Makanan Tradisional Khas Mauritius

Makanan Tradisional Khas Mauritius

Bukan cuma Maldives atau Karibia, tetapi tempat liburan artis dunia adalah Pulau Mauritius. Pulau ini, pemandangannya luar biasa indah.Mauritius adalah sebuah negara yang letaknya berada di barat daya Samudra Hindia. Tepatnya, sebelah timur Madagaskar, sekitar 900 kilometer jauhnya. Pulau Mauritius juga menjadi salah satu bagian dari Kepulauan Mascarene dan Pulau Reunion.

Dari segi pariwisata, Pulau Mauritius menawarkan keindahan alam laut dan pantai yang rupawan. Dengan luas sekitar 2.000 an kilometer persegi, Pulau Mauritius menawarkan berbagai macam atraksi. Resor-resor mewah pun berjejeran di sini.Sebut saja Four Seasons, Hilton, dan The Westin yang punya resor dengan penawaran bintang lima. Resor-resor dengan nilai jual pemandangan pantai pun juga tersebar di Pulau Mauritius. Selain banyak pemandangan indah tidak salahnya anda mengenali beberapa Makanan Tradisional Khas Mauritius sebelum berkunjung ke sana.

1. Kari Creole

5 Makanan Tradisional Khas Mauritius, Kombinasi Kuliner Eropa dan Asia

India memiliki pengaruh kuat di Mauritius. Termasuk, memengaruhi ragam kulinernya juga. Salah satunya tercermin di kari Creole yang memiliki bahan dasar bawang putih, bawang bombai dan daun kari, lalu disajikan dengan nasi atau roti, ujar laman Holidify.

Kari Creole tidak terlalu pedas bila dibandingkan dengan kari India. Sebagai lauk, biasanya ditambahkan udang, ikan, ayam, daging sapi atau bahkan gurita! Bisa dibayangkan betapa lezatnya?

2. Bol renverse

5 Makanan Tradisional Khas Mauritius, Kombinasi Kuliner Eropa dan Asia

Kamu pasti cocok dengan makanan satu ini. Namanya bol renverse, yang terdiri dari nasi, daging ayam atau seafood yang telah dibumbui dan disajikan dengan telur mata sapi di bagian atas.

Cara penyajiannya pun cukup unik. Pertama, letakkan telur di mangkuk, lalu taruh daging yang telah dibumbui di lapisan kedua. Terakhir, letakkan nasi di lapisan ketiga. Lalu, balik mangkok di piring. Taraaa! Bol renverse yang lezat siap untuk disantap!

3. Roti chaud

5 Makanan Tradisional Khas Mauritius, Kombinasi Kuliner Eropa dan Asia

Karena pengaruh India yang kuat, lahirlah makanan bernama roti chaud. Terdiri dari roti pipih (flat bread), lalu diberi kari dan acar di bagian tengah. Setelahnya, roti digulung dan disantap seperti kita memakan kebab.

Makanan ini mudah ditemukan di mana-mana, umumnya dijajakan dengan sepeda motor yang berkeliling. Salah satu restoran terbaik untuk menikmati roti chaud adalah Sunshine Fusion di daerah Poste Lafayette, saran laman Holidify.

4. Boulettes

5 Makanan Tradisional Khas Mauritius, Kombinasi Kuliner Eropa dan Asia

Selanjutnya, ada boulettes, sejenis perkedel daging yang dibentuk bulat. Daging yang digunakan adalah ayam, sapi atau seafood, lalu dicocol dengan saus tartar. Dari nama dan penyajiannya, kita bisa menduga kalau boulettes dipengaruhi oleh makanan Eropa.

Jika kamu adalah seorang vegan, kamu bisa mengganti daging dengan jamur atau kacang lentil. Beberapa tempat yang menyajikan boulettes adalah Asian Restaurant di Pointe de Flacq atau King Dragon di Quatre Bornes, saran laman Holidify.

5. Alouda

5 Makanan Tradisional Khas Mauritius, Kombinasi Kuliner Eropa dan Asia

Beralih ke yang segar-segar, kamu wajib mencicipi alouda. Minuman ini terdiri dari susu yang dicampur dengan sirup, lalu diberi bola-bola tapioka kecil. Sirupnya bermacam-macam, mulai dari vanilla, stroberi hingga raspberry, jelas laman Mauritius Attractions.

Minuman ini cocok diminum dalam keadaan dingin, di bawah teriknya sinar matahari. Alouda terbaik ada di Alouda Pillay yang terletak di Port Louis Central Market. Jangan lewatkan, ya!