Makanan Khas Sunda

Makanan Khas Sunda

Kuliner , kuliner indonesia , kuliner asia , kuliner barat , Alasan Kuliner Indonesia Tak Tertandingi , Kuliner Luar Negeri yang Viral di Indonesia , Kuliner Medan Yang Harus Kamu Coba , Kuliner Kota Solo Yang Harus Dicoba , Makanan Khas Afrika Selatan , Wisata Kuliner Halal Thailand , Wisata Kuliner Halal di Penang , Kuliner Lesehan Jakarta , Wisata Kuliner Bogor , Wisata Kuliner Di Surabaya Yang Enak , Kuliner Palembang Yang Harus Anda Coba , Wisata Kuliner Kota Padang , Wisata Kuliner Banjarmasin , Sambal Khas Indonesia , Kuliner Khas Boyolali , Wisata Kuliner Di Kota Paris , Makanan Khas Sumba , Wisata Kuliner Malang , Wisata Kuliner Papua , Makanan Khas Sunda
Makanan Khas Sunda

Suku Sunda adalah kelompok etnis yang berasal dari bagian barat pulau Jawa, Indonesia, dengan istilah Tatar Pasundan yang mencakup wilayah administrasi provinsi Jawa Barat, Banten, Jakarta, Lampung dan wilayah barat Jawa Tengah (Banyumasan). Orang Sunda tersebar diberbagai wilayah Indonesia, dengan provinsi Banten dan Jawa Barat sebagai wilayah utamanya. Nah sunda ini selain pemandangannya banyak yang indah , di sana juga banyak berbagai macam kuliner lho , seperti berikut ini kami akan memberikan anda informasi seputar Makanan Khas Sunda :

Lotek, Menu Masakan Sunda Sehari Hari Berbumbu Saus Kacang

Makanan khas Sunda yang satu ini sepintas mirip pecel. Karena memang menggunakan saus kacang dan juga aneka sayur yang direbus. Sayuran yang biasa digunakan dalam makanan tradisional Sunda ini meliputi bayam, wortel, kubus, kecambah, dan tomat. Lalu ada juga tahu serta saus kacang. Mudah menemukan menu ini di berbagai rumah makan Sunda serta warung-warung pinggir jalan.

Karedok, Kuliner Sunda Berbahan Sayuran Mentah

Kalau mau sekalian diet, menu masakan Sunda yang satu ini bisa masuk daftar menu harianmu. Namanya karedok. Jenis sayuran yang biasa dipakai antara lain mentimun, tauge, kol, kacang panjang, terong, dan kadang juga ada leunca. Hampir sama seperti masakan Sunda di Bandung seperti lotek, karedok ini juga menggunakan saus kacang. Karedok juga termasuk menu masakan Sunda praktis karena pengolahannya yang tidak terlalu ribet.

Pepes Jamur, Pelengkap Makanan Orang Sunda yang Menggoda Selera

Dalam masakan Sunda sehari hari, pepes jamur sering dibuat. Bahkan pepes jamur juga terbilang primadona menu makan siang khas Sunda. Jamur yang biasanya dipakai adalah jamur tiram dengan bumbu iris meliputi bawang merah, cabai rawit, tomat, daun bawang, kaldu bubuk, dan minyak sayur. Dalam daftar menu masakan khas Sunda di restoran atau rumah makan, tidaklah sulit untuk menemukannya.

Sayur Kacang Merah, Menu Makanan Sunda Rumahan yang Populer

Umumnya makanan khas Sunda asli itu yang bisa dinikmati setiap hari di rumah. Salah satunya adalah sayur kacang merah. Di daftar aneka masakan Sunda, tidak sulit untuk menemukan sayuran ini. Bahan utamanya adalah kacang merah dengan kuah yang segar. Dipadukan dengan sambal, wah rasanya enak banget pokoknya. Mudah untuk menemukan aneka makanan khas Sunda rumahan seperti ini di berbagai warung dan rumah makan sederhana.

Sayur Asam, Menu Makanan Khas Sunda yang Menyegarkan

Yang membuat makanan tradisional khas Sunda ini bikin ketagihan adalah sensasi kuah sayur yang menyegarkan. Isian sayur asem khas Sunda biasanya ada labu siam, nangka muda, pepaya muda, terong, kacang panjang, daun melinjo, jagung manis, dan kacang tanah. Disantap saat makan siang dengan nasi hangat dan sambal serta kerupuk, sangat mengenyangkan dan bernutrisi.