
  18. Warung Lesehan Merta Sari.
  19. Pondok Kemangi.
  20. Hadramout Restuarant.
  21. Pondok Kemangi Serpong.
  22. Restoran Ayam Panggang Situ Gintung.
  23. Gurih 7.
  24. Larazeta Restaurant And Gallery.
  25. Al Tahrir.
  26. Sari Idaman Restoran.
  27. Kampoeng Makan Joglo 21.
  28. Pia Apple Pie.
  29. Kin No Taki.
  30. Saung Layaran.
  31. Bale Lombok.
  32. The Grill.
  33. Restoran Waroeng Sunda.
  34. Radja Gurame.
  35. Toko Kitchen.
  36. Zam Zam.
  37. Dapur Sunda.
  38. Bebek Kaleyo Cabang 6.
  39. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih.
  40. Riung Tenda.
  41. Ajwad-Original Arabian Cuisine.
  42. Raja Rasa Ampera.
  43. Ikan Bakar Karimata.
  44. Abu Nawas.