Makanan Khas Hungaria

Makanan Khas Hungaria

Hungaria yang beribukota di Budapest ini adalah salah satu negara tertua di Eropa dan bercirikan gedung-gedungnya yang berdesain antik. Budapest berasal dari kata ‘Buda’ dan ‘Pest’. Keduanya merupakan dua daerah yang dipisahkan oleh salah satu sungai terbesar di Eropa, yaitu sungai Donau.

Selain itu, negara dengan masyarakat berpenutur bahasa Magyar ini tak hanya menawarkan keindahan panorama alam ataupun arstitektur bangunannya yang mempesona. Kuliner klasiknya pun layak sekali untuk dicoba.

Nah, selain menikmati keindahan kota, kamu juga bisa banget menyantap sajian khas dari negara yang juga populer dengan toko-toko buku bekasnya atau lazim disebut sebagai ‘Antikuarium’ tersebut. Berikut ini adalah Makanan Khas Hungaria :

1. Goulash

Makanan khas Hungaria

Goulash (artinya gembala) atau gulai biasanya berkuah kental dengan bahan dasar daging tetapi di Hungaria goulash adalah sajian berbahan dasar daging sapi sayuran yang dimasak sup encer. Rasa kuah rempahnya mirip dengan sup sumatra yang kuat pedasnya (merica). Goulash sangat cocok untuk Anda nikmati saat musim dingin sebagai makanan pembuka. Ciri khas Negara Hungaria adalah terkenalnya masakan dari sup entah sup daging atau sup sayuran. Olahan sup gaolash yang terkenal nikmat antara lain Spaetzle Beef Goulash, Beef Goulash. Mulanya masakan ini diolah pertama kali dari seorang penggembala kemudian ditiru oleh masyarakat Hungaria. Untuk pemeluk Agama Islam di Hungaria tetap bisa menikmati masakan halal karena ada sebuah daerah komunitas di sebelah utara Budhapest.

2. Hortobagyi Palacsinta

Makanan khas Hungaria

Langos adalah sebuah cemilan yang berbahan dasar tepung yang dibentuk seperti kulit lumpia dan diisi dengan sayatan daging ayam atau daging sapi dan tak lupa topping dari sup kental. Rasanya sangat nikmat sekali ada gurih asin dan manis. Jika di Indonesia bisa dikatakan mirip dengan lumpia basah namun tidak digoreng dan rasanya manis. Sedangkan Hortobagyi Palacsinta dipanggang di atas teflon hingga kaku berwarna kecoklatan.

3. Langos

Makanan khas Hungaria

Langos adalah sajian roti pipih yang ditaburi topping keju, krim asam, kacang, coklat. Proses pembuatan langos ini menggunakan metode panggang menggunakan tungku dan masih tradisional sekali sehingga tidak mengandung minyak goreng berlebihan. Jika Anda sedang mujur, Langos dapat ditemui di sepanjang jalanan karena cemilan ini menjamur saat ada event seperti karnaval atau pesta masyarakat. Langos sendiri memiliki nama lain yakni Lalanga, ukuran Lalanga sendiri hanya sebesar piring berdiameter 20 cm, kombinasi rasa gurih bercampur manis lebih enak disantap ketika masih panas. Setelah Anda mencoba berjalan sambil menikmati Langos di sekitar kota Hungaria cobalah berendam air panas di Kota Budhapest. Di kota ini ada pemandian air panas yang alami yang airnya akan naik 70 liter setiap hari.

4. Fozelek

Makanan khas Hungaria

Mencicipi Makanan Khas Hungaria lainnya yaitu fozelek yaitu rebusan sayuran yang baik untuk diet. Secara khusus menu ini mirip dengan Urap Ala Indonesia atau Salad Ala Amerika. Isian sayur bisa kacang hijau, kacang polong, lentil, sumsum, kubis atau semacamnya. Fozelek bisa didampingi dengan minuman anggur merah lokal yang nikmat. Proses pembuatan menu Fozelek ini tidak menggunakan bumbu rempah hanya sedikit minyak, mayonaise. Untuk menu tradisional ini akan Anda temui selama semua musim tetapi paling enak dimakan saat siang hari.

