Makanan Yang Meredakan Hidung Tersumbat

Makanan Yang Meredakan Hidung Tersumbat

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Untuk Penderita Darah Rendah , Makanan Mengatasi Lambung Bengkak , Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi , Penyebab Dada Sakit , Manfaat Jamu Empot-Empot , Manfaat Daun Sirih , Khasiat Daun Sendok , Penyebab Mimisan , Bahaya Narkoba , Bahaya Ganja , Penyebab Kista Pada Wanita , Makanan Yang Meredakan Hidung Tersumbat , Jus Buah Penyebab Diabetes , Bahaya Makan Mie Instan , Penyebab Bibir Hitam
Makanan Yang Meredakan Hidung Tersumbat

Memasuki musim penghujan, pilek dan flu mulai dialami oleh semua orang. Terkadang ketika mengalami pilek dan flu, hidung pun ikut tersumbat. Apakah Anda pernah mengalami hidung tersumbat? Hidung tersumbat tentu mengganggu pernapasan kita. Bernapas jadi susah dan tidak tenang. Apalagi jika mengalami hidung tersumbat ketika hendak tidur. Argh, nggak banget deh. Aktivitas jadi terganggu karena hidung tersumbat. Berikut ini kami akan memberikan anda beberapa Makanan Yang Meredakan Hidung Tersumbat :

1. Teh hangat

Minum teh hangat bisa meringankan hidung tersumbat dan berair, juga membuat tubuh rileks. Teh hangat terutama teh hijau kaya flavonoid sebagai bahan anti inflamasi dan meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Vitamin C

Vitamin C membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan menguatkan perlawanan tubuh terhadap penyakit. Karena buah-buahan asam mungkin bisa membuat tenggorokan iritasi, untuk memenuhi asupan vitamin C, bisa diganti dengan suplemen atau pil vitamin C.

3. Madu

Madu adalah obat paling enak mengatasi hidung tersumbat dan berair akibat pilek dan batuk karena mengandung sifat antibakteri dan antiinflamasi. Cairkan dengan air hangat dan minum di pagi dna sore hari.

4. Blueberry

Blueberry mungkin mahal namun jika kebetulan menemukannya di supermarket, tak ada salahnya mencoba makan blueberry karena kandungan antioksidan berupa vitamin C yang tinggi, sangat baik meringankan hidung tersumbat.

5. Bawang

Baik bawang putih dan bawang merah memiliki sifat antibakteri yang sangat baik melawan virus flu dan meredakan hidung tersumbat dan berair. Bisa dimakan mentah maupun dijadikan bumbu masakan seperti sup.

Itu sekian makanan dan minuman yang bisa dikonsumsi saat hidung tersumbat dan berair. Semoga bermanfaat.

6. Menghirup uap air hangat

Menghirup uap dapat melegakan hidung tersumbat karena uap air hangat yang kita hirup juga akan membantu mencairkan lendir yang ada pada hidung.

Caranya :

  1. Masak air hingga mendidih lalu, hirup uapnya
  2. Jangan terlalu dekat agar hidung tidak melepuh

7. Menghirup uap air hangat yang dicampur dengan minyak kayu putih

Agar menghirup uap air semakin efektif untuk mengatasi hidung tersumbat. Anda bisa menambahkan beberapa tetes minyak kayu putih.

8. Mengompres hidung dengan air hangat

Caranya :

  1. Siapkan handuk kecil atau sapu tangan
  2. Celupkan pada air hangat
  3. Letakkan handuk kecil itu di hidung

Mengompres hidung dengan handuk yang dicelupkan pada air hangat juga dapat digunakan sebagai cara mengatasi hidung pada bayi yang efektif.