Kuliner Pagi Di Yogyakarta

Kuliner Pagi Di Yogyakarta

Kuliner , kuliner indonesia , kuliner asia , kuliner barat , Alasan Kuliner Indonesia Tak Tertandingi , Kuliner Luar Negeri yang Viral di Indonesia , Kuliner Medan Yang Harus Kamu Coba , Kuliner Kota Solo Yang Harus Dicoba , Makanan Khas Afrika Selatan , Wisata Kuliner Halal Thailand , Wisata Kuliner Halal di Penang , Kuliner Lesehan Jakarta , Wisata Kuliner Bogor , Wisata Kuliner Di Surabaya Yang Enak , Kuliner Palembang Yang Harus Anda Coba , Wisata Kuliner Kota Padang , Wisata Kuliner Banjarmasin , Sambal Khas Indonesia , Kuliner Khas Boyolali , Restaurant Unik Di Dunia , Makanan Khas Bolivia , Oleh-Oleh Khas Hawaii Yang Wajib Dibeli , Makanan Halal Di London Yang Wajib Anda Coba , Makanan Khas Maroko Yang Paling Enak , Wisata Kuliner Taiwan , Wisata Kuliner Di Hong Kong , Wisata Kuliner Vietnam , Kuliner Halal Di Kuala Lumpur , Oleh Oleh Khas Amsterdam , Wisata Kuliner di Purwakarta , Kuliner Khas Ternate , Wisata Kuliner Banyuwangi , Wisata Kuliner di Kepulauan Riau , Kuliner Murah Meriah Di Medan , Wisata Kuliner Kota Batu , Kuliner Di Pulau Bintan , Kuliner Pulau Derawan , Kuliner Khas Gorontalo , Kuliner Khas Semarang , Restoran Enak Di Semarang , Kuliner Pasar Santa , Tempat Makan Lesehan Di Jakarta , Tempat Sate Legendaris Di Malang , Kuliner Pagi Di Yogyakarta
Kuliner Pagi Di Yogyakarta

Kota Yogyakarta adalah ibu kota dan pusat pemerintahan Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Kota Yogyakarta adalah kediaman bagi Sultan Hamengkubuwana dan Adipati Paku Alam. Kota Yogyakarta merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia dan kota terbesar kempat di wilayah Pulau Jawa bagian selatan setelah Bandung, Malang, dan Surakarta menurut jumlah penduduk.

Salah satu kecamatan di Yogyakarta, yaitu Kotagede pernah menjadi pusat Kesultanan Mataram antara kurun tahun 1575–1640. Keraton (Istana) yang masih berfungsi dalam arti yang sesungguhnya adalah Keraton Ngayogyakarta dan Puro Paku Alaman, yang merupakan pecahan dari Kesultanan Mataram. Berikut ini kami akan memberikan anda beberapa Kuliner Pagi Di Yogyakarta :

1. Gudeg Yu Djum Wijilan 167

Gudeg emang bisa dibeli di manapun di Yogyakarta, tapi cobalah gudeg yang terbukti sanggup bertahan jauuuh sebelum negeri ini merdeka. Yak, Gudeg Yu Djum Wijilan 167.

Rasa gurih dan manis nangka muda, ditambah dengan telur, tempe, krecek, dan daging ayam… jelas ini sarapan yang gak bakal Dolaners dapetin di kota-kota lain. Setuju?

Alamat: Jl. Wijilan No. 167, Kelurahan Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta
Jam Buka: 06.00 – 22.00 WIB

Alamat: Jl. Dagen Malioboro No. 2C, Kelurahan Sosromenduran, Kecamatan Gedong Tengen, Kota Yogyakarta
Jam Buka: 07.00 – 22.00 WIB

Alamat: Jl. Laksda Adi Sucipto KM 8.7, Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman
Jam Buka: 07.00 – 22.00 WIB

Gudeg Yu Djum Pusat
Alamat: Karangasem mBarek CT III/22 Jl. Kaliurang km. 4,5, Desa Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman
Jam Buka: 05.00 – 19.00 WIB

Kisaran Harga: Rp 9.000 – Rp 155.000,-

 

2. Brongkos Alkid Handayani

Udah kenal nasi rawon, kan? Nah, brongkos Yogyakarta punya tampilan mirip sama rawon, tapi kuah brongkos lebih kental karena menggunakan santan.