5. Kubis Isi

Makanan khas Hungaria

Saat Anda mengunjungi cagar alam di Taman Nasional Hartobagy yang berisi populasi hewan liar tak lupa membawa bekal kubis isi. Kubis isi ini adalah daging lembut berbalut kubis yang ditambah dengan sayuran lain seperti paprika, selada air, tomat, timun. Kemudian diberi saos tomat pedas (sesuai selera) ditambah nasi pulen. Sangat kental dengan nuansa membawa bekal ala anak sekolah. Di Taman Nasional Hartobagy Anda bisa menyentuh beberapa hewan langsung (terutama jinak) melalui mobil yang telah diberi pengaman. Tak terbatas itu saja, Anda juga bisa melihat langsung riwayat rantai makanan saat singa menelan kambing atau hewan lainnya.

6. Pasta Biji Poppy Manis

Makanan khas Hungaria

Menu Pasta Biji Poppy Manis bisa dikatakan minuman bisa juga makanan karena dibuat dari biji poppy yang digiling kemudian diolah dengan kuah kental. Lebih tepatnya mirip dengan kuah santan kental pada opor ayam tetapi warna menu ini merah marun. Dahulunya Pasta Biji Poppy hanya ditemukan saat perayaan Kebudayaan Sziget atau Perayaan Musim Semi Budapest. Perayaan Sziget adalah perayaan musikal daerah asli dari Hungaria yang dirayakan pada Bulan Agustus di Kota Budhapest dan sekitarnya. Sedangkan, perayaan Musim Semi Budapest mengeluarkan semua musisi Hungaria dan berkumpul jadi satu yang diadakan pada Bulan Maret.

7. Paprikash

Makanan khas Hungaria

Paprikash merupakan menu bahan paprika daging ayam, ikan atau jamur. Cara memasaknya juga mirip dengan osengan santan Rendang Ala Indonesia namun tidak lama saat memasaknya. Paprikash mengutamakan rempah bawang dan merica sehingga rasa pedas hangat di tubuh akan Anda rasakan jika memakan menu ini sampai habis. Menu Paprikash akan satu paket dengan minuman khas Hungaria yaitu palinka. Palinka adalah minuman beralkohol dengan ekstrak buah anggur yang memiliki banyak pilihan rasa seperti ceri, aprikot dan plum. Bir terkenal Hungaria lainnya seperti Borsodi, Soproni, Arany Aszok, Kobanyai dan Dreher. Jika teman Anda ingin melihat pembuatan bir Hungaria yang nikmat coba berkunjung ke kota Balaton fured-Csopak, Balatonboglar, Badascony, dan Balton-felvide

8. Somloi Galuska

Makanan khas Hungaria

Bagi Anda yang menyukai menu kue bisa mencicipi Somloi Galuska yang dijual murah dan banyak di pinggir jalan. Kue bolu ini dilapisi oleh krim keju, kismis, saus coklat dan walnut yang porsinya cuma sepiring kecil. Di Hungaria ada sekitar 1000 tempat spa yang bisa Anda pilih untuk merilekskan pikiran, tak lupa cafe 24 jam yang juga menyediakan menu Kue Somloi Galuska. Ada banyak menu kue Hungaria lain yang tidak kalah nikmat seperti Kue Dobos Torta (kue dengan krim keju, coklat karamel, biji poppy) , Kue Pancake Flambeed dengan isian cokelat dan berbagai kacang-kacangan yang menggigit rasa lidah Anda.

9. Kremes

Makanan khas Hungaria

Kremes adalah menu makanan penutup pesta yang terbuat dari puding berasa vanilla yang dilapisi lembaran kue kering bagian atas, sepihan keju dan lapisan mentega di bagian sisi sampingnya. Menu ini bisa Anda nikmati sambil melakukan perjalanan ke tempat ibadah bernama Sinagog di Kota Budhapest. Sinagog Budhapest yang terkenal adalah Sinagog Dohany Street, tempat ibadah yang dibangun pada tahun 1854 ini mampu menampung 3000 orang jamaah yang ingin beribadah. Gaya bangunan Sinagog ini menggunakan gaya Neo-Moorish sehingga sangat kuat sekali arsitektur ke-Eropanya. Interior indah di dalamnya yang penuh lampu hiasan dan lukisan bersejarah.