Makanan Khas Sumba

Makanan Khas Sumba

Kuliner , kuliner indonesia , kuliner asia , kuliner barat , Alasan Kuliner Indonesia Tak Tertandingi , Kuliner Luar Negeri yang Viral di Indonesia , Kuliner Medan Yang Harus Kamu Coba , Kuliner Kota Solo Yang Harus Dicoba , Makanan Khas Afrika Selatan , Wisata Kuliner Halal Thailand , Wisata Kuliner Halal di Penang , Kuliner Lesehan Jakarta , Wisata Kuliner Bogor , Wisata Kuliner Di Surabaya Yang Enak , Kuliner Palembang Yang Harus Anda Coba , Wisata Kuliner Kota Padang , Wisata Kuliner Banjarmasin , Sambal Khas Indonesia , Kuliner Khas Boyolali , Wisata Kuliner Di Kota Paris , Makanan Khas Sumba
Makanan Khas Sumba

Pulau Sumba adalah sebuah pulau di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Luas wilayahnya 10.710 km², dan titik tertingginya Gunung Wanggameti (1.225 m). Sumba berbatasan dengan Sumbawa di sebelah barat laut, Flores di timur laut, Timor di timur, dan Australia di selatan dan tenggara. Selat Sumba terletak di utara pulau ini. Di bagian timur terletak Laut Sawu serta Samudra Hindiaterletak di sebelah selatan dan barat. Sumba mempunyai banyak pemandangan yang bagus yang bisa anda kunjungi , tetapi jangan lewatkan makanan khas di sana lho ,  anda pasti  penasarankan dengan Makanan Khas Sumba , yuk simak ulasan yang akan kami berikan berikut ini :

1. Ka’Pu Pantunnu

Ka’Pu Pantunnu adalah salah satu jenis makanan khas sumba olahan yang paling banyak disukai oleh masyarakat lokal Sumba. Ini adalah salah satu jenis makanan olahan dari jantung pisang yang ditumis. Olahan jantung pisang ini juga terdapat di dalam makanan khas lain yang ada di Sumba dengan nama sayur rumpu rumpe. Namun yang membuatnya berbeda adalah jika di sayur rumpu rumpe jantung pisang digunakan hanya untuk tambahan.
Di olahan ka’pu pantunnu ini jantung pisang digunakan sebagai bahan utama. Dimana proses menggunakannya anda harus membakar jantung pisang terlebih dahulu. Setelahnya anda bisa potong kecil jantung pisang. Jika sudah anda bisa mencampurkannya di dalam parutan kelapa yang sudah dipanggang. Biasanya warga Sumba sangat suka menambahkan jantung pisang ini dengan potongan daun kemangi. Anda sudah pernah coba?

 

2. Kadapet Watara

Kadapet watara adalah jenis kue kering dengan bahan utamanya adalah jagung, pisang dan campuran kacang tanah. Ketiga bahan utama ini dicampur dan menjadi sebuah adonan kemudian dibentuk bulat. Setelahnya, dibungkus dengan menggunakan daun jagung. Dilihat secara sekilas memang kadapat warta ini agak mirip dengan wajik kelapa dengan daun jagung. Dan rasa dari makanan khas sumba ini sudah banyak yang mengakui jika sangat enak dan sangat cocok untuk anda yang memang suka dengan jenis kue manis.

 

3. Kaparak

Salah satu jenis makanan khas sumba ini diolah juga dengan bahan dasar jagung. Namun yang berbeda adalah jagungnya sudah di tubruk. Atau jika tidak ada jagung biasanya masyarakat sekitar menggunakan beras atau sagu. Selanjutnya bahan digoreng dengan teknik sangrai tanpa minyak. Setelah terlihat perubahan warna dan wangi maka selanjutnya di campur dengan kacang yang sudah ditumbuk, kelapa dan juga gula pasir.
Nah bahan – bahan yang sudah disangrai hingga matang tadi akan berubah warna agak kekuning – kuningan dan akan menggumpal. Jika sudah dalam bentuk tersebut, maka anda bisa angkat dan bisa langsung dinikmati bersama. Walaupun bahan dasar dan proses olahannya sangat mudah dan sederhana. Namun hasil dari Kaparak ini memang sangat enak.