Brongkos Alkid Handayani punya potongan koyor atau tetelan sapi dalam potongan besar-besar, jadi Dolaners bisa menikmati daging sapi yang masih nempel di tetelannya. Selain brongkos koyor, Dolaners bisa pilih sarapan pakai brongkos telur bebek. Sama-sama enak!

Alamat: Jl. Gading No. 2, Kelurahan Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta
Jam Buka: 07.00 – 19.00 WIB
Harga: Rp 22.000,-

 

3. Mangut Lele Bu Is

Suka lele? Pilihan Mangut Lele Bu Is bisa jadi menu sarapan yang maknyus. Tak hanya mangut lele, Dolaners juga bisa pilih sarapan dengan lele goreng.

Jangan kaget kalau pesanan Dolaners tiba, ya. Memang mangut lelenya dihidangkan komplit hingga meja penuh. Enggak banget deh, kalau sarapan mangut lele sendirian di sini.

Alamat: Jl. Imogiri Barat No.12, Desa Sumberagung, Kecamatan Jetis, Kabupaten Bantul
Jam Buka: 08.00 – 20.00 WIB
Harga: Rp 18.000,-

4. Soto Bathok Mbah Katro

Tahu gak, Dolaners. Bathok atau tempurung kelapa nih udah mendunia, loh. Perkakas makan ini kesannya eksotis gimaaa, gitu. Apalagi kalau diisi sama sotonya Mbah Katro. Wuihh!

Soto Bathok Mbah Katro berisi potongan daging sapi, seledri, kecambah, dengan citarasa gurih, manis, dan segar yang khas. Menu per porsinya sedikit, pas buat sarapan. Ups, jangan ketinggalan nambah sate usus, sate telur puyuh, atau tempe garitnya, ya!

Alamat: Jl. Candi Sambisari No. 6, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman
Jam Buka: 06.00 – 16.00 WIB
Harga: Rp 5.000,-

 

5. Soto Pak Marto

Pilihan sarapan soto lagi nih, Dolaners. Soto Pak Marto, sama-sama soto daging sapi dengan kuah kaldu bening yang gurih. Seporsi sotonya lengkap dengan isian kecambah, kol, tomat, dan daun bawang.

Porsi soto yang sedang dan kuah kaldu yang ringan terasa pas buat sarapan pagi-pagi di Yogyakarta. Dolaners bisa nambah aneka gorengan jeroan bila suka rasa soto yang lebih berat.

Alamat: Jl. Mayor Jenderal S. Parman, No. 44, Kelurahan Notoprajan, Kecamatan Ngampilan, Kota Yogyakarta
Jam Buka: 05.30 – 17.00 WIB
Harga: Rp 12.000,-

 

6. Lontong Sayur Uda Uni

Gak sulit kok, nyari makanan Minang di Yogyakarta. Misalnya saja, Lontong Sayur Uda Uni yang berisi lontong, mie, dan telur dengan siraman kuah dan taburan kerupuk bawang di atasnya.

Rasa gurih pedas mendominasi lontong sayur khas Sumatera ini, dan masih ada soto Padang yang bisa dicoba buat sarapan. Kalau mau rasa yang lebih Jawa, Dolaners bisa coba lontong pecelnya. Perpaduan gurih pedas dan manis yang sulit dicari tandingannya!

Alamat: Stadion Mandala Krida, Kelurahan Semaki, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta
Jam Buka: 06.00 – 12.00 WIB
Harga: Rp 7.000,-

7. Mie Ayam Goreng Mekaton, Seyegan

Susah bangun pagi? Gak biasa sarapan? Langsung brunch aja yuk, ke Mie Ayam Goreng Mekaton Seyegan. Yup, ini mie ayam, tapi tanpa kuah, alias goreng.

