Kuliner , kuliner indonesia , kuliner asia , kuliner barat , Alasan Kuliner Indonesia Tak Tertandingi , Kuliner Penang Yang Harus Kamu Coba , Rasa Es Krim Paling Aneh , Kuliner Jepang Yang Menggiurkan , Makanan Khas Yunani

Makanan Khas Yunani

Makanan Khas Yunani

Kuliner , kuliner indonesia , kuliner asia , kuliner barat , Alasan Kuliner Indonesia Tak Tertandingi , Kuliner Penang Yang Harus Kamu Coba , Rasa Es Krim Paling Aneh , Kuliner Jepang Yang Menggiurkan , Makanan Khas Yunani
Makanan Khas Yunani
Apa sajakah yang wajib dan pantas dilakukan ketika mengunjungi negara-negara lain? Benar, mencoba berbagai makanan khas yang terdapat di negara tersebut tentu merupakan salah satu hal yang wajib dan pantas dilakukan ketika mengunjungi negara-negara lain. Menyantap berbagai makanan yang khas dan lezat tentu akan membuat perasaan menjadi lebih gembira ketika seseorang berwisata di luar negeri.
Yunani adalah salah satu negara di Eropa yang kerap kali menjadi tujuan wisata para turis. Selain terkenal dengan berbagai mitologinya, Yunani ternyata juga begitu terkenal dengan berbagai makanan khas yang sungguh lezat! Selain rasanya yang lezat, nama yang unik pun menjadi daya tarik sendiri dari makanan-makanan khas Yunani. Apa sajakah makanan khas Yunani tersebut? Berikut ini adalah Makanan Khas Yunani :

1. Spanakopita

Spanakopita disajikan sebagai makanan utama di Yunani. Menu ini berupa olahan bayam rebus yang dicampur daging cincang. Isian spanakopita yang sudah masak selanjutnya dibungkus kulit pastry renyah yang terbuat dari tepung terigu.

2. Greek Salad

Ciri khas dari salad Yunani ini adalah penggunaan keju feta yang dipotong dadu. Bahan salad terbuat dari potongan tomat besar, timun, garlic bread dan oregano. Greek salad hanya menggunakan minyak zaitun, lada, dan garam sebagai dressing.

3. Souvlaki

Dalam bahasa Yunani, souvlaki bisa diartikan sebagai sate. Souvlaki bisa terbuat dari daging ayam, sapi, ataupun domba. Potongan daging pun dibuat agak besar dan disatukan dalam tusukan besi. Souvlaki yang sudah matang akan disiram dengan red sauce dan dihidangkan bersama roti dan sayuran.

4. Roti Pita

Tak hanya di Timur Tengah, roti pita juga populer di Yunani. Roti pipih tipis ini biasanya diisi dengan sayuran, telur, daging cincang, bawang dan mayonaise. Bisa juga ditambahka parutan keju untuk menambah citarasanya.

5. Keju Feta

Sekilas keju ini bentuknya seperti tahu mentah. Bahannya dari susu sapi dan susu kambing yang dipasteurisasi hingga menjadi adonan keju yang padat.Di Yunani, keju feta kerap disajikan dengan potongan besar dadu.

6. Tzaziki

Tzaiki adalah dressing yang dibuat dari timun, yoghurt, dan yoghurt. Dressing ini sering dihidangkan sebagai hidangan pembuka atau untuk bahan campuran makanan lain.

7. Moussaka

Olahan terong ungu dan tomat yang dimasak dengan keju dan daging cincang. Sekilas seperti lasagna, tapi rasanya unik karena menggunakan terong sebagai bahan utamanya.

8. Kourabiedes

Kue khas Yunani yang terbuat dari kacang almond tumbuk, tepung, dan mentega. Kourabiedes disajikan dengan gula bubuk.

9. Amygdalota

Kue kering almond yang biasanya dijadikan cemilan oleh orang- orang Yunani sambil menikmati secangkir the.

