Makanan Khas Qatar

Makanan Khas Qatar

Jika kamu Berlibur ke Qatar dan mengunjungi sekian banyak tempat wisatanya. Mencicipi Kuliner Khas Qatar adalahsuatu keharusan. Penduduk di Qatar beberapa besar beragama islam, jadi untuk kamu yang muslim, tidak susah untuk menggali makanan halal di negara ini, bahkan nyaris setiap restoran maupun kafe di Qatar memakai bahan dan bumbu yang halal. Nah pada kesempatan kali ini kami akan memberikan anda beberapa kuliner Makanan Khas Qatar , yang harus anda coba :

1. Harees

Makanan khas Qatar

Harees menjadi makanan khas Qatar yang cukup populer. Hidangan khas Qatar ini menjadi makanan utama selama bulan puasa Ramadhan. Tidak hanya Bulan Ramadhan saja, tetapi juga Hari Raya dan hari besar lainnya. Bentuknya yang seperti bubur, membuatnya lembut dan lezat di lidah. Harees terbuat dari tepung terigu, mentega dan dicampurkan dengan daging ayam atau daging kambing dan bisa keduanya.

Rupanya, Harees bukan hanya makanan khas dari Qatar saja, makanan ini juga cukup terkenal di beberapa negara di Timur Tengah.  Penyajian Harees cukup unik. Pasalnya, kayu manis dan kapulaga disajikan bersamaan dengan makanan ini sehingga aromanya sangat khas. Bahkan, Harees digadang – gadang sebagai makanan untuk kesehatan karena kaya nutrisi di dalamnya.

2. Balaleet

Makanan khas Qatar

Makanan khas Qatar berikutnya adalah Balaleet. Hidangan ini seringkali disajikan sebagai sarapan. Namun tidak jarang, Balaleet disajikan sebagai hidangan penutup. Balaleet sendiri sangat nikmat disantap, baik dingin ataupun masih panas.

Balaleet terbuat dari bahan mie bening dan tipis yang digoreng. Kalau di Indonesia lebih mirip dengan bihun atau mihun yang digoreng. Mie tersebut kemudian dimasak bersamaan dengan kayu manis, kapulaga, gula dan safron. Ada beberapa yang menambahkan kacang di atas. Selain itu, Balaleet biasanya diberi telur dadar sebagai toppingnya. Citarasa dari Balaleet sendiri gurih dan manis. Rasa dan penyajian Balaleet lebih mirip dengan makanan India.

3. Thareed

Makanan khas Qatar

Thareed menjadi makanan khas Qatar yang cukup menyehatkan. Bagaimana tidak, makanan yang satu ini terbuat dari berbagai macam sayuran, seperti laksana kentang, kacang-kacangan dan wortel. Kemudian ditambahkan daging domba atau ayam. Setelah itu, ditambahkan roti regag di bagian dasar piring yang disiram dengan campuran sayur dan daging tersebut. Hal ini membuat roti terasa lembut dan memiliki citarasa khas Timur Tengah.

Roti regag sendiri merupakan roti tipis mirip dengan crepe. Roti ini merupakan makanan pokok negara Timur Tengah sebagai pengganti nasi. Sama halnya dengan Harees, Thareed menjadi makanan khas untuk berbuka puasa di Bulan Ramadhan. Kebanyakan Thareed yang disajikan akan ditambahkan banyak rempah – rempah dan saus. Dengan begitu, rasanya akan benar – benar nendang di lidah dan sangat khas.

4. Machboos atau Kabsa

Makanan khas Qatar

Makanan khas Qatar selanjutnya adalah Machboos atau dikenal dengan nama Kabsa. Hidangan yang satu ini merupakan sajian nasi yang dicampur dengan berbagai rempah dan dimasak secara bersamaan dengan seluruh daging. Daging yang digunakan terdiri dari daging domba, daging sapi, daging kambing, daging ayam, udang dan kentang. Di Timur Tengah sendiri makanan yang satu ini menjadi hidangan lezat yang sangat terkenal.

Beberapa restoran menyajikan Machbus atau Kabsa dengan campuran air mawar dan lemon. Hal ini dilakukan agar rasa yang diberikan semakin kuat dan nendang di lidah. Machubus terkenal dengan rasanya yang gurih, manis dan pedas. Bagi kamu yang merasa kurang pedas, boleh menambahkan saus salsa pedas yang memang disajikan langsung bersama hidangan khas Qatar ini.

