Kuliner Permen Tradisional Korea

Kuliner Permen Tradisional Korea

Gelombang hallyu membuat para pencintanya ingin mengeksplorasi berbagai macam hal tentang korea selatan. Mulai dari music, wisata hingga kuliner. Beragam makanan korea menjadi populer dan banyak digemari. Buat kamu yang yang mengemari makanan manis dari negeri idola k-pop pastinya menyukai permen. Negara idola k-pop ini mempunyai permen lucu dengan bentuk unik. Selain untuk dimakan sendiri, permen-permen ini juga bisa dijadikan sebagai buah tangan atau hadiah untuk orang-orang terdekat. Nah berikut adalah Kuliner Permen Tradisional Korea :

1. Kkul-tarae

5 Permen Tradisional Korea Ini Perlu Kamu Cicipi Kalau ke Sana

Kul-tarae merupakan variasi dari dragon’s beard candy yang terkenal di Cina. Saat membeli permen Kul-tarae, kamu akan disuguhkan dengan atraksi penjual dalam membuat permen ini. Diawali dengan menunjukkan gula beku lalu melubangi gula itu dan menariknya berkali-kali. Kamu akan melihat bongkahan gula beku yang berubah jadi helaian-helaian halus seperti kapas. Permen kapas ini kemudian diisi dengan kacang.

2. Yeot

5 Permen Tradisional Korea Ini Perlu Kamu Cicipi Kalau ke Sana

Sebenarnya Yeot adalah penganan tradisional Korea yang dibuat dengan memfermentasi biji-bijian yang mengandung pati ke dalam malt yang direbus dalam waktu yang lama. Yeot memiliki rasa yang sangat manis dan dapat dibuat dalam berbagai bentuk, mulai dari cairan seperti sirup hingga bentuk padat seperti permen.

Orang Korea sendiri percaya kalau makan yeot sebelum ujian akan membawa hasil tes yang baik. Makanya mereka biasa menawarkan yeot kepada peserta ujian sebagai hadiah keberuntungan sebelum melaksanakan ujian.

3. Kang Jung

5 Permen Tradisional Korea Ini Perlu Kamu Cicipi Kalau ke Sana

Kang Jung merupakan permen wijen khas Korea. Permen ini dibuat dengan campuran gula merah, air, dan madu dengan api kecil. Setelah campuran ini mengental wijen pun diaduk ke dalamnya. Adonan ini kemudian dipipihkan lalu  dipotong dan didinginkan. Kang Jung ini memiliki cita rasa manis yang dipadukan dengan rasa dan aroma khas dari wijen.

4. Kkae-ttangkong gangjeong

5 Permen Tradisional Korea Ini Perlu Kamu Cicipi Kalau ke Sana

Kkae-ttangkong gangjeong memiliki bahan yang hampir sama dengan Kang Jung, hanya saja Kkae-ttangkong gangjeong juga menambahkan kacang yang telah dipanggang ke dalamnya. Kadang beberapa orang bereksperimen dengan menambahkan buah kering seperti stroberi dan raspberry.  Tentu saja ini membuat tampilan Kkae-ttangkong gangjeong jadi lebih menarik.

5. Ppopgi

5 Permen Tradisional Korea Ini Perlu Kamu Cicipi Kalau ke Sana

Sama seperti Kkul-tarae, Penjual akan memperlihatkan langsung bagaimana proses pembuatan Ppopgi di hadapan pembeli. Proses pembuatan dan bahan yang digunakan pun cukup sederhana. gula dimasak hingga mengental dan berwarna coklat setelah itu soda kue pun ditambahkan. Penambahan soda kue ini akan membuat tekstureya jadi lebih ringan dan rapuh.

Ppopgi yang masih mencair dituang di atas bidang yang datar lalu dipipihkan. Cookies cutter ditekan di atasnya sebelum permen ini mengeras. Hal ini akan membentuk sebuah pola tersendiri di atas permen. Selain dikenal dengan nama ppopgi permen ini juga dikenal dengan nama dalgona.