Kuliner Lezat Kota Palu

Kuliner Lezat Kota Palu

Image result for palu

Para wisatawan yang berkunjung ke Kota Palu, selain ingin menikmati keindahan tempat wisata Palu juga pastinya ingin berburu makanan kuliner khas Palu yang menggoda selera. Mungkin banyak dari kita yang belum mengenal sajian kuliner apa saja yang berasal dari Palu. Nah, kali ini kami akan memberikan ulasan mengenai Kuliner Lezat Kota Palu  :

Kaledo

Kaledo atau sup kaki sapi adalah kudapan khas Palu yang nggak boleh kamu lewatkan. Tulang kaki sapi bikin kuah kaldunya makin gurih dan kental. Belum lagi campuran rempah yang membuat cita rasanya makin lezat.

Kapurung

Sekilas mirip bubur tinutuan khas Manado, kapurung adalah bubur sagu yang dimasak bersama sayuran, jagung dan udang rebus. Uniknya lagi, beberapa kedai dan resto masih menyajikan kapurung versi asli yang dilengkapi potongan mangga.

Palumara

Kalau sedang berada di Palu, wajib banget mencoba lezatnya palumara. Sup ikan dengan kuah segar bercita rasa asam dan pedas. Palumara biasanya disajikan bersama nasi jagung yang gurih. Wah, kuliner unik yang menggugah selera nih!

Uta Kelo

Kalau biasanya daun kelor dijadikan jamu atau ramuan obat tradisional, lain cerita di kota Palu. Di sini daun kelor justru diolah menjadi sayur berkuah santan.

Uta kelo biasanya disantap bersama lauk ikan goreng, nasi hangat dan sambal. Pilihan menu yang mantap buat makan siang kan?

Duo Sale

Salah satu pesona kuliner Indonesia yang terkenal sampai ke mancanegara adalah sambal. Palu juga punya nih sambal khas bernama duo sale. Bahan bakunya sederhana yaitu cabai, bawang merah, tomat dan teri yang sudah dikeringkan.

Bedanya dengan sambal teri Medan, duo sale khas Palu lebih mengedepankan rasa segar dari tomat.

Lalampa

Dari tadi membahas makanan berat, Palu juga punya camilan gurih yang enak banget lho. Lalampa memang mirip dengan lemper, dibuat dari beras ketan dengan isian daging cincang.

Bedanya, lemper berisi daging ayam cincang dan dimasak dengan cara dikukus. Sementara lalampa menggunakan suwiran ikan cakalang sebagai isian dan dimasak dengan cara dibakar.