5. Luqaimat

Makanan khas Qatar

Bagi kamu penyuka makanan manis, wajib mencicipi makanan khas Qatar yang satu ini, yakni Luqaimat. Luqaimat sendiri merupakan makanan penutup yang terbuat dari adonan roti yang dibentuk bulat – bulat kecil lalu digoreng. Makanan ini mirip dengan adonan donat, hanya saja bentuknya yang berbeda. Luqaimat biasanya disajikan dengan siraman sirup gula atau madu.

Soal rasa Luqaimat sangat manis dan gurih. Luqaimat yang berasal dari bahasa Arab dan berarti ukuran gigitan memiliki rasa lembut di dalam dan renyah di luar. Bentuknya yang imut dan rasanya yang manis, tentu akan membuat kamu selalu ketagihan.

Tidak hanya sebagai bahan penutup saja, Luqaimat juga biasa dinikmati sebagai hidangan di Bulan Ramadhan. Biasanya saat puasa tiba, makanan ini disajikan dengan campuran susu, mentega, tepung, gula, kapulaga dan safron.

6. Kousa Mahshi

Makanan khas Qatar

Kausa Mahsi menjadi makanan khas Qatar yang sudah mendunia. Pasalnya, hidangan yang satu ini memiliki cita rasa yang berbeda dan benar – benar bikin ketagihan. Dibuat dari cukini  yang diisi dengan daging kambing. Untuk memberikan rasa yang berbeda Kausa Mahsi akan diberi taburan bawang putih dan mint.

Untuk menyajikannya, Kausa Mahsi disajikan dengan cara dipanggang. Dengan begitu, bukan hanya rasanya saja yang unik, melainkan juga aromanya cukup menggugah selera.

7. Madrooba

Makanan khas Qatar

Makanan khas Qatar ini sekilas mirip seperti Harees atau bubur. Madrooba sendiri berarti ditumbuk atau dipukul. Namanya mencerminkan bagaimana hidangan ini dibuat. Makanan ini terbuat dari daging ayam yang direbus bersamaan dengan pasta tomat dan rempah – rempah. Setelah direbus selama kurang lebih dua jam, bahan tersebut kemudian akan ditumbuk hingga halus dan mirip seperti pasta.

Biasanya Madrooba akan disajikan bersamaan dengan nasi yang dicampur dengan mentega, susu dan ditambahkan kapulaga sebagai bumbunya. Pastinya, Madrooba menjadi makanan wajib yang harus dicicipi saat mengunjungi Qatar.

8. Saloona

Makanan khas Qatar

Buat kamu pecinta makanan pedas, wajib menambahkan makanan khas Qatar ini ke dalam list selama berkunjung ke negara kaya tersebut. Saloona sendiri merupakan kaldu daging pedas atau sayuran pedas. Di dalam kaldu tersebut ditambahkan beberapa jenis sayuran, seperti terong, wortel, tomat dan kentang.

Kamu bisa menyantap Saloona, baik dengan atau tanpa nasi. Rasanya pun juga tidak kalah dengan masakan khas Timur Tengah lainnya. Untuk satu porsi Saloona biasanya dibanderol dengan harga 15 QR atau setara dengan 57 ribu rupiah.

9. Margoog

Makanan khas Qatar

Makanan khas Qatar ini dikenal akan kaya kandungan serat dan vitamin di dalamnya. Margoog memang menjadi hidangan dengan cita rasa tinggi dan baik untuk kesehatan. Bagaimana tidak, makanan ini terdiri dari berbagai sayuran, seperti wortel, zucchini, terong, tomat dan kentang. Kemudian, ditambahkan pula daging lunak, baik daging domba atau ayam.

Hidangan Margoog biasanya juga ditambahkan adonan roti mentah di dalamnya. Adonan roti tersebut diremas terlebih dahulu dan dibuat setipis mungkin. Kemudian dipotong – potong dan direbus bersamaan dengan kaldu sayuran tersebut. Dengan begitu, rasanya benar – benar menyerap hingga ke dalam. Margoog menjadi makanan wajib dicicipi saat berada di Qatar.