Mie-nya gede dengan tekstur kenyal, berpadu pas dengan sayuran sawi dan potongan daging ayam. Ada rasa gurih, manis, asin dan acar timun yang seger. Taburan bawang gorengnya juga melimpah. Hmm… langsung melek deh, kalau brunch-nya seperti ini.

Alamat: Jl. Kebon Agung, Desa Margokaton, Kecamatan Seyegan, Kabupaten Sleman
Jam Buka: 10.00 – 16.00 WIB
Harga: Rp 10.000,-

 

8. Lotek Teteg

Lotek Teteg ini pilihan top markotop buat Dolaners yang gak bisa hidup tanpa sarapan maksimal. Porsi lotek ini jumbo!

Seporsi loteknya berisi sayur bayam, kubis, kacang panjang, potongan ketupat, tahu, dan bakwan. Kerupuk bawangnya melimpah, menambah rasa gurih yang berpadu pas dengan kuah bumbu kacang yang manis.

Alamat: Jl. Argolubang No. 184, Kelurahan Baciro, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta
Jam Buka: 08.00 – 17.00 WIB
Harga: Rp 16.000,-

9. Warung Makan Khas Bali Putra

Udah bosan sama makanan Jawa Tengahan? Coba masakan Bali aja, deh. Ada di Yogyakarta? Yup! Mari ke Warung Makan Khas Bali Putra.

Menu andalan yang cocok buat sarapan di warung ini adalah nasi jinggo, seporsi nasi dengan lauk ayam suwir pedas, oseng kacang, kering tempe, serundeng, mie, dan sambal. Lengkapi dengan sate lilit ikan tuna. Gurih dan pedasnya nasi jinggo ini maknyuss! Ada sedikit rasa manis yang samar, bikin nagih deh, pokoknya.

Alamat: Jl. Namburan Kidul, Kelurahan Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta
Jam Buka: 06.00 – 20.00 WIB
Harga Nasi Jinggo: Rp 8.000,-

10. Yammie Pathuk

Brunch dengan mie lagi? Yammie Pathuk bisa jadi pilihan. Dolaners bisa pesan porsi biasa, atau porsi jumbo kalau memang lapar banget pagi-pagi.

Seporsi yammie berisi mie kenyal dengan potongan daging ayam gurih, dan Dolaners bisa pilih mau tambah isi bakso atau pangsit basah atau pangsit goreng. Lengkap buat sarapan, ya!

Alamat: Jl. Kemetiran Kidul No.63, Kelurahan Pringgokusuman, Kecamatan Gedong Tengen, Kota Yogyakarta
Jam Buka: 09.00 – 21.00 WIB
Harga Yammie Pathuk Jumbo Bakso: Rp 17.000,-

 

11. Warung Kopi Klotok

Kangen suasana rumah eyang? Yuk, sarapan ke Warung Kopi Klotok, sebuah rumah pedesaan di tengah sawah dengan view Merapi yang tampak di kejauhan. Konsep open kitchen-nya juga bikin suasana terasa lebih homey.

Menu sarapan andalan di warung ini ya sesuai namanya, kopi klotok. Kopi ini lebih pahit dari kopi biasa, tapi ditemani dengan pisang goreng anget yang manis. Gak sarapan kopi? Tenang, Dolaners bisa sarapan nasi megono yang dicampur dengan parutan kelapa, teri, nangka muda, trus pilih sendiri deh sayurnya. Oh, jangan lupa telur crispy-nya yang kriuk.

Alamat: Jl. Kaliurang KM.16, Desa Pakembinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman
Jam Buka: 07.00 – 22.00 WIB
Kisaran Harga Menu: Rp 500 – Rp 11.500

Dengan sarapan yang pas sesuai selera, pagi di Yogyakarta akan menjadi awal hari yang menyenangkan. Apalagi bersama orang-orang tersayang menghabiskan liburan, sarapan yang berbeda tentu jadi luar biasa.