Kuliner Unik Laos

Kuliner Unik Laos

Orang Laos awalnya merupakan pendatang dari Tiongkok Selatan, yang terdiri dari banyak kelompok etnis yang berbeda, dengan bahasa dan budaya berbeda pula. Ketika mereka pindah, mereka membawa tradisinya masing-masing.  Hal ini membuat ragam kulinernya sangat kaya dan sayang untuk dilewatkan begitu saja. Di Laos, kamu bisa merasakan sensasi kuliner lokal dengan pencampuran berbagai budaya, dari Eropa hingga Asia Timur. Nah berikut ini kami akan memberikan anda beberapa Kuliner Unik Laos yang wajib anda coba . Jangan sampai kelewatan ya !!!

1. Larb

7 Kuliner Unik Laos yang Banyak Rempah dan Sayurnya, Bikin Sehat!

Larb adalah sejenis salad daging cincang. Daging yang digunakan bisa ayam, sapi, dan domba. Daging cincang akan dibumbui dengan kecap ikan, air jeruk nipis, jus ikan yang difermentasi (bumbu khas Laos), beras tumbuk dan rempah-rempah (bawang merah, bawang bombay, lada), kemudian ditumis dan ditambahkan irisan cabe. Larb biasa disajikan bersama dengan ketan dan sayuran segar.

2. Mok Pa

7 Kuliner Unik Laos yang Banyak Rempah dan Sayurnya, Bikin Sehat!

Cara memasak masakan yang satu ini mirip dengan pepes ikan di Indonesia, tapi berbeda bumbu. Untuk membuat Mok Pa dibutuhkan sereh, daun bawang, kecap ikan, terasi, cabe hijau/merah dan daun dill. Ikan yang telah dibumbui akan dibungkus dengan daun pisang, kemudian dikukus sampai matang. Mok Pa juga akan dihidangkan bersama ketan.

3. Khao Piak Sen

7 Kuliner Unik Laos yang Banyak Rempah dan Sayurnya, Bikin Sehat!

Khao Piak Sen mirip dengan Pho di Vietnam. Seporsi Khao Piak Sen terdiri dari mie beras, aneka seafood, kaldu sapi/ayam, bumbu rempah (bawang putih, lada dan sereh), air jeruk nipis, sayuran segar (daun ketumbar, kacang panjang, taoge, daun kemangi) dan cabe. Kamu juga bisa menambahkan jantung atau hati ayam dalam Khao Piak Sen lho!

4. Tam Mak Hoong

7 Kuliner Unik Laos yang Banyak Rempah dan Sayurnya, Bikin Sehat!

Hidangan segar yang satu ini mirip dengan salad pepaya di Thailand. Salad ini dibuat dari irisan pepaya muda, tomat, kacang tanah dan kacang panjang yang dibumbui dengan gula aren, jeruk nipis, saus ikan, cabe dan jus ikan yang difermentasi. Ciri khas rasa dari Tam Mak Hoong adalah manis, asam dan asin, mirip dengan asinan sayur Betawi di Indonesia.

5. Nam Khao Tod

7 Kuliner Unik Laos yang Banyak Rempah dan Sayurnya, Bikin Sehat!

Sayuran segar masih digunakan dalam masakan yang satu ini. Nam Khao Tod adalah salad yang berisi nasi goreng, kacang tanah, parutan kelapa dan potongan sosis babi yang diberi bumbu saus ikan, air jeruk nipis, irisan cabe kering dan bumbu rempah lainnya. Nam Khao Tod akan dilengkapi dengan selada, daun ketumbar, daun mint dan daun bawang. Lengkap deh sayurannya!

Cara makannya, ambil selembar daun selada, taruh campuran nasi di atasnya, lipat, dan masukkan ke mulut. Seru kan! Salad unik ini biasa dijadikan makanan pembuka oleh penduduk Laos.

6. Ping Gai

7 Kuliner Unik Laos yang Banyak Rempah dan Sayurnya, Bikin Sehat!

Ayam panggang ini cukup populer di masyarakat Laos. Proses memasaknya juga mudah. Ayam dibelah dan direndam dalam bumbu (saus ikan, lada, bawang putih, bawang merah, kunyit, sereh, lengkuas, daun ketumbar, cabe, jahe, kecap manis, gula aren dan cuka) selama beberapa waktu, kemudian dipanggang sampai matang. Ping Gai biasanya disajikan bersama ketan dan Tam Mak Hoong (salad pepaya). Mantap banget perpaduan rasa dari ketiga masakan itu!

7. Khao Jee

7 Kuliner Unik Laos yang Banyak Rempah dan Sayurnya, Bikin Sehat!

Vietnam punya Banh Mi, Laos punya Khao Jee. Khao Jee adalah sandwich ala Laos yang terdiri dari roti Perancis, irisan tomat, keju, irisan ham dan daging babi, wortel, selada dan disiram dengan saus bawang putih dan cabe. Rotinya terbuat dari tepung beras, jadi bebas gluten lho! Cukup sehat kan!

Tidak sulit untuk menemukan Khao Jee karena hampir semua pedagang kaki lima di jalan-jalan menjual sandwich unik ini. Begitu pula restoran yang menyediakan makanan khas Laos. Biasanya, Khao Jee akan dipotong menjadi dua sebelum disajikan dan sangat cocok dinikmati bersama dengan kopi pahit. Pasti mantap rasanya!

Karena Laos termasuk salah satu negara di Asia Tenggara, rasa makanannya pun tak jauh beda dengan Indonesia.