10. Greek Burrito

Burrito aslinya dari Meksiko tapi makanan ini juga populer di Yunani. Greek burrito menggunakan bahan daging sapi, tortila, alpukat, paprika, selada, wortel, yoghurt, tomat, bawang bombay, bawang putih, jinten dan merica.

11. Greek Lemon Roasted Chicken & Potatoes

Menu yang satu ini cara membuatnya mudah. Ayam dipanggang bersama potongan kentang lalu ditaburi bumbu dan perasan lemon.

12. Grill Calamari Greece Wa

Di Yunani olahan seafood panggang juga menjadi favorit warga di sana. Salah satunya yang kerap dijumpai adalah cumi bakar yang dibumbui sederhana dan dihidangkan bersama jagung dan sayuran.

13. Pastitsio

Dari tampilannya pastitsio ini mirip seperti lasagna. Bahannya memang menggunakan pasta yang dipanggang dengan campuran daging cincang dan sayuran.

14. Greek Yoghurt

Selain keju feta, kuliner Yunani juga kerap menggunakan yoghurt. Olahan susu yang satu ini juga nikmat diminum langsung.

15. Portokalopita

Kue khas Yunani yang terbuat dari jeruk. Portokalopita berupa pastry berlapis yang ditambahkan orange zest dan yoghurt serta samolina. Kue akan disiram sirup beraroma jeruk saat dihidangkan.

16. Loukoumades (Honey Puffs)

Cemilan berbentuk bulat yang dibuat dari adonan tepung yang digoreng. Makin nikmat karena loukoumades disajikan dengan siraman sirup madu dan taburan serbuk kayu manis.

17. Kokakia

Kue bundar berlapis krim dan coklat. Cocok dinikmati sambil minum frappe ala Yunani.

18. Baklava

Tak hanya di Turki, ternyata baklava juga populer di Yunani. Sedikit berbeda dari baklava Turki, di Yunani baklava disajikan basah dengan siraman zaitun.

19. Galaktoboureko (Milk Pie)

Pie ala Yunani ini menggunakan susu segar sebagai bahan utamanya. Tekstur galaktobourne pun tak sepadat pie pada umumnya.

20. Theeples (Sweet Fried Bow Knots)

Theeples ini berupa kerupuk yang disajikan dengan taburan kacang, bubuk kayu manis dan sedikit zaitun.

21. Halvas (Semolina Pudding)

Halvas adalah sejenis puding yang dibuat dari semolina, minyak zaitun, gula, dan air. Uniknya, halvas memiliki tekstur padat seperti softcake, sehingga memudahkan untuk memotong kue sebelum disajikan.

22. Melomakarona (Honey & Spice Cookies)

Kue ini jadi salah satu penganan wajib saat perayaan natal di Yunani. Melomakarona berupa kukis renyah dengan taburan kenari dan lelehan madu di atasnya.

23. Kataifi

Tak hanya di Turki, kataifi juga disukai orang Yunani. Kue ini memang mudah ditemukan di Timur Tengah dan Eropa. Kataifi berupa pastry berisi kacang dan susu. Adonan yang sudah digulung kemudian dipanggang, setelah itu ditambahkan bihun goreng di atas kue.

24. Mastiha

Mastiha adalah ekstrak pohon damar yang hanya bisa ditemukan di Pulau Chios Yunani. Bahan ini kemudian banyak dijadikan minuman oleh penduduk setempat. Biasanya orang Yunani akan memberi sedikit gula saat meracik minuman mastiha ini.

25. Frappe

Minuman khas Yunani ini sudah ada sejak tahun 1957. Bahannya cukup sederhana, frappe hanya dibuat dari kopi, gula, air, es, dan krim.

Sebagian besar kuliner khas Yunani memang tak begitu populer di Indonesia. Tapi, Anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Dari segi komposisi bahan, tidaklah sulit menemukan bahan- bahan untuk membuat kuliner Yunani ini. Bahan yang dominan adalah roti, crepe, dan keju feta.