Makanan Khas Jepara

Makanan Khas Jepara

Kabupaten yang terkenal dengan seni rupa ukirannya ini ternyata memiliki banyak makanan khas. Jika anda sedang datang ke sini, jangan lupa untuk mencoba salah satunya. Apa sajakah itu? Ini dia Makanan Khas Jepara yang wajib anda coba .

1. Gudeg Suyek

5 Makanan Khas Jepara Ini Nikmatnya Kebangetan!

Makanan gudeg memang selalu identik dengan kota Yogyakarta. Namun, ternyata gudeg tidak hanya ada di Yogyakarta saja karena di kota Jepara pun terdapat kuliner gudeg yang dinamakan gudeg suyek.

Gudeg suyek memiliki rasa yang lebih asin dan gurih dari gudeg yang biasa kamu temui di Yogyakarta. Gudeg suyek dapat dengan mudah kamu temukan di kawasan Pasar Baru, Jepara.

2. Kuluban

5 Makanan Khas Jepara Ini Nikmatnya Kebangetan!

Kuluban atau yang juga dikenal ssebagai saladnya orang Jepara ini berisi berbagai macam sayuran seperti petai, nangka muda, kangkung, daun singkong, daun kacang panjang dan tauge yang dicampur dengan parutan kelapa dan bumbu. Di daerah lain kuluban dikenal dengan nama urap. Kuluban banyak dijual di berbagai pasar tradisional di kota Jepara.

3. Lontong Krubyuk

5 Makanan Khas Jepara Ini Nikmatnya Kebangetan!

Jika kamu ingin menyantap makanan khas Jepara yang enak dan segar, pilihlah lontong krubyuk. Selain lontong, kuliner yang satu ini juga berisi suwiran daging ayam, tauge, daun seledri dan bawang goreng yang disiram kuah bakso. Para penjual lontong krubyuk banyak ditemui di pasar tradisional.

4. Opor Panggang

5 Makanan Khas Jepara Ini Nikmatnya Kebangetan!

Opor panggang merupakan makanan khas Jepara terbuat dari ayam kampung yang diberi tambahan daun saka, bawang goreng, daun serai, daun jeruk, bawang goreng dan santan. Kemudian bahan-bahan tersebut akan dimasak di dalam kuali yang terbuat dari tanah liat. Tujuannya supaya daging ayam dan bumbunya memiliki cita rasa yang khas. So yummy!

5. Pindang Serani

5 Makanan Khas Jepara Ini Nikmatnya Kebangetan!

Terbuat dari ikan serani, kuliner khas Jepara yang satu ini akan terasa semakin nikmat jika disantap dengan nasi hangat. Pindang serani memiliki rasa yang manis, asam dan pedas. Daging ikan yang lembut dengan kuah yang enak membuat pindang serani menjadi salah satu kuliner paling diburu di Jepara.

Di antara banyaknya para penjual pindang serani, Warung Makan Pindang Serani dan Ikan Bakar Karimun di Jobokuto II, Jobokuto, Jepara Sub-District, Jepara-lah yang paling terkenal.