 

4. Sup Ayam Waingapu

Nah sumba juga memiliki hidangan makanan dengan bahan utama ayam yang rasanya sangat enak. Dan ini adalah salah satu makanan wajib yang harus anda coba saat berada di Sumba. Ayam yang masuk ke dalam sup memiliki ukuran yang tidak tanggung. Satu ekor ayam akan masuk ke dalam Sup. Untuk rasa tidak perlu anda tanyakan lagi, satu ekor ayam yang masuk dalam sup ini disiram dengan tambahan kaldu yang sangat gurih, belum lagi tambahan belimbing wulung dan irisan tomat yang melengkapi rasanya. Jika anda sekali mencoba sup ayam waimgapu khas sumba ini dijamin anda akan ketagihan.

 

5. Jagung Titi

Ini adalah salah satu jenis makanan khas Sumba yang memiliki rasa yang sangat enak dengan bahan utamanya adalah jagung titi. Proses olahannya jagung dimasak dengan cara digoreng tanpa menggunakan minyak atau proses sangrai. Sehingga sangat aman untuk kesehatan anda. Dan cita rasa dari jagung titi, kuliner dari Sumba ini sebenarnya jauh lebih mirip dengan popcorn namun original tanpa tambahan bumbu – bumbu lainnya.
Nah jika anda kurang suka dengan rasa jagung yang original, maka anda bisa meminta tambahan rasa lain misalnya pedas atau manis. Nah nanti penjual di Sumba akan membuatkan bumbu khusus yang sesuai dengan permintaan. Rasanya akan jauh lebih enak lagi loh.

 

6. Rumpu Rampe

Seperti agak disinggung sebelumnya, rumpu rumpe adalah makanan dari sumba yang terbuat dari bahan utamanya adalah daun pepaya yang dimasak dengan cara menumisnya lalu ditambahkan juga dengan irisan jantung pisang. Mungkin anda berpikir jika rasa daun pepaya ini sangat pahat, namun berbeda di masakan ini olahan daun pepaya disini sama sekali tidak pahit. Karena sebelum di proses masyarakat sekitar membuatnya netral dengan meredam dengan air garam beberapa menit sebelumnya. Jaid jangan lupa dicoba saat kalian sedang di Sumba ya.

 

7. Kue Rambut atau Jawada

Kue rambut atau yang lebih dikenal dengan nama Jawada adalah salah satu makanan khas Sumba yang seringkali dijadikan snack atau sekedar makanan ringan. Sebenarnya jawada ini adalah jenis makanan yang paling pas jika anda konsumsi saat bersantai bersama dengan keluarga atau saat anda lapar tidak tidak ingin makanan yang berat.
Bentuknya yang segitiga menjadi salah satu daya tariknya. Makanan ini diolah dengan cara digoreng, selanjutnya dibalut dengan tambahan irisan dari gula merah. Dan untuk rasa kue jawada ini sangat renyah dan saat anda makan dengan sendirinya akan mengeluarkan suara “kres “.

 

8. Jagung Catemak

Makanan khas Sumba selanjutnya merupakan jagung Catemak. Sumba memang memiliki banyak hasil pertanian beberapa jenis jagung. Ini adalah makanan dengan bahan dasar jagung. Namun untuk proses pengolahannya sangat mirip dengan kolak. Untuk isi dari jagung catemak ini sengaja dibuat buat hanya jagung karena juga ada tambahan labu, kacang hijau hingga beberapa sayuran juga. Dan semua bahan yang sudah disebutkan ini nantinya akan direbus terlebih dahulu, lalu anda bisa melunakkannya dan campur dengan irisan dari gula merah dalam jumlah yang cukup. Lalu anda bisa bentuk sesuai dengan keinginan anda.
Dan rasa manis yang dihasilkan dari jagung ini akan benar – benar membuat anda ketagihan, apalagi jika anda memang sangat suka dengan kolak. Jika tidak terlalu suka dengan sayurannya, anda bisa coba kuliner enak lain yang ada di Sumba.

 

9. Bokosawu Nyale

Makanan khas Sumba lain yang cukup menggugah selera anda adalah bokosawen nyale. Jika dilihat dari tampilannya memang sangat nikmat. Tapi tahukah anda jika makanan ini terbuat dari cacing laut yang diproses dengan cara digoreng dan dicampur dengan sambal khas dari Sumbawa. Agar bau cacingnya tidak tercium maka biasanya beberapa dicampurkan dengan daun kemangi. Ini adalah salah satu jenis makanan khas Sumba yang agak ekstrea,. Tapi untuk mereka yang pernah mencobanya akan merasa makanan ini sangat enak, kenyal dan gurih. Jika anda penasaran maka bisa coba deh.